Bumiku Hijau Etawa

117 views

Suka sate kambing, Dolaners? Duh, siapa sih yang nolak makanan enak ini, apalagi Yogyakarta terkenal akan sate klathaknya. Sayang kan, udah sampe di wilayah asalnya sate klathak, tapi gak bisa menikmati makanan lezat ini gara-gara kolesterol. Ups, masak sih, daging kambing bikin kolesterol Dolaners naik? Jangan kuatir, masih ada alternatif yang lebih aman, yaitu sate daging kambing etawa di Bumiku Hijau Etawa.

Bumiku Hijau Etawa, Bumiku Hijau Etawa Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via jogjafoodhunter

Banyak orang yang masih percaya daging kambing berkolesterol tinggi. Apa Dolaners juga berkeyakinan demikian? Kolesterol jahat atau HDL memang menjadi salah satu alasan, bila bukan yang utama, kenapa minat pada kuliner berbahan dasar daging kambing masih relatif rendah bila dibandingkan dengan kuliner berbahan dasar daging sapi atau ayam. Tapi ternyata ada alternatif makan daging kambing  tanpa perlu kuatir dengan kolesterolnya di Bumiku Hijau Etawa. Meskipun pada awalnya Bumiku Hijau Etawa membuka toko susu kambing etawa saja, ternyata menu-menu makanan berbahan dasar daging kambing yang diolahnya memiliki citarasa yang tak bisa disepelekan.

Dolaners bisa menikmati menu-menu yang sama seperti di kedai atau resto yang menawarkan tongseng, gule, nasi goreng kambing, atau sate khas Yogyakarta, sate klathak. Bedanya, lezatnya makanan-makanan ini takkan membuat Dolaners risau karena kandungan kolesterolnya yang tak setinggi makanan berbahan dasar daging kambing lokal. Tambahan pula, Bumiku Hijau Etawa mengembangbiakkan kambing etawanya sendiri, jadi jelas terjamin kualitas bahan bakunya.

Seperti Dolaners ketahui, kambing etawa ini diimpor dari India, yang lebih dikenal dengan nama jamnapari atau jamunapari. Ukurannya cenderung lebih tinggi dan besar bila dibandingkan dengan kambing lokal. Meskipun lebih terkenal akan produksi susunya yang bisa mencapai hingga 3 liter sehari, ternyata dagingnya juga tak kalah nikmat bila dinikmati sebagai menu-menu yang sudah familiar dalam kuliner nusantara.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Tips Kuliner
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bumiku Hijau Etawa berada di kawasan Ring Road Utara atau Jalan Padjadjaran. Tak jauh dari SD Budi Mulia Dua, Dolaners bisa berpatokan arah pada sekolah ini bila bertanya pada warga Yogyakarta.
Jalan Ring Road Utara, di mana Bumiku Hijau Etawa berada, mudah diakses melalui dua jalur jalan utama Yogyakarta. Bila berpatokan awal pada Tugu Jogja, Dolaners langsung saja ambil arah ke utara, di Jalan AM Sangaji, lurus terus melewati persimpangan dengan Jalan Selokan Mataram dan Jalan Jembatan Baru UGM. Setelah masuk di Jalan Ring Road Utara, belok kanan dan terus ikuti ruas jalan ini sampai Dolaners melihat Bumiku Hijau Etawa di sisi kanan jalan. Alternatif lain, dari Tugu Jogja, Dolaners ambil arah ke timur, di Jalan Jend. Sudirman, kemudian masuk di Jalan Urip Sumoharjo. Setibanya di persimpangan lampu merah Urip Sumoharjo – Munggur, belok kiri masuk di Jalan Affandi. Terus saja ikuti jalan ini sampai masuk di Jalan Ring Road Utara, belok kiri. Dari arah ini, Bumiku Hijau Etawa berada di kiri jalan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link