Curug Siluwok

225 views

Suka main air? Meskipun usia tak lagi kanak-kanak, main-main dengan air emang selalu bikin hati lebih riang. Apalagi kalau berada di alam terbuka yang masih asri alami, seperti di Curug Siluwok. Destinasi wisata yang masih terdengar asing di telinga? Mungkin cuma karena belum kenal, jadi belum sayang. Tapi sekalinya menengok keindahan air terjun di Kulon Progo Yogyakarta ini, Dolaners bisa ogah-ogahan pulang lhooo!

Curug Siluwok, Curug Siluwok Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by rumahkecil

Yogyakarta seakan tak bisa lepas dari landscape Menoreh. Jajaran pegunungan yang eksotis ini melahirkan destinasi-destinasi wisata alam yang cukup memesona, salah satunya ialah Curug Siluwok, sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter. Ditimpa oleh sinar mentari yang cerah, air terjun Curug Siluwok seakan berwarna biru jernih, mengalir lembut di lereng Pegunungan Menoreh.

Curug Siluwok memiliki aliran air yang tak terlalu deras, namun nyaris tegak lurus. Alhasil, kolam air yang terbentuk pada bagian hilir air terjun ini tak terbilang dalam, cukup aman untuk berenang bila Dolaners tetap berada di area tepi kolam. Di area tepi-tepi, kedalaman kolam sekitar setinggi paha orang dewasa, dan semakin ke tengah semakin dalam. Bila air kolam sudah mencapai dada Dolaners, segeralah menepi ke area yang lebih dangkal. Tapi jangan kuatir, keseruan dolan di Curug Siluwok masih terobati dengan adanya batu-batu besar di pinggir-pinggir kolam yang bisa jadi spot untuk meloncat ke dalam kolam.

Bagaimana dengan aksesnya? Setelah diperbaiki oleh warga setempat, track jalan setapak di tepi jurang menuju Curug Siluwok kini telah dilapisi semen permanen. Memang tak ada becek lagi saat dolan ke Curug Siluwok dimusim hujan, tapi jalur semen ini juga bisa terasa licin setelah hujan turun.  Jadi, seperti halnya saat mengunjungi destinasi wisata alam yang lain, terutama destinasi wisata air terjun, Dolaners wajib berhati-hati saat tracking menuju lokasi, bagaimanapun kondisi medannya.


AKTIVITAS

Kuliner
Terdapat beberapa warung kecil di sekitar Curug Siluwok, tapi biasanya hanya buka saat akhir pekan atau saat pengunjung sedang ramai. Ada baiknya Dolaners siap dengan perbekalan makan dan minum sendiri.
Akomodasi
Hingga saat ini belum ditentukan harga tiket masuk ke Curug Siluwok.
Kegiatan
Kolam Curug Siluwok cukup aman untuk sekedar bermain air atau bahkan berenang, selama tidak di area hilir air terjun. Memang tak terlalu luas untuk berenang, tapi boleh lah berendam sejenak dalam air sejuk Pegunungan Menoreh ini. Serasa kembali ke ratusan tahun silam, saat berendam dalam air alami dan dikelilingi hutan hijau yang masih alami. Cobain deh, Dolaners. Tapi kalau Dolaners kurang tertarik dengan kegiatan berenang di alam bebas, atau kelupaan bawa baju renang dan baju ganti, foto-foto di sekitar Curug Siluwok juga sudah cukup menyenangkan. Untuk mendapatkan warna air terjun yang instagenik, sebaiknya Dolaners tiba di destinasi wisata ini bukan di pertengahan musim hujan karena aliran air Curug Siluwok cenderung keruh.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Curug Siluwok berlokasi tak jauh dari Air Terjun Sidoharjo. Dolaners bisa eksplor ke kedua lokasi air terjun ini sekaligus. Jangan ragu bertanya pada warga setempat untuk mendapatkan petunjuk arah. Tak lupa, kenakan alas kaki dengan cengkeraman yang kuat, mengingat track yang licin menuju air terjun. Saat yang tepat untuk dolan ke Curug Siluwok ialah diawal atau akhir musim hujan, serta diawal musim kemarau.
Bila berkendara menggunakan mobil atau motor pribadi dari Kota Yogyakarta, Dolaners bisa tiba di Curug Siluwok dalam waktu kurang lebih 1,5 jam. Dari arah Terminal Jombor, perjalanan bisa dilanjutkan ke Cebongan, lanjut ke Seyegan, Balangan, hingga Minggir. Sesampainya di perempatan Dekso, ambil arah menuju Samigaluh, dan terus ikuti petunjuk arah menuju Curug Siluwok yang bisa ditemukan di sepanjang jalan. Setelah memarkirkan kendaraan di halaman warga, Dolaners masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 1 kilometer, yang bisa ditempuh dalam waktu kira-kira 15 menit.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link