Candi Abang

1062 views

Bentuk candi yang unik yakni menyerupai bukit lengkap dengan rerumputan berwarna hijau seperti karpet yang menutupi sehingga jika dilihat dari jauh nampak mirip seperti gundukan tanah atau bukit kecil. Bahkan tak jarang banyak Dolaners yang menyebutnya sebagai bukit teletubies, karena memang bentuknya yang mirip dengan sebuah bukit yang ada di film anak-anak tersebut.

Candi Abang

Photo by rumputliarphotography.blogspot.co.id

Candi Abang merupakan sebuh candi yang berada di kawasan sebuah desa wisata. Terletak di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta, Candi Abang berada di puncak bukit. Akses jalan yang harus Dolaners lalui untuk mencapai candi tersebut, bisa dimulai dari Jalan Jogja-Solo, tepatnya di Prambanan. Begitu Sampai di Terminal Prambanan, cari Jalan Raya Jogja-Piyungan Km 8. Di situ, ada papan penunjuk kea rah kanan (barat) bertuliskan Candi Abang dan Gua Sentana.

Candi Abang berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan. Akses ke lokasi bagus dan bisa ditempuh kendaraan roda empat. Hanya saja, begitu menuju puncak bukit, agak rusak dan hanya bisa ditempuh jalan kaki atau sepeda motor. Candi Abang ini berbentuk seperti piramida dengan luas alas 36 x 34 meter. Dinamakan Candi Abang karena memang candi ini terbentuk dari batu bata berwarna merah yang dalam bahasa jawa disebut ‘abang’.   Candi Abang ini sering dijadikan lokasi favorite bagi para pecinta fotografer untuk melakukan pemotretan. Tak hanya itu, berada disini, Dolaners jangan lewatkan pula untuk berkunjung ke Goa Jepang Jogotirto dan Goa Sentono yang masih berlokasi satu kawasan.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Candi Abang tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan jalan menuju ke lokasi utama ini, sudah tersedia banyak warung makan yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Gratis.
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Berada di Candi Abang yang terletak di atas bukit menjadikan Dolaners tak hanya bisa sekedar berwisata sejarah saja mengunjungi candi, namun juga bisa menikmati keindahan panorama alam yang dihadirkan di Bukit Teletubies ini. Bukitnya yang berwarna hijau terang, sangat kontras dengan bangunan candi yang berwarna merah karena dibangun dari batu bata merah. Karena keindahan tersebut, tak heran jika Candi Abang dengan Bukit Teletubies ini sering dijadikan lokasi favorite bagi para pecinta fotografer untuk melakukan pemotretan. Tak hanya itu, berada disini, Dolaners jangan lewatkan pula untuk berkunjung ke Goa Jepang Jogotirto dan Goa Sentono yang masih berlokasi satu kawasan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan yang harus Dolaners lalui untuk mencapai candi tersebut, bisa dimulai dari Jalan Jogja-Solo, tepatnya di Prambanan. Begitu Sampai di Terminal Prambanan, cari Jalan Raya Jogja-Piyungan Km 8. Di situ, ada papan penunjuk kea rah kanan (barat) bertuliskan Candi Abang dan Gua Sentana. Candi Abang berada di puncak bukit di pinggir jalan desa, 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan. Akses ke lokasi bagus dan bisa ditempuh kendaraan roda empat. Hanya saja, begitu menuju puncak bukit, agak rusak dan hanya bisa ditempuh jalan kaki atau sepeda motor.
Bagi Dolaners yang menggunakan kendaraan umum. Maka Dolaners bisa mencari bus yang melewati Jalan Raya Jogja-Piyungan (Bis Pemuda Kode A), dan turun di Simpang tiga Jalan Jogja-Piyungan Km 8. Dari situ, dilanjutkan dengan jalan kaki, sekitar 1,5 kilometer.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link