Candi Prambanan

844 views

Candi dengan bangunan yang tinggi menjulang tidak kurang 47 m dengan arsitektur yang cantik dan kokoh tak tertandingi. Megahnya bangunan yang syarat akan budaya hindu begitu mengisyaratkan akan kemajuan dan kesaktian sang arsitektur yang melegenda. Bangunan dengan 5 meter lebih tinggi dari Candi Budha Borobudur sangat luas dengan bertaman hijau menjadi saksi jutaan ribu pasang kaki yang lalu lalang menikmati keelokannya.

Candi Prambanan

Photo by landscapes.org

Candi dengan bentuk wanita cantik yang konon adalah jelmaan Roro Jonggrang atas kutukan Bandung Bondowoso yang melengkapi arca ke 1000 dari sebelumnya 999 buah begitu runtut mengisahkan betapa perjalanan cinta yang berliku nan berakhir dengan kebencian. Kemegahan candi utama yang menghadap ke timur dengan 3 bangunan bernilai seni tinggi yakni candi Brahma, Siwa dan wisnu begitu jelas melambangkan kepercayaan trimurti bagi pemeluk ajaran Hindu. Tidak ketinggalan candi pendamping yang mengirigi setiap bangunan candi utama semakin membuat wisatawan terpikat oleh Candi Prambanan atau Candi Loro Jonggrang.

Nuansa yang tidak kalah artistic begitu kental menyeruak tatkala Dolaners menyambangi candi siwa dengan bangunan paling tinggi dan terletak di tengah dengan 4 ruangan. Arca siwa begitu kokoh menghuni ruangan utama sementara arca Ganesha (Putra Siwa), Durga (Istri Siwa) dan Agastya (Guru Siwa) tidak ketinggalan turut mengisi 3 ruangan lain. Konon arca Roro Jonggrang terwujud melalui arca Durga yang menjadi salah satu bagian dari ruangan di Candi Prambanan tersebut.

Melangkah sedikit ke utara terlihat Candi Wisnu dengan 1 ruang yang hanya dihuni oleh arca Wisnu. Tidak berbeda dengan candi Siwa dan Candi Brahmana yang hanya terdapat satu ruangan dengan satu candi. Candi Garuda yang berlokasi dekat Candi Wisnu menyimpan kisah yang cukup menarik. Candi pendamping ini begitu jelas mengisahkan sosok Garuda yang merupakan wujud manusia setengah burung yang mistik dengan wajah putih, tubuh emas, bersayap merah, serta bersayap dan berparuh layaknaya elang yang berhasil menyelamatkan kakak dan ibunya dari kutukan dengan kesuksesan misi mencuri air suci para dewa atau Tirta Amerta.

Relief pada Candi Prambanan Yogyakarta turut menaungi kisah Ramayana yang juga turun temurun melalui lisan. Keindahan yang lebih nyata ketika Dolaners benar-benar mencermati relief burung pada di dinding Candi Prambanan.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Candi Prambanan tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung makan yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Taman Wisata Candi Prambanan ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan hingga beragam fashion yang berhubungan dengan batik dijajakan disini. Jika kuliner di dalama kawasan Candi Prambanan belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini. Salah satu rumah makan yang cukup terkenal adalah Prambanan Gallery Resto. Rumah makan yang satu ini menghadirkan aneka hidangan makanan yang menggugah selera makan Dolaners. Dijamin Dolaners tidak akan kecewa dengan cita rasa maupun suasana yang dihadirkan di rumah makan yang satu ini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal Dewasa : Rp. 30.000,-
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal Anak anak : Rp. 13.000,-
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Dewasa : Rp. 230.000,-
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Anak anak : Rp. 113.000,-
Kegiatan
Candi Prambanan merupakan wujud nyata estetika yang dimiliki sejak zaman purbakala. Berbagai temuan yang menarik akan Dolaners lihat disana. Sebuah pengalaman yang bermanfaat jika Anda dapat mengunjungi Candi Prambanan, karena seperti yang Dolaners ketahui, candi ini menyimpan nilai seni serta kebudayaan yang tinggi dari agama Hindu pada masa itu. Begitu megah dan tak terbayangkan, pada masa yang begitu lama dapat membuat bangunan kokoh dengan arsitektur dan desain yang tak dapat diragukan lagi. Selain itu, Dolaners juga dapat mengunjungi museum di dekat candi. Museum ini berbentuk rumah Joglo yang merupakan rumah adat dari Jawa. Disana anda dapat menemukan berbagai benda – benda bersejarah yang berhubungan dengan Candi Prambanan. Mengabadikan momen berkunjung ke sini juga merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan, beberapa spot terbaik disini bisa Dolaners manfaatkan selama Dolaners berkunjung ke Candi Prambanan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jarak dari pusat Kota Jogja menuju ke Candi Prambanan kurang lebih 30 kilometer menuju arah timur laut. Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika Dolaners berangkat dari Kota Jogja menuju Candi Prambanan dengan motor ataupun mobil. Dari Kota Jogja anda bisa berkendara menuju arah timur melewati Jalan Raya Jogja – Solo. Dan Candi Prambanan berada di Jalan Raya Jogja – Solo kilometer 16. Jika menggunakan kendaraan pribadi, waktu tempuhnya sekitar 30 menit saja.
Untuk sampai ke Candi Prambanan, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum Dolaners juga bisa menggunakan kendaraan umum seperti misalnya bus untuk menuju ke Candi Prambanan. Dari Terminal Giwangan Kota Jogja, anda bisa menggunakan bus jurusan Jogja – Solo (Surakarta) dan langsung turun di depan pintu gerbang Candi Prambanan. Atau jika mau yang lebih mudah anda bisa menggunakan bus Trans Jogja dari berbagai halte di Jogja, dan langsung turun di Halte Trans Jogja di Candi Prambanan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link