Gereja Katedral Jakarta

2479 views

Bangunan-bangunan yang menarik biasanya adalah bangunan bergaya klasik, apalagi yang beneran klasik usianya. Menikmati gurat yang dipahat oleh waktu pada bangunan-bangunan ini seakan menikmati cerita yang dibawanya, jauh melebihi umur manusia. Dipadu dengan keindahan arsitekturnya, tentu sayang bila dilewatkan. Ingin tahu seperti apa keindahan penuh cerita seperti ini di Jakarta? Yuk, ke Gereja Katedral-nya.

Gereja Katedral Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Aria Dharma

Nama Gereja Katedral memang lebih mudah diucapkan, tapi nama resmi tempat ibadah ini sebenarnya lebih panjang, Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga. Dalam Bahasa Inggris, gereja ini bernama St. Mary of the Assumption Cathedral. Sementara dalam Bahasa Belanda, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming. Nah, nama yang terakhir ini yang paling susah diucapkan oleh lidah orang Indonesia. Makanya, nama Gereja Katedral itulah yang paling populer meskipun ada gereja-gereja katedral di kota-kota lain di Indonesia.

Gereja Katedral di Jakarta ini dibangun pada awal tahun 1900-an, oleh jasa seorang arsitek Eropa. Tak heran, arsitektur gereja ini sangat khas Eropa, bahkan dalam iklim tropis. Gereja ini sempat disebut sebagai gedung yang terlampau kuat pada masa itu karena struktur bangunannya. Selain itu, material yang digunakan untuk membangun Gereja Katedral juga bahan-bahan bangunan terpilih. Bahkan konstruksi bangunan, yang berupa batu bata tebal berplester dengan susunan seperti pola batu alam, dikerjakan oleh seorang tukang batu dari Cina. Konstruksi batu ini dirancang untuk menunjang kekuatan kuda-kuda bangunan yang berbahan kayu jati. Tak pelak, hingga seabad kemudian, gereja ini masih tetap sanggup berdiri kokoh.

Arsitektur Gereja Katedral bertema neo-gotik. Denahnya berbentuk salip, berukuran 60 x 20 m, dengan patung Kristus Raja berada di halaman gereja. Dan seperti gereja katedral pada umumnya, yang khas pada gereja di Jakarta ini adalah menaranya. Menara Daud, hadiah dari Clemens George Marie van Arcken, dilengkapi dengan sebuah lonceng. Menara Gading, disumbang oleh Mr. Chasse, dilengkapi dengan sebuah lonceng pula, hanya lebih kecil. Menara dengan lonceng terbesar, Wilhelmus, adalah hadiah dari Mr. J.H. de Wit. Bagian interior Gereja Katedral lebih elegan lagi dengan ruang umat yang dihiasi dengan pieta replika karya Michaelangelo, lukisan Jalan Salib di atas ubin, pipe orgel buatan Belgia tahun 1988, serta foto wajah para uskup.


AKTIVITAS

Kuliner
Untuk mengisi perut, Dolaners harus keluar dulu dari area gereja. Di sekitar Gereja Katedral ini, Dolaners bisa ke Sumiya Japanese Restaurant, Brushetta Italian Restaurant, Rumah Makan Shantung, Restaurant Ayam Goreng Aroma, atau ke pilihan kuliner lain yang jaraknya tak sampai 500 m dari gereja.
Akomodasi
Dolaners tidak akan dipungut biaya apapun untuk masuk area gereja, bahkan untuk menikmati museumnya.
Kegiatan
Saat melintasi gerbang utama, Dolaners akan mendapati sebuah jendela bercorak Rosa Mystica, Rozeta, yang merupakan lambang Bunda Maria. Tiba di serambi, Dolaners bisa menemukan batu-batu pualam yang menjelaskan informasi-informasi penting tentang sejarah bangunan gereja ini. Di halaman samping gereja, Dolaners bisa melihat Goa Maria yang mirip sekali dengan Goa Maria di Lourdes, Perancis. Dolaners bisa juga mengunjungi museum gereja. Usia museum ini baru seperempat abad, tapi Dolaners bisa mendapati banyak hal menarik, seperti teks doa berbingkai, tongkat gembala Paus Paulus VI, kasula Paus Yohanes Paulus II, replika pastoran, lukisan Kusni Kasdut yang terbuat dari batang pohon pisang, replika perahu Pastor P. Bonnike, relikui santo, dan orgel pipa asli.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Alangkah baiknya bila kunjungan wisata Dolaners tidak dilakukan bertepatan dengan jadwal peribadatan di gereja. Jadi cek jadwal dulu, ya.
Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa menuju Gereja Katedral Jakarta. Kalau menggunakan angkutan umum, Dolaners bisa naik bus BS07, R507, GR1, P20, M07, 5C, atau T12.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link