Danau Tondano

3275 views

Udara yang sejuk, danau yang luas dan cantik membuat setiap mata yang memandang seakan enggan untuk berkedip. Duduk dengan nyaman sembari menyaksikan danau yang dikelilingi bukit dan gunung membuat suasana lebih tenang dan santai.

Danau Tondano

Photo by pegipegi.com

Ketika Dolaners mengunjungi kota Manado jangan lupa untuk singgah di Danau Tondano yang berlokasi di desa Remboken, Tomohon, Manado. Danau ini memiliki luas 4.278 hektar dengan ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Tondano menjadi salah satu obyek wisata kebanggaan masyarakat Manado karena keindahannya para turis mancanegara sampai kepincut dan penasaran ingin membuktikan kemolekannya.

Untuk menyaksikan setiap detail keindahan Danau Tondano Dolaners bisa menaiki perahu motor dengan harga yang cukup terjangkau yang mampu menampung hingga 10 orang penumpang. Dolaners juga bisa melakukan aktifitas lain seperti memancing secara beramai-ramai di tepi danau dengan jenis ikan tawar dan menikmati kuliner khas Danau Tondano yang berbaris dengan rapi disekitar danau. Begitu banyak kuliner khas Manado yang dijajakan di tempat ini seperti: ikan bakar dengan bumbu kaya rempah yang nikmat, ikan woku belangan dll. Bagi Dolaners yang tidak menyukai makanan pedas atau tidak bisa makan pedas Dolaners perlu berhati-hati dan sebaiknya memesan makanan lain dengan cita rasa yang tidak terlampau pedas.

Bagi Dolaners yang berkenan menginap karena belum puas menikmati kemolekan Danau, Dolaners bisa menyewa salah satu resor yang banyak disediakan oleh pengelola wisata disekitar Danau Tondano Manado. Selain banyak fasilitas yang terdapat di resor ini juga begitu lengkap dan harganya sungguh sangat terjangkau. Pastinya Dolaners akan merasa puas dengan fasilitas yang disediakan dan kantong Dolaners pun tidak akan bolong pasca berlibur.

Ketika bangun tidur lalu Dolaners membuka jendela kamar maka panorama Tondano akan hadir menghiasi layar jendela Dolaners dengan molek. Pemandangan warga sekitar yang berlalu lalang mencari penghidupan dengan mencari ikan di danau ini menjadikan nuansa berwisata semakin memikat. Berwisata di Danau Tondano Manado akan menjadi moment indah yang tidak terlupakan.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk soal makanan, Dolaners tak perlu khawatir akan kelaparan jika berkunjung ke wisata Dananu Tondano ini. Karena di kawasan lokasi wisata alam ini terdapat banyak warung yang menjual aneka macam panganan. Mulai dari hanya jajanan camilan biasa, makanan instan, hingga aneka macam minuman dijual disini. Atau jika Dolaners hanya ingin menikmati suasana di pinggir danau bisa singgah untuk makan di tempat-tempat makan di pinggir danau atau yang cukup ternama yaitu Restoran Danau Tondano. Untuk Restoran yang satu ini memiliki pendopo/pondok makan mengapung di pinggir Danau Tondano dan juga keramba-keramba tempat budi daya ikan. Dolaners bisa melihat ikan-ikan yang akan dimasak langsung diambil dari keramba.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 4.000,-
Biaya Parkir Roda 2 : Rp. 2.500,-
Biaya Parkir Roda 4 : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Bus : Rp. 10.000,-
Biaya Masuk Kolam Renang : Rp. 10.000,- (Anak anak) & Rp. 15.000,- (Dewasa)
Biaya Masuk Kolam Air Panas : Rp. 30.000,-
Biaya Sewa Sepeda Air : Rp. 20.000,-
Biaya Sewa Alat Pancing : Rp. 5.000,-
Biaya Naik Perahu : Rp. 7.000,-
Biaya Sewa Penginapan : mulai Rp. 175.000,-
Biaya Masuk Wisata Sumaru Endo : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Salah satu kegiatan yang bisa Dolaners lakukan ketika berkunjung ke Danau Tondano ini adalah bersepeda, kecantikan alam dan track yang menantang ditawarkan oleh wisata Danau Tondano yang memang berada di rute perbukitan. Sedangkan bagi Dolaners yang ingin lebih santai menikmati nya panorama apik seputaran Tondano juga dinikmati dengan menaiki delman. Arsitektur khas Eropa milik sebuah bangunan yang berdiri di dekat danau bisa Dolaners saksikan. Disisni Dolaners juga bisa mencoba memancing ikan air tawar sambil ditemani pemandangan Gunung Kaweng. Sungguh tak bakal merugi jika Dolaners mengarungi danau Tondano karena pulau Likri yang berdiri di tengah danau juga memberikan panorama tersendiri bagi kawasan Tondano. Dolaners bisa juga berkungjung ke sebuah kawasan wisata keluarga ‘Sumaro Endo’ juga menjadi bagian dari keberadaan danau Tondano.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju Danau Tondano dari kota Manado terdapat 2 jalur, jalur yang melewati kota tomohon dan satu lagi melewati Air Mandidi, keduanya memiliki jalur aspal yang berkelok-kelok. Disarankan untuk Dolaners yang membawa kendaraan pribadi sebaiknya melewati jalur yang berbeda ketika berangkat dan pulang karena pemandangan yang disuguhkan sama bagusnya dengan jalur yang sama (semua aspal dan semua berkelok-kelok).
Untuk mencapai wisata alam ini Dolaners bisa menggunakan Tranportasi roda dua maupun empat. Terdapat juga transportasi umum dari kota Manado, yakni Dolaners bisa naik angkutan umum dari Terminal Karombasan menuju ke Terminal Tondano, selanjutnya ganti mikrolet/angkot untuk menuju Desa Remboken, yakni lokasi Danau Tondano.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link