Bukit Teletubbies Prambanan

973 views

Suka pemandangan matahari terbenam? Saat matahari terbenam dan hari mulai malam, pemandangan dari bukit ini menampakkan warna warni rumah beratap setengah bola yang semarak, namun semakin kabur dalam keremangan petang. Dolaners bisa nebak dong, di mana bukit ini berada? Iya, bener banget! Bukit ini ada di Yogyakarta, satu-satunya tempat di mana rumah-rumah dome ini berada. Namanya? Desa Teletubbies. Bukitnya? Bukit Teletubbies.

Bukit Teletubbies, Bukit Teletubbies Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by masmooe_

Setelah populer di televisi bertahun-tahun silam, yang namanya Bukit Teletubbies sekarang seperti ada di mana-mana. Di berbagai kota atau wilayah sepertinya ada Bukit Teletubbies. Jadi jangan heran juga ya, kalau Dolaners ketemu sama Bukit Teletubbies juga di Yogyakarta. Bukit Teletubbies yang satu ini berada di wilayah Prambanan.

Prambanan? Dekat sama Candi Prambanan? Yup! Tepat sekali. Tak cuma Candi Prambanan, bukit ini juga berdekatan dengan Tebing Breksi dan Candi Ijo. Persisnya, Bukit Teletubbies berada di sebelah timur Desa Wisata Nglepen, yang terkenal karena bangunan rumah-rumah warganya yang seperti rumah-rumah karakter seri TV Teletubbies, si Lala, Po, dan kawan-kawannya. Jadi klop, ya. Sudah ada pemukiman Teletubbies-nya, ada Bukit Teletubbies-nya, pula.

Trus, Dolaners mau ngapain di Bukit Teletubbies ini? Yang jelas, enggak main peran jadi si Lala atau Po. Kawasan wisata ini menjadi spot sunset view yang lagi dipasarkan sama Dinas Pariwisata Yogyakarta. Dari gardu pandang yang dibangun di Bukit Teletubbies, Dolaners bisa melihat pemukiman Nglepen, lampu-lampunya yang mulai dinyalakan saat petang, warna-warni rumahnya yang beratap lengkung semakin samar oleh gelap, dan masih tampak petak-petak sawah warga Nglepen. For your information, ketinggian Bukit Teletubbies kira-kira setara dengan Bukit Bintang dan Candi Ijo. Jadi, cakupan panoramanya juga tentu tak kalah dari wisata gardu pandang yang lain-lain di Yogyakarta.

Sebenarnya, Bukit Teletubbies dihadirkan sebagai alternatif wisata untuk melengkapi Desa Wisata Teletubbies yang telah terlebih dahulu dikenal luas. Jadi, saat berwisata melihat rumah-rumah dome yang tahan gempa dan tahan api ini, Dolaners bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Bukit Teletubbies. Sudah ada penunjuk arah jelas menuju bukit bila Dolaners berangkat dari Desa Wisata Nglepen, yang juga dikenal sebagai Desa Teletubbies.


AKTIVITAS

Kuliner
Ada beberapa warung sederhana milik warga setempat di sekitar kawasan wisata Bukit Teletubbies. Dolaners bisa menikmati jajanan sekedar mengganjal perut atau membasahi kerongkongan dengan sebotol air mineral.
Akomodasi
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Kegiatan
Kegiatan utama di Bukit Teletubbies tentunya menikmati sunset. Dolaners bisa memanfaatkan semua fasilitas di destinasi wisata ini, terutama menara pandangnya, untuk mendapat spot sunset view yang paling pas. Apabila hanya ingin bersantai, Dolaners juga bisa leyeh-leyeh di gazebo. Jalan-jalan menyusuri tamannya juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sembari menghirup udara sore menunggu sunset.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bukit Teletubbies menawarkan wisata gardu pandang yang belakangan ini cukup hits di media sosial. Bedanya, gardu pandang di Bukit Teletubbies berupa menara yang telah dibangun dengan kokoh, sehingga Dolaners bisa yakin akan keamanannya. Mumpung ada di wilayah Prambanan, lanjutkan sekalian dolan ke Tebing Breksi, Candi Ijo, Candi Prambanan, Ratu Boko, atau destinasi-destinasi wisata lain di Kabupaten Sleman.
Untuk menuju Bukit Teletubbies, Dolaners bisa menggunakan mobil, motor, atau kendaraan pribadi yang lain. Jaraknya dari Kota Yogyakarta sekitar 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Rutenya, dari Kota Yogyakarta, Dolaners luncurkan kendaraan ke Jalan Sultan Agung, kemudian ke Jalan Kusumanegara. Dari sini Dolaners bisa memilih. Pertama, lanjutkan ke Jalan Janti, kemudian ke Jalan Maguwo, Jalan Raya Berbah, Jalan Berbah – Prambanan, belok kiri ke Jalan Piyungan – Prambanan, belok kanan di Perempatan Jlatren, dan ikuti papan petunjuk ke Bukit Teletubbies. Pilihan kedua, Dolaners masuk ke Jalan Gedong Kuning, kemudian Jalan Jogja-Wonosari, belok kiri di pertigaan Piyungan, belok kanan di Perempatan Jlatren, terus lurus dan ikuti papan petunjuk arah.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link