Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta

3364 views

Seberapa banyak Dolaners tahu tentang modernnya Kota Jakarta? Tak ada yang tak berubah seiring zaman di Jakarta. Bukan begitu, Dolaners? Eits, tapi tunggu dulu. Dolaners belum melihat sisi lain Kota Jakarta yang seakan diam dalam kerangka waktunya. Tak banyak yang berubah di sini. Dolaners tahu di mana lokasinya? Kota Tua? Yak, hampir benar. Sedikit bergeser dari kawasan Kota Tua. Menuju ke arah laut, Dolaners akan menjumpai Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa. Seperti apa tempat ini? Yuk lihat lebih dekat.

, Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Cesa Listya Sholiha

Menjadi bagian dari salah satu destinasi saat Dolaners berwisata ke Kota Tua, Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa termasuk kedalam wilayah Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Apa yang menarik di dermaga ini?

Dolaners bisa menikmati pemandangan kapal-kapal laut kayu tradisional, terkenal sebagai kapal pinisi. Dolaners akan disuguhi pemandangan kapal pinisi yang berjajar rapi sepanjang sekitar 1 km di sisi kiri setelah pintu masuk. Kapal-kapal ini sebenarnya adalah kapal khas Bugis Makassar. Segala aktivitas di dermaga, seperti menaikkan dan menurunkan muatan, serta lalu lalang pekerja yang mengangkut barang, adalah hal langka untuk dijumpai di dermaga dan pelabuhan modern. Seakan ingin mempertahankan nama Sunda Kelapa yang telah terlebih dahulu digunakan sebelum nama Jakarta, rona kehidupan di pelabuhan ini seperti terhenti dalam kerangka waktu dimasa yang lebih lampau. Memang kesibukan di Pelabuhan Sunda Kelapa telah dimulai sejak masa Kerajaan Sunda Pajajaran diabad ke-12.

Kini, luas kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa terdiri dari 760 hektar tanah dan 16.470 hektar air, dengan dua dua pelabuhan utama. Pelabukan Kalibaru juga masih termasuk dalam kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa. Jajaran kapal pinisi di dekat pintu masuk tadi adalah pelabuhan utama, yang sanggup menampung hingga 70 kapal pinisi berukuran besar. Dermaga kedua lebih pendek.

Selain aktivitas bongkar muat barang di area dermaga, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta berada di dalam kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa. Kalau memerlukan bantuan dari Pusat Informasi Turis Cagar Budaya Sunda Kelapa, Dolaners bisa menemukan kantor ini di dekat Masjid Al Bahrain. Ke arah selatan kanal, Dolaners bisa mendapati TPI Pasar Ikan dan Bendungan Sunda Kelapa. Lebih jauh ke selatan lagi, Dolaners bisa mendapati Waduk Sunda Kelapa. Memang tak ada tempat nyaman untuk Dolaners berteduh dan membasahi kerongkongan, tapi Dermaga Sunda Kelapa ini tetap menarik dengan pesona masa silamnya yang tak tersentuh perubahan roda zaman.


AKTIVITAS

Kuliner
Karena Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa sebenarnya adalah kawasan kerja, Dolaners tidak akan banyak mendapati jajanan kuliner di sini. Kalau tak membawa bekal, sebaiknya keluar kawasan pelabuhan saja untuk mengisi perut.
Akomodasi
Biaya masuk kawasan Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa: Rp. 4.000,-per mobil
Kegiatan
Fotografi adalah kegiatan yang paling menarik untuk dilakukan di Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa. Dolaners bisa mendapat bermacam-macam hal yang sangat berharga untuk diabadikan melalui lensa kamera. Bisa juga Dolaners melihat bekas Stasiun Kereta Api Klein Boom. Belanda membangun jalur kereta api pertama di Jakarta Utara pada tahun 1871 yang menghubungkan Stasiun Kereta Api Klein Boom dan Stasiun Kereta Api Gambir. Bisa jadi acara napak tilas yang seru kan, Dolaners?
Tips BerwisataAkses Transportasi
Masih di kawasan Kota Tua, Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa berada tak jauh dari Museum Bahari dan Menara Syahbandar. Dolaners lanjutkan saja perjalanan ke arah timur di Jalan Pakin, kemudian belok kiri di Jalan Krapu. Lanjutkan langkah, lurus menuju pos penjagaan Pelabuhan Sunda Kelapa.
Dolaners bisa mencapai Dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa dengan naik kendaraan pribadi. Tapi kalau ingin naik Transjakarta, Dolaners bisa naik bus pengumpan atau feeder Transjakarta yang melayani penumpang dari Stasiun Kota dan Ancol. Untuk Rute 1, Ancol-Pelabuhan Sunda Kelapa melalui jalur Ancol-Jalan RE Martadinata-Jalan Lodan Raya-Jalan Maritim Raya-Pelabuhan Sunda Kelapa. Rute 2 adalah Stasiun Kota-Pelabuhan Sunda Kelapa, melewati jalur Pelabuhan Sunda Kelapa-Jalan Kerapu-Jalan Tongkol-Jalan Cengkeh-Jalan Kunir-Jalan Kemukus-Stasiun Jakarta Kota.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link