Coban Talun

2110 views

Salah satu air terjun di kota malang ini adalah air terjun Coban Talun. Dengan warna pelangi yang indah dan mempesona, menjadikan daya tarik tersendiri bagi saat berwisata ke air terjun Coban Talun ini.

Coban Talun

Photo by surabaya.panduanwisata.id

Malang memang identik dengan tempat pariwisatanya yang mempesona. Dengan adanya kawasan pegunungan yang dapat membuat Malang ini mempunyai beberapa tempat wisata air terjun yang merupakan salah satu yang menjadi favorit bagi para Dolaners. Yap, Coban Talun merupakan suatu tempat wisata air terjun yang berada di kota malang. Air terjun Coban Talun ini berkawasan di wisata bumi perkemahan yang ada di llereng gunung Arjuna bagian barat yang lokasinya kurang lebih sekitar 15 km dari kota Malang.

Jika dolaner ingin berwisata di air terjun Coban Talun ini, untuk rute perjalanannya mulai dari terminal arjosari naik ngkutan umum untuk menuju Landungsari. Dari lanjungsari naik angkutan lagi untuk menuju Batu, setelah itu naik angkutan dengan jurusan selecta-Coban Talun dan nanti akan diturunkan digerbang Air Terjun Coban Talun. Di sepanjang perjalanan menuju Coban Talun, akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan mempesona. Dengan pemandangan kanan kiri pohon apel yang banyak sekali ditanam oleh warga yang sangat menggugah selera. Untuk kondisi jalan untuk menuju lokasi Coban Talun jalannya berbatu, tapi cukup aman untuk dilewati kendaraan beroda 4. Setelah sampai di gerbang menuju lokasi Coban Talun, kendaraan dapat diparkir di banyak sudut parkir, dan perjalanan selanjutnya melewati jalan setapak.

Tiket masuk ke lokasi Coban Talun RP 5000,-. Untuk menuju lokasi air terjun, harus ditempuh dengan jalan kaki dan melewati hutan pinus dan sungai yang merupakan lokasi bagian atas dari Coban Talun Malang. Untuk perjalanannya memakan waktu sekutar 30 menit. Air terjun Coban Talun berada didasar tebing yang lumayan curam. Jadi dolaner harus selalu berhati-hati dalam melewatinya.

Lokasi ini sering kali di jadikan area camping, jadi di sekitar lokasi ini disediakan fasilitas kamar mandi, WC umum, air bersih, persewaan tenda dan juga terdapat banyak warung disekitar tempat wisata Coban Talun Water Fall ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata alam Coban Talun tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan untuk dibawa pulang. Di kawasan Coban Talun ini juga menjual aneka cinderamata, tanaman hias, tanaman buah, sayuran serta aneka olahan dari buah apel seperti dodl apel dan kripik apel.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Coban Talun : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 4.000,-
Kegiatan
Panorama alam Coban Talun sangat indah. Air terjun ini terletak di antara bebatuan. Batu besar dan batuan berwarna putih mendominasi isi sungai. Batuan-batuan pegunungan yang sangat besar tersebut menambah keeksotikan coban. Di dasar air terjun terdapat kolam air dangkal sebagai kolam pelimpahan. Air terjun Coban Talun juga dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang sejuk. Karena keindahan alamnya ini, Coban Talun tida hanya pas untuk dijadikan objek fotografi namun juga sering digunakan sebagai area camping ground.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju lokasi air terjun Coban Talun, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Bila Dolaners membawa mobil pribadi bisa langsung menuju lokasi dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dari Kota Malang. Jika dari alun-alun Kota Batu Dolaners bisa mengambil arah ke Selecta-Cangar. Atau jika dari Surabaya dapat langsung mengambil jalur Cangar melalui Trawas. Disarankan untuk tidak melalui jalur ini pada malam hari karena tidak terdapat lampu penerangan jalan serta kondisi jalan yang berliku-liku dengan turunan curam.
Jika menggunakan angkutan umum, dari kota Malang bisa ditempuh dengan menggunakan Angkot jurusan sesuai dengan tujuan ke Selecta, yakni menggunakan Angkot berwarna biru dengan kode AL (Arjosari-Landungsari) atau ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) dengan biaya sebesar Rp. 4.000 turun di Terminal Landungsari. Dari Landungsari, wisatawan melanjutkan perjalanan dengan Angkot berwarna Pink atau Ungu tujuan ke Terminal Batu dengan biaya sebesar Rp 4.000. Sesampainya di Terminal Batu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan Angkot berwarna Orange tujuan Selecta-Coban Talun dengan biaya sebesar Rp 4.000,-. Nah, dari sini Dolaners akan langsung diturunkan di pintu masuk lokasi wisata Coban Talun. Dari pintu masuk tersebut, wisatawan harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 50 meter hingga sampai ke pintu gerbang atau loket pembayaran karcis masuk air terjun Coban Talun. Di sepanjang perjalanan Dolaners akan disuguhi pemandangan indah pohon apel yang banyak ditanam oleh warga sekitar.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link