Coban Jodo

5763 views

Seperti manusia yang diciptakan berpasang-pasangan, Coban Jodo juga ingin menunjukkan suatu keharmonisan dengan letaknya yang berdampingan. Ditempuh dengan medan yang cukup menantang sepanjang perjalanan, mata ini juga akan disuguhkan keindahan alam dan suasana kehidupan warga yang menyejukkan khas pedesaan.

Coban Jodo Malang

Photo by mansmansasel.wordpress.com

Berawal dari kisah zaman dahulu mengenai pelarian seseorang ke Coban Jodo ini dan adanya air terjun yang berdekatan sehingga diibaratkan seseorang yang telah menemukan jodohnya Penamaan Jodo sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti jodoh. Dolaners yang masih jomblo barangkali bisa mendapatkan pasangan setelah berkunjung dari Coban Jodo di Malang ini?

Jarak dari Stasiun Kota Baru Malang untuk mencapai Coban Jodo dengan kendaraan pribadi sekitar 25 kilometer atau bisa ditempuh dengan waktu hampir satu jam jika perjalanan lancar. Disarankan untuk Dolaners dari luar kota Malang yang ingin merasakan kesejukan Coban Jodo bisa menggunakan sewa kendaraan dikarenakan akses kendaraan umum yang masih jarang hingga sampai lokasi air terjun. Sesampainya di tempat parkir kendaraan, Dolaners akan mulai petualangan dengan berjalan kaki pada jalanan setapak yang berjarak 1,5 kilometer dengan medan menurun dan menyusuri sungai dengan gemericik aliran yang tidak deras. Coban Jodo akan Dolaners temukan pada ujung jalur sungai tersebut.

Dijamin perjalanan yang Dolaners alami akan terbayar puas karena selain Coban Jodo Malang, disepanjang jalan setapak juga telah disuguhkan beberapa air terjun yang keren untuk dijadikan latar objek fotografi. Mayoritas akses ke Coban Jodo adalah tanah dan makadam sehingga bagi para Dolaners lebih baik mengatur jadwal yang tepat sebelum berkunjung dan hindari pada musim hujan.


AKTIFITAS

Kuliner
Bisa dikatakan Coban Jodo Malang termasuk wisata alam air terjun yang masih baru sehingga untuk ketersediaan warung masih jarang. Disarankan Dolaners telah membawa perbekalan yang cukup terutama untuk air mineral karena rute jalan kaki yang lumayan menguras tenaga.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan: Rp 10.000,-
Kegiatan
Dikhususkan untuk menikmati keindahan alam, Coban Jodo saat ini belum menyediakan wahana maupun tempat berkemah. Namun untuk Dolaners penyuka fotografi atau IGers, tempat ini sangat cocok sebagai tujuan waktu liburan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Rute dari Kota Malang menuju Coban Jodo yaitu ke arah timur bisa melalui Jalan LA Sucipto melewati area Bandara Abd. Saleh hingga ke Tumpang. Pada pertigaan gerbang masuk Kota Tumpang ambil kearah kiri menuju Desa Ngadirejo hingga bertemu simpang Kenongo dan dilanjutkan ke Dusun Bendolawang (masih termasuk Desa Ngadirejo). Ujung aspal jalanan Dusun Bendolawang menandakan Dolaners akan mulai merasakan jalan makadam (berbatu) hingga tempat parkir terakhir kendaraan bisa digunakan dan dilanjutkan berjalan kaki sampai ke Coban Jodo. Disarankan menggunakan alas kaki karet dan ringan agar perjalanan terasa nyaman dan pastikan kapasitas baterai terisi penuh.
Termasuk wisata air terjun yang baru dibuka dan letaknya yang berada di area hutan (hampir perbatasan komplek taman wisata bromo tengger semeru) disarankan untuk Dolaners yang menuju Coban Jodo menggunakan kendaraan pribadi roda dua.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link