Danau Linting

2555 views

Danau ini memiliki warna air yang biru dan kehijau-hijauan ini tidak hanya terlihat indah, namun di sekitar Danau Linting ini terasa sejuk dan asri karena di sekitar danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rimbun.

Danau Linting

Photo by wisatasumutpaten.com

Danau Linting, meski tergolong danau vulkanik dan warna air di Danau Linting ini kehijau-hijauan, Danau Linting ini sama sekali tidak berbau seperti danau vulkanik yang lainnya. Akan tetapi, jangan sekali-kali dolaner mencicipi air dari danau ini, karena meski danau ini tidak berbau, namun air Danau Linting ini masih terasa belerangnya. Walaupun Danau Linting ini tidak terlalu terkenal seperti halanya Danau Toba, namun untuk para dolaner juga tidak akan rugi untuk mencoba wisata alam danau vulakanik Linting ini. Untuk luas Danau Linting ini sekitar satu hektar dengan kedalaman dekitar 100 meter. Danau Linting mempunyai larangan untuk berenang samapi ke tengah, namun dolaner masih tetap bisa untuk menikamati relaksasi air panas dari belerang, yang panasnya sekitar 30 celcius.

Danau Linting merupakan golongan danau vulkanik. Danau linting ini terletak tidak jauh dari danau Toba. Lokasi Danau Linting ini berada di Desa Sibunga-Bunga Hilir Kabupaten Deli Serdang Sumatra Utara. Suasana di Danau Linting ini sangat sejuk, ini dapat dijadikan pilihan oleh para dolaner untuk berwisata dan berpiknik bersama keluarga. Meski wilayah danau ini belum terlalu dikelola oleh pengelola, namun wisata alam danau linting ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu, jika dolaner berwisata ke Danau Linting ini, dolaner akan melihat banyak warung-warung yang berada di sekitar Danau Linting yang biasanya menjual makanan ringan dan menyewakan tikar untuk para dolaner dika ingin bersantai di tepi danau.

Jika dolaner ini melakukan perjalanan di Danau Linting sungguh sangat mudah. Jika dolaner berangkat dari terminal Amplas, dolaner dapat naik transportasi umum. Namun saat sampai di desa terakhir, dolaner harus memakai kendaraan pribadi karena jalanan yang lebar dan berbatu. Dan juga transportasi umum tidak mengantarkan sampai ketempat Danau Linting tersebut. Setelah dolaner sampai di lokasi, dolaner akan dikenakan biaya untuk tiket masuk sebesar 5000 rupiah.


AKTIFITAS

Kuliner
Dolaners tidak perlu khawatir akan kelaparan jika berkunjung ke wisata alam Danau Vulkanik Linting. Hal ini karena di area wisata danau ini terdapat banyak warung penjual yang menawarkan aneka macam jajanan cemilan, makanan instan, masakan, hingga aneka macam minuman.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
Biaya Masuk Area Goa : Rp. 2.000,-
Biaya Masuk Goa : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Ketika memasuki kawasan Danau Vulkanik Linting ini, Dolaners langsung disuguhi oleh indahnya pemandangan danau dan pepohonan di sekitarnya. Tidak jauh dari lokasi Danau Linting, terdapat dua gua alam yang masih alami. Dolaners bisa menikmati goa yang dikelola oleh masyarakat perorangan ini dengan tarif Rp. 2.000 jika memasuki areal goa, dan Rp. 5.000 untuk masuk ke dalam goa.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk Akses rute menuju ke Danau Vulkanik Linting ini Dolaners harus melewati Simpang terminal Amplas (Kecamatan Patumbak) kemudian masuk Desa Talun Kenas dilanjutkan ke Desa Siguci dan Desa Kuta Jurung selanjutnya Dolaners akan sampai di Desa Sibunga, Bunga Hilir.
Untuk dapat sampai ke Danau Vulkanik Linting ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa naik angkutan umum dari Terminal Amplas Medan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link