Gedung Perpustakaan Universitas Gadjah Mada

293 views

Siapa bilang perpustakaan itu tempat yang ngebosenin? Siapa bilang perpustakaan itu gedung yang suram dan angker? Siapa bilang perpustakaan itu bukan tempat gaul? Mungkin Dolaners hanya belum melihat gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada saja. Perpustakaan ini tak kalah sama kafe, atau bahkan toko buku ternama. Gedungnya bergaya modern tropis yang keren, bikin penasaran dan betah. Ini baru namanya perpustakaan kekinian!

Gedung Perpustakaan UGM, Gedung Perpustakaan UGM Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by aghniahifdzi

Perpustakaan Universitas Gadjah Mada sendiri telah berdiri pada tahun 1951, namun lokasinya masih berada di Jalan Panembahan Senopati, tepatnya di Hotel Limaran sekarang. Pada masa itu, Universitas Gadjah Mada masih menempati wilayah Keraton Yogyakarta. Pada akhir tahun 1959, gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada pindah ke Sekip Unit V Gedung Konferensi Kolombo yang sudah tak terpakai. Dan baru pada pertengahan tahun 1975, UGM punya gedung perpustakaan lagi di kawasan Bulaksumur. Perubahan selanjutnya terjadi pada tahun 2008, saat Perpustakaan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dijadikan satu dengan Perpustakaan Universitas, melahirkan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Disamping bagunan gedung perpustakaan utama, Universitas Gadjah Mada juga memiliki 18 perpustakaan fakultas, 1 perpustakaan sekolah pascasarjana, dan 1 perpustakaan sekolah vokasi. Beberapa perpustakaan pusat studi juga terintegrasi dalam satu sistem informasi perpustakaan. Dan sejak tahun 2012, semua unit perpustakaan ini terkumpul dalam satu lokasi, yaitu di kawasan Bulaksumur.

Gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada ini disebut-sebut sebagai bangunan yang eco friendly. Beranjak dari bangunan bergaya kolonial yang tampak berat namun kokoh, gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada sekarang tampak modern dengan jendela-jendela kaca yang melegakan, hingga di bagian atas gedung juga. Pencahayaan alami ini benar-benar sesuai dengan alam tropis yang memiliki sinar matahari melimpah. Alhasil, eksterior gedung ini menciptakan interior yang cozy, jauh dari kesan suramnya gedung perpustakaan yang ada selama ini.

Melewati pintu masuk gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Dolaners mungkin merasakan dejavu seakan memasuki sebuah butik, galeri, atau bahkan mall. Kesan modern minimalis tak terhenti sampai di pintu masuk saja, karena ruang-ruang di bagian dalam gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada ini terasa lapang, bersih, dan terang. Bahkan ruang bacanya dilengkapi sofa nyaman yang bakal bikin Dolaners betah berlama-lama membaca. Pantaslah, ruang baca ini punya embel-embel kafe karena memang terasa aura kafenya di sini. Sementara itu, bagian dalam gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada terpilah menjadi beberapa ruang, yaitu ruang belajar mandiri dan belajar bersama, ruang seminar, ruang diskusi, ruang komputer, dan kafe ruang baca. Pada penataan terbarunya, ruang belajar sekarang berada di gedung L1 lantai 5, ruang komputer di gedung L5 lantai 3, ruang referensi di gedung L6 lantai 1, ruang sirkulasi di gedung L5 lantai 1, dan lain-lain.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menemukan gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Dolaners bisa berpatokan pada gedung Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada. Kedua gedung ini letaknya bersebelahan.
Supaya mudah menemukan gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Dolaners bisa masuk ke Jalan Persatuan terlebih dahulu. Atau, bisa juga dengan menemukan lokasi Bank Mandiri Yogyakarta di kawasan Universitas Gadjah Mada. Jalan Persatuan berada di samping gedung bank ini, Dolaners tinggal mengikutinya lurus ke arah Gedung Pusat Universitas Gadjah Mada. Setelah melewati Graha Sabha Pramana, Dolaners akan melihat gedung perpustakaan Universitas Gadjah Mada di sisi kanan jalan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link