Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

1779 views

Sudahkah Dolaners main di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta? Sudah menikmati wahana permainan seru atau bahkan menikmati tontonan menakjubkan di teaternya? Atau barangkali Dolaners sudah menjelajah pusat-pusat perbelanjaan di ibukota? Memang serasa tak ada habisnya bila hura-hura di Jakarta, tapi ada saatnya Dolaners perlu cooling down sejenak mengasah rasa di suasana yang tenang. Jangan kuatir, masih tetap menghibur kok. Lokasinya ada di pusat kota, jadi Dolaners akan mudah saja menemukan Galeri Nasional Indonesia ini.

Galeri Nasional Indonesia, Galeri Nasional Indonesia Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Mohammad Resja Ilham

Pernah mengunjungi Galeri Nasional Indonesia di Jakarta, Dolaners? Galeri dan museum memang bukan destinasi wisata favorit kebanyakan orang Indonesia. Tapi saat memasuki area Galnas atau Galeri Nasional Indonesia, Dolaners takkan mendapati kesan suram atau tak menarik. Jauh banget dari berbagai alasan yang membuat orang malas mengunjungi galeri dan museum.

Galeri Nasional Indonesia memang menempati sebuah gedung kuno peninggalan jaman Belanda, tapi justru yang tampak dari gedung ini adalah keindahannya yang klasik alih-alih suram. Gedung ini mengalami peralihan fungsi dan kepemilikan beberapa kali sejak awal digunakan sebagai asrama wanita sekolah Hindia Belanda. Ketika beralih menjadi milik pemerintah Indonesia, gedung inipun beralih fungsi menjadi Gedung Pameran Seni Rupa yang kemudian berganti nama menjadi Galeri Nasional Indonesia. Pengelolaannyapun sempat berpindah ke Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata sebelum kembali lagi berada pada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan hingga kini.

Khusus untuk pameran, Dolaners akan disuguhi jadwal terpisah untuk pameran tetap dan temporer di gedung Galnas. Sementara pameran tetap selalu ada setiap hari sesuai jadwal buka galeri, pameran temporer menyesuikan dengan jam kunjungan masing-masing pameran yang berbeda. Pengunjung beberapa pameran bisa jadi lebih membludak dibanding pameran yang lain, apalagi pameran seni yang cenderung populer bagi generasi muda saat ini.

Nah, apa saja yang dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia ini? Koleksi Galnas ada sekitar 1700 karya pahatan, patung, foto, dan lukisan seniman-seniman Indonesia dan beberapa negara lain seperti Peru, Kuba, India, Sudan, Myanmar, Vietnam, dan lain-lain. Untuk mengakomodasi kegemaran generasi milenial yang suka dengan hal-hal berbau instagram-able, Galeri Nasional Indonesia memamerkan pula karya seni modern yang mendukung selera kekinian. Tak melulu jadul dan kurang menarik, Galnas berhasil menunjukkan bahwa galeri bisa sesuai dengan selera anak muda masa kini. Bahkan bisa jadi Dolaners akan heran melihat antusias pengunjung yang ternyata seumuran juga.


AKTIVITAS

Kuliner
Berada di pusat kota, Dolaners takkan kesulitan mencari tempat makan di sekitar Galeri Nasional Indonesia. Ada Hoka Hoka Bento Gambir, Bakmi GM, Soto Kriuk, Baso Malang Oasis, CFC, dan masih ada pula Starbucks di sekitar Jalan Merdeka. Pilihan makan Dolaners akan lebih banyak lagi bila melangkah ke jalan-jalan di sekitar kawasan Merdeka.
Akomodasi
Pameran-pameran yang diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia tidak memungut biaya dari pengunjung.
Kegiatan
Galeri Nasional Indonesia rutin menggelar pameran, seminar keilmuan, preservasi, pemutaran film, disuksi ilmiah, festival, penampilan kesenian, dan masih banyak lagi acara-acara lain. Bila tertarik mengikuti salah satu acara ini, Dolaners tinggal cek jadwalnya langsung di laman resmi Galnas. Tapi sebenarnya Dolaners boleh datang kapan saja ke Galeri Nasional Indonesia, selama jam buka, tanpa harus mengikuti jadwal acara Galnas dan tetap menemukan banyak hal menarik di sini,
Tips BerwisataAkses Transportasi
Galeri Nasional Indonesia ini berada di pusat kota, di kawasan Jalan Merdeka, berdekatan dengan Museum Nasional, Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, dan Istana Negara. Dari luar memang tampak biasa seperti rumah bergaya kolonial yang tak menarik, tapi jangan menilai tampilan luarnya saja ya, Dolaners. Galeri ini menyimpan banyak kejutan di dalamnya.
Kalau menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa mengakses tol dalam kota dan kemudian keluar tol di Kuningan. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Galeri Nasional Indonesia bisa dicapai dengan menggunakan angkutan umum. Stasiun kereta api terdekat adalah Stasiun Gambir, sedangkan terminal bus terdekat adalah Terminal Pasar Senen.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link