Gedung Sate

1179 views

Gedung Sate Bandung merupakan salah satu tempat tujuan wisata di Bandung yang sangat populer. Mungkin dolaners akan merasa aneh dengan nama yang disandangnya, gedung sate. Sesuai namanya memang gedung ini memiliki ciri unik pada menara gedung tersebut. Terdapat ornamen yang mirip tusuk sate pada menara gedung sentral. Gedung Sate merupakan ikon kota Bandung yang harus dolaners kunjungi ketika berlibur ke Bandung.

Gedung Sate

Photo by wikimedia.org

Kawasan Wisata Gedung Sate Bandung merupakan kawasan bersejarah karena banyaknya bangunan peninggalan Belanda, seperti Museum Geologi, Museum Pos Indonesia, Gedung Dwiwarna, dan sebagainya yang dapat Dolaners kunjungi saat berada di kawasan tersebut. Lokasi wisata Gedung Sate Bandung ini berdekatan dengan lapangan Gasibu, yaitu sebuah lapangan yang dijadikan lokasi rutin bagi warga Bandung berolah raga setiap hari Minggu.

Bahkan jika Dolaners berkunjung ke Gedung Sate ketika hari Minggu pagi atau malam Minggu akan banyak melihat di lapangan tersebut warga Bandung yang sedang duduk-duduk bersantai, berkumpul menikmati akhir pekan di sekitaran lapangan Gasibu. Di lapangan tersebut juga banyak pedagang kaki lima yang berjualan makanan maupun pakaian. Bahkan kadang lapangan ini digunakan untuk mengadakan acara live musik yang diadakan oleh event organizer. Keindahan wisata Gedung Sate Bandung tak hanya ada pada ornamen dari menara gedung yang mirip tusuk sate. Namun juga pada taman di sekeliling gedung yang tertata rapi dan terawat secara baik. Bahkan tanaman hijau di taman tersebut sengaja dibuat tulisan Gedung Sate Bandung. Di taman tersebut Dolaners dapat berfoto-foto dengan keindahan taman yang ada serta latar belakang Gedung Sate Bandung.

Dolaners dapat memasuki Gedung Sate, di mana terdapat enam tangga kayu yang harus Dolaners lewati dengan jumlah sepuluh anak tangga pada setiap tangga menuju menara Gedung Sate Bandung. Ada juga lift yang disediakan untuk menuju ke menara. Namun kegiatan wisata Gedung Sate Bandung akan makin berkesan jika perjuangan menuju menara, Dolaners lalui dengan melewati tangga kayu. Di bagian timur dan barat Gedung Sate terdapat dua ruangan besar dengan gaya Eropa. Ruangan ini dikenal dengan sebutan aula barat dan timur yang digunakan untuk acara resmi. Di sekitar kedua aula terdapat banyak ruang kerja para staf dan biro pemerintahan kota Bandung.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Wisata Gedung Sate Bandung, tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area kawasan ini terdapat pasar kaget pula yang buka ketika hari minggu tiba yakni ketika memang Gedung Sate dibuka untuk umum. Beragam makanan, minuman serta jajanan ditawarkan di pasar kaget ini dengan harga yang cukup terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di kawasan Gedung Sate Bandung ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir ada disini. Jika kuliner di dalama kawasan pasar kaget Gedung Sate belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini, antara lain Baker Street, Hummingbird Eatry, Mom’s Bakery, Cafe Cisangkuy, Giggle Box, Rocca & Co, Nasi Bancakan, Toko Coklat dan masih banyak yang lainnya sehingga Dolaners bebas memilih rumah makan dengan masakan yang sesuai dengan selera.
Kegiatan
Di wisata Gedung Sate ini selain kita bisa berkelilling keliling kawasan gedung sambil belajar mengenai hal hal baru. Terdapat banyak benda benda antik bersejarah baik yang masih digunakan maupun yang sudah tidak digunakan. Lukisan lukisan menarik. Ruangan ruangan yang digunakan untuk tugas pemerintahan. Di bagian belakang gedung terdapat taman gazebo yang megah dan asri. Di sini Dolaners yang memiliki hobby fotografi bisa mengekspresikan bakat Dolaners. Dijamin foto yang dihasilkan akan memukau, dikarenakan pemandangannya yang menakjubkan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses untuk mencapai wisata Gedung Sate cukup mudah, hal ini dikarenakan letak dari Gedung Sate ini cukup strategis dan berada di jalan ramai lalu lintas. Jika Dolaners berpatokan dari jakarta jalan Tol gatot subroto,gelora – tol cikampek – masuk tol cipularang (sadang,purwakarta,bandung) – tol padalarang/cileunyi) – keluar memasuki tol pasteur (cimahi/pasteur/lembang) – lanjut jl. Dr junjunan – jalan layang pasupati – jl. Surapati – belok kanan jl.sentot alybasah – belok kanan ke jl.Diponegoro disini Dolaners sudah bisa melihat gedung sate
Untuk sampai ke kawasan wisata Gedung Sate Bandung, Dolaners bisa menggunakna kendaraan pribadi maupun kendaraan umu. Jika Dolaners ingin menggunakna kendaraan umum penjelasannya yakni Jika dari stasiun sisi selatan naik angkot 09 (Stasiun Hall-Dago) minta turun di perempatan Juanda/Dago-Diponegoro-Sulanjana. Kemudian dari sini Dolaners harus naik angkot 05 Ledeng-Cicaheum (arah Cicaheum) minta turun di depan Gedung Sate.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link