Bukit Pengilon

1354 views

Gunung Kidul memang terkenal akan pantainya yang berpasir putih. Siapa sih yang gak suka sama pemandangan pantai landai seperti ini? Tapi ternyata Gunung Kidul juga punya pemandangan pantai yang gak kalah eksotisnya dari puncak bukit loh, Dolaners. Bukit Pengilon, namanya. Istimewanya lagi, dari bukit ini Dolaners bisa melihat tak hanya hamparan Laut Selatan, tapi juga pantai-pantai lain di sepanjang pesisir, serta... air terjun!

Banyu Tibo Bukit Pengilon, Banyu Tibo Bukit Pengilon Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via riki_bayu8

Dolaners yang gemar camping mungkin sudah familiar dengan salah satu spot camping di Gunung Kidul ini, Bukit Pengilon. Memang Bukit Pengilon bisa jadi camping ground yang cukup nyaman, tapi bukit yang terletak di kaki Gunung Api Purba Batur ini sebenarnya menawarkan banyak hal lain. Mulai dari pemandangan hingga kegiatan seru, Bukit Pengilon menjanjikan cukup banyak hal untuk dieksplor lebih jauh.

Bukit Pengilon masih berada dalam satu rangkaian Geopark Gunungsewu. Kawasan puncak bukitnya nyaris berupa daratan, memang cukup lapang bila Dolaners mendirikan tenda di sini. Keunikan alam Bukit Pengilon adalah hamparan rumput dan sedikit semak perdu di beberapa bagian. Tak ada pohon-pohon menjulang maupun rindang yang khas dimiliki hutan tropis. Tapi justru karena keadaan ini, Dolaners bisa menikmati suguhan pesisir Gunung Kidul. Di sisi barat Bukit Pengilon, Dolaners bisa melihat Air Terjun Banyu Tibo yang mengalir langsung bertemu dengan asinnya air laut. Bila Dolaners berjalan hingga ke ujung sisi timur Bukit Pengilon, hamparan air laut akan menghantarkan pandangan Dolaners pada Pantai Wedi Ombo. Ya, Dolaners bisa melihat panjangnya pasir Pantai Wedi Ombo mulai ujung hingga ke ujung dari Bukit Pengilon. Sementara di sisi selatan bukit, Dolaners akan ditemani birunya laut dan debur ombaknya yang terus mengalun tanpa henti.

Nama Pengilon sendiri diambil dari Bahasa Jawa, yang berarti cermin dalam Bahasa Indonesia. Penggunaan nama Pengilon disebabkan oleh adanya sebuah batu di bukit ini yang bentuknya seperti kaca rias. Pingin lihat bentuk kaca rias ini, Dolaners?


AKTIVITAS

Kuliner
Tidak ada warung makanan sepanjang rute trekking dari Pantai Siung hingga Bukit Pengilon. Jadi, sebaiknya Dolaners siap dengan bekal makanan dan minuman yang cukup.
Akomodasi
Retribusi Pantai Siung: Rp 5.000,-
Parkir Mobil di Pantai Siung: Rp 10.000,-
Parkir Motor di Pantai Siung: Rp 3.000,-
Retribusi Bukit Siung: Rp 2.000,-
Retribusi Pantai Banyu Tibo: Rp 2.000,-
Retribusi Bukit Pengilon: Rp 2.000,-
Kegiatan
Dari Bukit Pengilon, Dolaners bisa menuruni tebing menuju Pantai dan Air Terjun Banyu Tibo. Cuma butuh waktu sekitar 15 menit, tapi hati-hati ya karena Dolaners akan melalui medan karang yang cukup terjal dan licin.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bukit Pengilon memang menawarkan panorama Laut Selatan Gunung Kidul dalam tampilan yang berbeda. Tak ada pasir pantai, malahan Dolaners berpijak pada puncak tebing yang menjadi bagian dari gunung purba. Namun ini juga berarti Dolaners harus memperhatikan cuaca dan musim. Sebaiknya Dolaners jalan-jalan ke Bukit Pengilon pada saat musim kemarau sehingga trek di sepanjang bukit ini tidak licin. Juga, sebaiknya tidak berencana ke Bukit Pengilon pada masa pergantian musim, karena biasanya pada saat ini angin bertiup kencang. Ingat, Bukit Pengilon nyaris berupa padang rumput, sehingga terpaan angin berhembus cukup kencang meskipun pada hari-hari biasa.
Akses menuju Bukit Pengilon sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja. Bila Dolaners menggunakan mobil, ambillah rute menuju Pantai Siung. Parkirkan kendaraan di Pantai Siung, kemudian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Bukit Pengilon. Jarak tempuh kedua lokasi ini sekitar 1 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit. Tapi medannya tak mudah, jadi Dolaners musti bersiap dengan perlengkapan dan perbekalan makanan serta minuman. Bila menggunakan motor, Dolaners masih bisa parkir di Pantai Banyu Tibo Desa Balong. Untuk rute menuju Desa Balong, Dolaners bisa mengambil searah dengan rute menuju Pantai Watu Lumbung yang berlokasi di sebelah timur atau sisi kiri Bukit Pengilon. Setelah parkir motor tak jauh dari Pantai Banyu Tibo, Dolaners bisa tiba di Bukit Pengilon dengan berjalan kaki melewati Air Terjun Banyu Tibo

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link