Coban Sumberwangi

961 views

Dolaners suka jalan-jalan? Suka berkendara? Atau suka jalan dalam makna yang sebenarnya? Kalau kedua-duanya, sepertinya Coban Sumberwangi akan jadi destinasi yang menggoda. Kenapa? Karena Dolaners akan menyusuri jalan-jalan Kabupaten Malang yang berliku sampai hampir mendekati perbatasan dengan Kabupaten Lumajang. Sudah itu, Dolaners akan menyusuri tebing curam yang cukup menguras adrenalin. Berani coba?

Coban Sumberwangi, Coban Sumberwangi Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Mochammad Didin

Coban Sumberwangi dikenal juga dengan nama Coban Srengenge. Lokasinya memang berada di Dusun Sumberwangi, jadi nama air terjun yang menakjubkan ini mengambil nama lokasinya. Tapi nama Coban Srengenge juga tak kalah tenar, entah apapun maknanya. For your information nih ya, Dolaners, srengenge adalah Bahasa Jawa untuk matahari. Kedua nama ini sama-sama populer, jadi Dolaners tak perlu bingung ketika mendengar salah satunya, keduanya merujuk pada satu coban.

Mmm… sebenarnya bukan satu coban. Lebih tepatnya, satu destinasi wisata alam ini punya tiga titik air terjun. Tambah bingung? Gak perlu. Tak ada nama yang berbeda, kok. Semua coban ini dinamai Coban Sumberwangi atau Coban Srengenge, hanya ditambah nomer, satu, dua, dan tiga. Gampang, kan? Letaknya berurutan, yang berada di tebing paling atas adalah Coban Sumberwangi atau Coban Srengenge yang pertama, coban yang kedua berada di bagian tengah, dan turun lagi ke tebing yang paling bawah adalah coban yang ketiga.

Uniknya, ketiga air terjun ini berbeda, gak ada mirip-miripnya sama sekali. Coban Sumberwangi atau Coban Srengenge satu memiliki ketinggian air terjun yang tak seberapa, lebih mirip grojogan saja. Lanjutkan menyusuri tebing dengan bantuan tangga bambu, Dolaners akan tiba di coban yang kedua. Air terjun yang kedua ini cukup deras dengan hempasan angin yang cukup kuat. Tak hanya tinggi, airnya juga melebar hingga membentuk tirai air dengan kekuatan cukup besar. Kudu siap baju ganti kalau Dolaners mau dekat-dekat dengan air terjun ini. Dolaners sudah capek menuruni tebing tadi? Jangan lanjutkan ke air terjun yang ketiga, deh. Tebing yang dilalui jauh lebih curam, sebanding dengan ketinggian air terjunnya. Coban Sumberwangi atau Coban Srengege tiga memang tinggi banget, hampir tiga kali tinggi coban yang kedua tadi, selayaknya coban-coban yang umumnya ada di Malang.


AKTIVITAS

Kuliner
Kalau dibanding destinasi wisata coban yang lain di Malang, Coban Sumberwangi atau Coban Srengenge masih terbilang baru. Dan tentu, masih sangat alami. Disisi lain, keadaan ini berarti tidak ada wisata kuliner apapun di sekitar coban. Dolaners kudu siap dengan perbekalan makanan dan minuman sendiri saat hendak dolan ke wilayah Ampelgading ini.
Akomodasi
Hingga saat ini belum ada tiket masuk yang secara resmi diberlakukan.
Kegiatan
Kalau Dolaners mau berenanng, cobalah di coban yang pertama saja. Kalau suka trekking, lanjutkan menyusuri tebing hingga coban yang ketiga. Kalau mau dapat view pelangi, datanglah ke lokasi antara jam 9 pagi hingga 12 siang.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Disarankan Dolaners menyusuri tebing coban bersama salah seorang warga setempat, yang siap menjadi pemandu perjalanan. Tanyakan juga kondisi kolamnya bila Dolaners pingin berenang, apakah cukup aman atau tidak. Para pemuda dan warga di Desa Tirtomarto sangat ramah dan baik, jadi jangan segan bertanya maupun meminta pertolongan. Psstt… jangan lupa meninggalkan rupiah atas jasa warga meskipun mereka melakukannya dengan sukarela.
Mau ke Coban Sumberwangi? Gunakan kendaraan pribadi saja karena perjalanan ke luar Kota Malang cukup berliku. Tapi akses jalannya sudah cukup baik, meskipun jalan aspal rusak di beberapa tempat, masih bisa dilalui kendaraan roda empat. Dari Kota Malang, Dolaners menuju Turen, kemudian ke Dampit, lanjut ke Tirtoyudo, baru Dolaners tiba di Ampergading. Di kecamatan ini, Dolaners baru bisa menuju Desa Tirtomarto. Perjalanan masih belum selesai, Dolaners harus bertanya pada warga setempat di mana lokasi Dusun Sumberwangi. Bisa juga langsung sampaikan tujuan Dolaners ke Coban Sumberwangi atau Coban Srengenge supaya mendapat petunjuk arah yang memuaskan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link