Curug Bugbrug

1950 views

Dolaners, sebagai sebuah kota yang berada di daerah dataran tinggi, tentunya membuat Bandung memiliki banyak sekali spot wisata alam berupa curug (air terjun). Salah satu yang masih perawan dan belum terjamah adalah Curug Bugbrug. Air terjun setinggi 50 meter dan lebar 2 meter ini merupakan salah satu yang terindah di wilayah Bandung Barat. Alam sekitarnya yang masih hijau menjadi magnet tersendiri bagi Curug Bugbrug, Bandung.

Curug Bugbrug Bandung

Photo via Muh. Khaerudin

Curug Bugbrug merupakan salah satu tempat wisata di Bandung, dimana lokasi air terjun ini merupakan saksi bisu dan menjadi bagian dari sejarah Bandung yang sangat erat kaitannya dengan berbagai objek wisata sejarah yang populer lainnya yang terdapat di Bandung. Perlu dolaners ketahui, banyak curug yang terdapat di Bandung yang memang awalnya terbentuk karena adanya aliran lava gunung purba yang meletus ratusan ribu tahun yang lalu. Curug Bugbrug di Bandung merupakan bagian dari Patahan Lembang yang menurut para ahli masih aktif.

Lokasi Curug Bugbrug berada pada ketinggian 1050 mdpl dan ketinggian curug ini mencapai 50 meter. Seperti Curug Pelangi, sumber air Curug Bugbrug juga berasal dari aliran Sungai Cimahi. Kata bugbrug sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya bertumpuk-tumpuk atau tumpang tindih. Memang, air yang jatuh dari puncak curug ini tumpang tindih antara satu dan lainnya. Meskipun tidak begitu ramai pengunjung, namun keindahan curug ini memang tak perlu diragukan lagi, bahkan saat debit airnya susut sekalipun.

Hal menarik lain yang terdapat di Curug Bugbrug Cisarua adalah adanya kolam alami yang terbentuk di bawahnya. Kedalaman kolam tersebut ditaksir 3-4 meter. Bagi dolaners yang ingin berenang disini sepertinya harus membuang lagi niat dolaners untuk melakukan aktivitas seru tersebut. Pengunjung memang dilarang untuk berenang disini karena adanya pusaran air yang cukup kuat yang terdapat di dalam kolam dan pusaran tersebut bisa membawa dolaners yang berenang terjebk di dasar kolam alami tersebut. Tentunya hal tersebut sangat membahayakan keselamatan jiwa dolaners sendiri. Nah, kalau hanya sekedar main air di pinggir kolam, mungkin masih bisa. Namun, apapun itu tentunya tak akan membuat kegiatan wisata dolaners di Curug Bugbrug menjadi kurang seru, karena keindahan yang ditawarkannya yang tak mampu terbantahkan lagi.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi dolaners yang datang berkunjung ke Curug Bugbrug sendiri diharapkan membawa sendiri makanan dan minuman sebagai bekal saat dolaners berada di wisata ini. Lokasi Curug Bugbrug Bandung masih sangat perawan dan belum terjamah banyak wisatawan sehingga belum ada warung penyedia makanan di tempat ini.
Akomodasi
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Harga Tiket Masuk : Rp. 7.500,- /orang
Kegiatan
Di lokasi Curug Bugbrug, Dolaners bisa menikmati indahnya pemandangan alam yang ditawarkan berupa air terjun yang masih perawan dan tentunya bisa mengabadikannya dengan kamera ataupun smartphone dolaners. Selain itu, lokasi wisata ini juga bisa dijadikan sebagai lokasi piknik bagi dolaners yang memiliki jiwa adventure.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Diharapkan kepada dolaners yang datang ke Curug Bugbrug Kertawangi tidak berenang di dalam kolam yang terdapat di bawah curug karena terdapat pusaran air dengan arus cukup kuat yang bisa menjebak dolaners di dasar kolam dan membahayakan jiwa dolaners sendiri. Utamakan keselamatan ya dolaners.
Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil dan memarkirkan kendaraan dolaners di Jalur Komando yang terdapat di Jalan Kampung Ciwangun Indah. Disana ada sebuah jalur yang bernama jalur komando. Sebelum sampai di gerbang jalur komando tersebut dolaners bisa memarkir kendaraan dolaners di dekat mesjid yang terdapat disana dan melanjutkan perjalanan dengan melakukn trekking ringan selama 30 menit.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link