Curug Pelangi

1098 views

Nama Curug Pelangi ini sempat melejit di berbagai media sosial dengan banyaknya postingan foto selfie ataupun wefie yang bertebaran dan memiliki latar berupa sebuah air terjun yang cukup tinggi dan memiliki kilatan cahaya seperti warna pelangi. Hal ini membuat banyak para wisatawan yang datang baik wisatawan lokal ataupun turis mancanegara.

Curug Cimahi Bandung

Photo via Ade Pachrizal

Curug Pelangi merupakan sebuah tempat wisata berupa air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 87 meter. Curug Pelangi ini sendiri berada di ketinggian 1050 mdpl di kawasan Bandung Barat dengan sumber air dari Sungai Cimahi dan memiliki hulu di Situ Lembang. Dengan demikian, maka tak jarang pula yang menyebutnya sebagai Curug Cimahi. Suhu udara di sekitar air terjun ini berada pada kisaran 18-22 derajat Celsius. Saat ini, Curug Pelangi atau Curug Cimahi Bandung ini dikelola langsung oleh Perhutani.

Untuk mendapatkan spot yang mantap di Curug Pelangi ini, maka para dolaners diharuskan menuruni sekitar 587 anak tangga yang tersusun rapi di lokasi wisata ini. Tentunya, hal tersebut sangatlah melelahkan bagi para dolaners. Akan tetapi, kelelahan para dolaners yang datang berkunjung dipastikan akan terbayar lunas setelah para dolaners ampai pada spot Curug Pelangi tersebut. Sebenarnya, kilatan pelangi yang dihasilkan oleh air terjun tersebut tidaklah alami. Kilatan Pelangi tersebut berasal dari set lampu yang sengaja dipasang oleh Perhutani untuk mempercantik Curug Pelangi di Bandung ini.

Suasana Curug Pelangi ini sendiri sebenarnya masih sangat alami. Di hutan yang terdapat di sekitar Curug Pelangi sendiri terdapat habitat ribuan monyet. Tentunya, dengan adanya spot air terjun tersebut maka monyet-monyet yang ada disana juga menjadi daya tarik sendiri bagi para dolaners yang ingin berfoto ria. Selain itu, Curug Pelangi Bandung terdiri dari dua buah tingkatan dan masing-masing tingkatan memiliki daya tariknya masing-masing.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk para dolaners yang datang kesini, maka tidak perlu repot-repot untuk membawa bekal makanan. Di sekitar lokasi wisata Curug Pelangi  terdapat empat buah warung yang menghadirkan kuliner khas dengan cita rasa yang sangat lezat, diantaranya :
  1. Warung Sambal
  2. Kedai Desa
  3. Sapulidi
  4. Kampung Daun
Akomodasi
Karcis Masuk : Rp. 12.000,-/orang (Pagi s/d 17.00 WIB)

Rp. 15.000,-/orang (17.00-21.00 WIB)

Kegiatan
Di lokasi wisata Curug Pelangi di Cimahi ini, para dolaners dapat berfoto ria sambil bersantai dan menikmati keindahana alam Curug Pelangi tersebut. Selain itu, para dolaners juga bisa menyantap berbagai kuliner khas Sunda yang dijajakan di warung-warung sekitar Curug Pelangi Bandung.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Saat para dolaners mendatangi Curung Pelangi Bandung, maka hendaknya tidak merusak ekosistem yang terdapat di tempat ini karena di sekitar hutan Curug Pelangi juga menjadi habitat ribuan monyet. Selain itu, para dolaners diharapkan berhati-hati saat menuruni anak tangga dan untuk mendapatkan pengalaman wisata yang lebih menarik, maka sebaiknya para dolaners diharapkan datang pada saat cuaca cerah.
Para dolaners bisa menggunakan kendaraan umum dengan melalui jalur Cihanjuang dan Pangropong dengan arah ke Lembang. Selain itu, jika para dolaners menggunakan kendaraan pribadi, maka sebaiknya melalui jalur Cihideung menuju Cisarua.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link