Coban Sewu Semeru

1832 views

Tebing yang tingginya seakan menjulang langit dipadu kegagahan alam yang tiada tara membuat kita semakin tidak ada apa-apanya dibanding Ciptaan Sang Khaliq yang agung. Coban Sewu Semeru hasil mahakarya Sang Arsitek yang tiada tanding tersebut dihiasi oleh aksesoris berupa batu sedimen dengan kontur yang indah dengan tanaman berwarna hijau tua yang merambat. Tebing yang gagah mirip pintu gerbang seakan menyembunyikan aliran sungai yang memicu cucuran air yang jumlahnya tidak terhitung tersebut.

Coban Sewu Semeru

Photo by islahagus.blogspot.co.id

Dolaners, Jangan mengaku traveler sejati kalau belum menyambangi Coban Sewu Semeru atau yang terkenal dengan sebutan Coban Sewu Lumajang. Nama coban yang dalam bahasa jawa berarti air terjun dan sewu yang berarti seribu memang patut disematkan untuk air terjun yang memiliki ketinggian tidak kurang dari 180 meter ini oleh cucuran airnya yang begitu bayak dan tinggi sampai-sampai Dolaners merasa merinding untuk mengambil foto dibawahnya. Cucuran titik air yang sedingin es dengan debit air yang super tinggi seakan mengingatkan kita akan replica Niagara yang bermukim di Jawa Timur.

Cucuran air sedingin es Coban Sewu Lumajang tersebut seakan turun dari surga yang begitu jernih, sejuk dan menyegarkan pastinya berbeda jauh dengan air perkotaan yang terkontaminasi bakteri dan senyawa kimia berbahaya. Tidak hentinya dan habisnya cucuran air yang jatuh membasahi setiap benda yang ditunjangnya, hingga buiran air yang debitnya deras tersebut mampu membentur batuan berlumut dan besar yang berada di bawahnya. Sepoinya angin pegunungan membuat titik-titik air sedikit demi sedikit tersirat dan mulai membuat baju yang kita kenakan menjadi lembab.

View paling menarik terpusat pada puncak ketinggian Coban Sewu Semeru, namun tempat tersebut tidak direkomendasikan bagi para Dolaners terlebih bagi Dolaners yang phobia ketinggian harus berhati-hati karena Dolaners akan menemukan sebuah lubang yang menganga yang akan mengantar Dolaners menuju syurga sesungguhnya jika Dolaners ceroboh karena ditempat tersebut belum terdapat pagar pembatas. Namun jangan khawatir ada alternatif bagi para Dolaners untuk memperoleh dimensi lain dari Coban Sewu Semeru yakni tempat yang berda diatas Goa Tetes tepat yang berlokasi dibagian sedikit atas sebelum loket, karena disana telah dibangun jalan dengan akses jalan yang telah mendukung berwisata.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Anda yang ingin berlibur ke Wisata Alam Air Coban Sewu Lumajang tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Sedangkan untuk Anda yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Coban Sewu Lumajang ini juga tersedia beragam kios kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Maulai dari merchandise berupa kaos, gantungan kunci, gelang, kerajinan tangan berupa ukiran kayu, beragam tanaman hias, hingga akik sebagai oleh-oleh untuk keluarga ada disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Coban Sewu : Rp. 5.000,-
Biaya Tiket Masuk Goa Tetes : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Di Wisata Alam Coban Sewu ini Anda bisa menikmati pemandangan menarik layaknya sedang berada di kawasan Air Terjun Niagara, namun ini versi Indonesia. Dengan hamparan warna hijau asri dan air yang jernih sangat memanjakan mata. Terdapat banyak spot menarik yang patut untuk Anda kunjungi dan tentu saja sangat pas bagi Anda yang mempunyai hobby fotografi. Tentu saja semakin indah spot, maka tracking yang harus Anda lewati akan semakin sulit. Namun tidak perlu khawatir perjuangan tidak akan mendustai hasil, pemandangan eksotis akan Anda dapatkan di Coban Sewu Lumajang ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Cara Aman
  • Dari Terminal Gadang – Malang, naik bus ¾ ke Lumajang (jurusan Lumajang via dampit).   Tarif sekitar Rp. 20.000. Waktu tempuh 2 jam.  Bilang ke kondekturnya turun di Coban Sewu atau Goa Tetes (mereka pasti tahu).
  • Siap-siap turun ketika bus melewati jembatan dan Gapura perbatasan Malang – Lumajang.
  • Sekitar 200 m setelah Gapura Perbatasan, lihat sebelah kanan cari gang dengan spanduk Air terjun Coban Sewu Semeru (hati-hati jangan sampai salah masuk ke gang dengan spanduk Goa Tetes). Turun di depan gang tersebut.
  • Masuk ke gang lalu jalan kaki sekitar 200 m sampai ketemu tempat parkir wisata Coban Sewu Lumajang. Belok kanan ada loket untuk beli tiket masuk Coban Sewu Semeru. Harga tiket Rp. 5000,
  • Lalu jalan kaki 200 m menyusuri kebun salak sampai ketemu jalan bercabang. Sebelah kiri turun menuju lokasi air terjun dan lurus jalan datar menuju panorama.  (ada pos petugas). Tanya saja ke mereka.
  • Saya sarankan agar jalan lurus saja dulu ke panorama untuk mengambil foto air terjun Coban Sewu Semeru dari atas.
  • Setelah puas foto-foto, silakan balik ke pertigaan tadi dan ambil jalan turun.
  • Jalan turun sudah diperbaiki oleh Pemda Lumajang dan Malang. Makanya bulan Juli 2015 lokasi Coban Sewu Semeru ini ditutup untuk perbaikan tersebut. Jalur turun sudah diberi tangga dan pegangan tangan dari bambu / tali / karet ban.  Jalan datar di tebing sudah dibangun jalan setapak dari bambu. Jadi kita berjalan di atas jurang.
  • Sampai bawah ketemu sungai. Bila ke kiri ke Goa Tetes, ke kanan ke Coban Sewu Semeru. Ambil jalan kanan.   Nanti ketemu loket lagi untuk masuk lokasi air terjun Tumpak Sewu. Harga tiket Rp. 5000,-.
  • Setelah puas menikmati keindahan air terjun Coban Sewu Lumajang, anda dapat kembali pulang lewat jalur yang sama. Tapi jangan naik dulu, disarankan untuk terus menyusuri sungai untuk menuju ke lokasi Goa Tetes. Jalan kaki sekitar 300 meter anda akan sampai ke lokasi Goa Tetes yang juga menarik.
  • . ketika mau pulang, Anda harus balik ke jalur pertama kali masuk.  Jangan pulang melalui jalur di dekat Goa tetes ini, kecuali Anda ingin merasakan jalur yang ekstrim.
Cara Adventure
  • Jangan turun dari bus di gang pertama atau kedua yang ada spanduk Coban Sewu Semeru, tapi lanjutkan perjalanan lurus saja (masih di jalur utama ke Lumajang) sampai ketemu gang ketiga dengan spanduk petunjuk ke Goa Tetes. Gang ke Goa Tetes ada di sebelah kanan jalan.
  • Masuk saja, jalan kaki 500 m ke arah Goa Tetes.
  • Jalannya sudah bagus cor-coran, harga tiket Rp. 5000,-.
  • Ikuti trek ke Goa Tetes.
  • Sesampai di Goa Tetes, silakan beristirahat dan menimati keindahan Goa Tetes dulu.
  • Lanjutkan perjalanan dengan jalan turun lagi ke bawah. Hati-hati, jalur ini sangat berbahaya karena jalurnya kecil, licin dan curam. Tidak nampak seperti track ataupun jalan yang mungkin bisa dilewati oleh orang biasa. Tetapi percayalah kalau tebing curam berair itu bisa dilewati.
  • Bagi yang mempunyai fisik dan mental lemah jangan mengambil jalur ini karena anda akan turun lewat tebing yang curam dengan bantuan tali atau karet ban yang memerlukan banyak tenaga. Tebing yang anda turuni juga dilalui oleh air yang keluar dari tebing-tebing atau dari atas menuju ke sungai. Waktu tempuh sekitar 30 menit.
  • Ketemu sungai, belok ke kanan teruskan perjalanan menyusuri sungai sampai melihat pemandangan luar biasa yaitu Air Terjun Coban Sewu Lumajang. Waktu tempuh sekitar 20 menit.
  • Saat ini jalur tersebut sudah ramai pengunjung. Jadi sudah tidak diperlukan lagi jasa guide.
Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang langsung bisa mengantarkan Anda sampai ke Air Terjun Coban Sewu Lumajang ini. Yang ada hanya bus jurusan Lumajang (melalui Dampit) dan Anda akan turun di Gapura perbatasan Malang – Lumajang. Kemudian Anda hanya perlu mengikuti rute yang sudah tersedia dengan berjalan kaki hingga menuju Wisata Alam Air Coban Sewu Semeru. Jadi lebih disarankan bagi Anda yang ingin berkunjung ke Coban Sewu Lumajang untuk lebih baik menggunakan kendaraan pribadi saja.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link