Candi Borobudur

1545 views

Tak hanya inspirasi budaya dan spiritual tercermin dalam tekstur candi Borobudur namun pesona candi Borobudur adalah sosok kebanggaan negeri tercinta dalam kanvas yang melekat pada sejarahnya.

Candi Borobudur

Photo by dheatransportjogja.com

Candi Borobudur adalah salah satu obyek wisata bersejarah dengan nilai-nilai luhurnya bahkan candi ini menjadi salah satu dari keajaiban dunia lainnya. Candi Borobudur sangatlah terkenal dan tidak hanya bagi masyarakat lokal saja namun hingga masyarakat manca negara pun berlangganan mengunjungi wisata bersejarah ini. Pada tahun 1991, Candi Borobudur ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia yang wajib dijaga kelestarian serta keasliannya.

Proses pembangunan Candi Borobudur diperkirakan terjadi pada tahun 824 dengan susunan balok vulkanik berbentuk arca Budha yang menarik dan unik berjumlah 504. Disana Dolaners akan menemui sekitar 72 stupa serta sebuah stupa induk tepat dipuncak candi. Hal menarik dari candi ini adalah sebuah mitos bahwa jika Dolaners memasukkan jari atau tangan kedalam stupa kemudian berhasil untuk menyentuh arcan yang terletak dalam stupa tersebut maka segala keinginan Dolaners akan terkabul.

Agar sampai pada puncak candi Dolaners harus naik menelusuri tangga disuguhi pemandangan relief patung-patung yang melekat pada bangunannya. Tak hanya wisatawan domestik saja yang kagum dan bangga dengan bangunan candi ini, akan tetapi wisatawan manca negara pun tak bosan berlama-lama menikmati suasana dan keindahan Candi Borobudur. Ritual spesial yang dilakukan di candi Borobudur adalah perayaan Waisak, perayaan ini menjadi ritual yang memiliki daya tarik tersendiri pada obyek wisata di Candi Borobudur.

Hal yang paling digemari wisatawan dan mungkin digemari oleh Dolaners di Candi Borobudur ini adalah shoping. Beragam souvenir yang unik dan menarik dapat Dolaners beli disekitar candi ini, mulai dari kaos, sandal, topi, gantungan kunci, gerabah dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, bagi Dolaners yang ingin membawa oleh-oleh khas makanan pun juga dapat dijumpai disekitar candi.

Dolaners,kunjungilah wisata indah dan unik kebanggaan Indonesia yang mampu menandingi wisata lain diseluruh dunia dengan suka cita. Dolaners akan merindukan inspirasi budaya dan spiritual yang membuat Dolaners kagum dengan kehangatannya.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Candi Borobudur tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung makan yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Taman Wisata Candi Borobudur ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan hingga beragam fashion yang berhubungan dengan batik dijajakan disini.

Jika kuliner di dalama kawasan Candi Borobudur belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini. Salah satu rumah makan yang cukup terkenal adalah Rumah Makan Pandanwangi. Rumah makan yang satu ini menghadirkan aneka hidangan makanan yang menggugah selera makan Dolaners. Dijamin Dolaners tidak akan kecewa dengan cita rasa maupun suasana yang dihadirkan di rumah makan yang satu ini.

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal Dewasa : Rp. 30.000,-
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal Anak anak : Rp. 12.500,-
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Dewasa : USD 20
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Anak anak : USD 10
Biaya Sewa Hotel di Sekitar Candi Borobudur : Rp. 35.000 hingga Rp. 300.000,- per malam
Biaya Makan di Sekitar Candi Borobudur : mulai dari Rp. 20.000,- per porsi
Kegiatan
Terdapat banyak sekali hal yang dapat dilakukan selama berada di kompleks candi Buddha terbesar di dunia, antara lain:

  • Mempelajari Seni Sastra dan Budaya
    Apabila Dolaners pecinta seni sastra dan budaya, Candi Borobudur bisa menjadi pengalaman yang menarik. Disini Dolaners bisa membaca dan mengamati panel relief yang ada di dinding candi. Agar cerita relief ini bisa Dolaners baca secara berurutan, Dolaners harus berjalan mengitari candi searah putaran jarum jam. Diawali dari pintu sebelah timur pada tingkatan terbawah dan berjalan memutar sampai kembali lagi ke pintu awal lalu naik tangga menuju tingkatan berikutnya. Lakukanlah hal ini secara terus-menerus sampai pada tingkatan yang paling atas untuk mendapatkan cerita yang berurutan dan utuh. Jika Dolaners mengalami kesulitan dalam membaca cerita di relief? Tidak perlu bingung karena sudah ada jasa pemandu Candi Borobudur yang siap membantu Dolaners.
  • Hunting Foto
    Banyak tawaran obyek foto yang menarik di tempat wisata ini, khususnya bagi Dolaners penggemar fotografi. Mungkin Dolaners bisa mencoba berkeliling kompleks candi agar dapat menemukan angle potret yang pas. Selain itu, Candi Borobudur juga dikenal dengan sunset dan sunrise yang cantik. Dolaners bisa datang pada momen yang tepat untuk bisa mengabadikan pemandangan indah ini.
  • Berburu Souvenir
    Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke tempat wisata tanpa membawa oleh-oleh khas tempat wisata tersebut. Jika Dolaners ingin berburu souvenir, Dolaners bisa membelinya di deretan kios suvenir letaknya tidak jauh kompleks Candi Borobudur. Beragam souvenir tersedia di sini, seperti tas, kaos, gantungan kunci, topi, sampai miniatur candi. Harganya pun bervariasi, gunakan kemampuan menawar Dolaners sebaik mungkin.
  • Berkeliling Kompleks Candi Borobudur
    Terdapat pelataran hijau yang luas dan bisa Dolaners jelajahi di kompleks candi. Selain berjalan kaki, tersedia sewa sepeda yang bisa Dolaners gunakan untuk berkeliling tempat wisata ini. Ada juga kereta kelinci yang disukai anak-anak, jika Anda membawa anak-anak ajaklah mereka naik kereta kelinci ini. Jika ingin sesuatu yang berbeda, kenapa tidak mencoba naik andong untuk berkeliling.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke kompleks Candi Borobudur ini cukup mudah yakni apabila Dolaners menggunakan mobil pribadi, rute yang ditempuh dari Kota Jogja adalah : Jogja – Jl. Magelang (kalo bingung tanya arah jombor, atau boleh pendekatan tanya dulu UGM, baru tanya jombor/jl. magelang) – Sleman – Tempel – Salam – Muntilan – Palbapang (pertigaan setelah muntilan, sebelum blabak; belok kanan) – Mendut – parkiran Borobudur. Jarak sekitar 45 km, dengan waktu tempuh lalu lintas normal 1 jam. Bagi Dolaners yang menggunakan mobil parkir di dalam taman wisata (di dalam pagar), sedangkan bagi yang menggunakan sepeda motor parkir harus diluar.
Untuk sampai ke Candi Borobudur, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum Dolaners juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti dari kota Yogyakarta Dolaners dapat naik Trans Jogja jalur 2A menuju ke terminal Jombor tiketnya hanya Rp. 3.000 per orang. Turun dari halte Jombor anda dapat naik bis jurusan Jombor – Borobudur dan harganya sekitar Rp. 10.000 per orang

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link