Candi Gedong Songo

610 views

Destinasi wisata yang satu ini berhasil membuat takjub setiap pengunjung yang datang menjumpainya. Dengan deretan arca serta susunan bangunan yang megah, berhasil menarik minat dari wisatawan asing maupun mancanegara untuk menyaksikan ke elokan dari bangunan yang berada di bukit Ungaran ini.

Candi Gedong Songo

Photo by visualmemori.wordpress.com

Candi Gedong Songo merupakan sebuah bangunan yang terdapat pada bukit pegunungan Ungaran. Berada pada sekitar 1.200 Dpl dan memiliki suhu 19-27o C. Gedong Songo atau yang bisa disebut juga sebagai Sembilan Bangunan ini memang memiliki keindahan tersendiri karena memiliki lokasi yang cukup strategis, sehingga bagi Dolaners yang ingin singgah tidak terlalu kerepotan sewaktu menuju ke Candi Gedong Songo.

Area candi tersebut di bangun berjajar mulai dari bawah hingga menuju bagian atas perbukitan, dan mengelilingi kawah sumber air panas. Hal yang sama pun terjadi pada area candi Dieng, yakni terdapat banyak kawah air panas yang terletak tidak jauh dari pusat candi. Sehingga di nilai bahwa Candi Gedong Songo dengan candi Dieng memiliki banyak kesamaan. Candi ini di buat secara simetris dan terletak di atas perbukitan yang di nilai sebagai kombinasi antara dua unsur, yakni unsur kepercayaan kepada nenek moyang serta budaya Hindu yang menganggap bahwa candi merupakan tempat tinggal dari para dewa. Pada Candi Gedong Songo ini, di desain kuncup ke atas menyerupai dengan konsep bangunan zaman batu, berupa punden yang berundak. Filosofinya, jika semakin mengarah ke bawah semakin ke puncak, maka roh nenek moyang akan semakin dekat dengan manusia. Sehingga dapat di simpulkan bahwa Candi Gedong Songo sebagai tempat persembahan bagi roh nenek moyang, dan kawasan untuk melakukan aktivitas tersebut berada tepat di atas perbukitan area candi.

Ketika Dolaners mengunjungi Candi Gedong Songo, akan menemui arca-arca seperti: Durga, (istri Siwa), Ghanesa (anak Siwa), Agastya (seorang resi), dan dua pengawal Siwa yaitu Nandiswara serta Mahakala. Nikmati keasyikan berpetualang mengitari komplek candi dengan di suguhi aneka pemandangan alam yang indah.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke kawasan wisata Candi Gedong Songo jika dari Semarang menuju Candi Gedong Songo melewati jalan Raya Semarang Yogyakarta dan sebelum Ambarowo belok ke kanan menuju Bandungan. Jika dari Yogyakarta menuju Magelang – Temanggung – Ambarowo. Untuk menuju Candi Gedong Songo diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam. Jadi Dolaners harus hati hati.
Untuk sampai ke Candi Gedong Songo, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum dari Semarang bisa menggunakan bus menuju Sumawono dan turun di dasar bukit. Untuk ke atas bukit, Dolaners bisa menggunakan ojek atau berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link