Goa Kiskendo

362 views

Udah bosan sama destinasi wisata yang mainstream? Pantai, air terjun, gunung, atau semacamnya? Bagaimana dengan wisata budaya di Yogyakarta? Dolaners sudah sempat menyaksikan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan? Ada kisah Ramayana lagi di Kulon Progo lho, Dolaners. Kisah ini terpahat di dinding batu, dan Dolaners bisa menyaksikan lokasi kerajaan dalam kisah ini. Iya, inilah Goa Kiskendo. Destinasi ini memiliki tawaran wisata alam sekaligus budaya yang anti mainstream.

Goa Kiskendo, Goa Kiskendo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by udin_pandusetiajii

Goa Kiskendo lebih dari sekedar fenomena alam di Yogyakarta. Goa ini telah dinobatkan sebagai geoheritage karena keunikan dan muatan budayanya. Saratnya nilai budaya di kawasan Goa Kiskendo ini tampak pada sebuah dinding batu yang menampilkan relief kisah pewayangan Jawa, Ramayana. Bahkan, warga setempat percaya keberadaan goa ini terkait dengan legenda pertempuran Mahesa Suro dan Lembu Suro melawan Subali dan Sugriwa, para manusia kera.

Konon, Goa Kiskendo adalah Kerajaan Guwa Kiskenda yang diperintah oleh Prabu Mahesa Suro, yang juga kakak dari Lembu Suro, sang patih kerajaan. Dikisahkan, Mahesa Suro berkepala kerbau sedangkan Lembu Suro berkepala sapi, yang sama-sama sakti mandraguna bertubuh manusia tinggi besar. Mahesa Suro menitahkan patihnya untuk melamar Dewi Tara, putri Batara Indra. Lamaran yang ditolak mengakibatkan kahyangan porak poranda diserang pasukan Kerajaan Guwa Kiskenda dan Dewi Tara diculik dibawa ke bumi. Para dewa kemudian memerintahkan Subali membawa pulang Dewi Tara ke kahyangan dengan menyerang Kerajaan Guwa Kiskenda bersama adiknya, Sugriwa, yang berjaga di pintu Goa Kiskendo. Karena kesalahpahaman diantara kakak beradik ini, Sugriwa menikah dengan Dewi Tara, hingga membuat Subali marah. Resi Gotama, sang ayah, melerai sekaligus mengutuk Subali. Kisah ini berakhir dengan Sugriwa dan Dewi Tara menjadi penguasa Kerajaan Pancawati di Goa Kiskendo.

Bila ditilik dari kejadian alamnya, Goa Kiskendo terbentuk dari resapan air yang berlangsung selama ratusan tahun. Melewati mulut goa, Dolaners dihantarkan turun ke dalam oleh serangkaian anak tangga. Jembatan dengan batas pengaman yang telah terbangun di dalam gua akan sangat membantu Dolaners menjelajah bagian dalam Goa Kiskendo. Goa ini memanjang sejauh lebih kurang 600 meter, dengan banyak relung bercabang serta stalaktit dan stalagmit di segenap sudut. Beberapa area di dalam goa tampak terawat untuk ritual tertentu. Meskipun penerangan di dalam Goa Kiskendo telah dibantu oleh beberapa bola lampu listrik, suasana remang tetap terasa. Bahkan masih banyak ruang yang belum terjangkau oleh penerangan.

Keluar dari Goa Kiskendo, Dolaners akan disambut kembali oleh udara segar Kulon Progo yang sejuk dan matahari yang bersinar cerah. Tapi masih ada serangkaian tanjakan anak tangga lagi sebelum Dolaners tiba di tepi Jalan Goa Kiskendo.


AKTIVITAS

Kuliner
Destinasi wisata geopark ini masih terhitung sepi pengunjung, jadi bisa dibilang agak sulit juga menemukan penjaja makanan di sekitarnya. Bila Dolaners memang bersiap untuk cave walking, pastikan semua perbekalan makanan dan minuman siap dan cukup.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Kegiatan
Udara yang sejuk, ditambah dengan tersedianya lahan lapang di sekitarnya, menjadikan Goa Kiskendo pilihan camping ground yang berbeda. Tak jauh dari mulut Goa Kiskendo, terdapat Goa Sumitro. Dolaners bisa sekalian eksplor ke goa yang memiliki sungai bawah tanah ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Dolaners akan memerlukan kendaraan tangguh untuk mencapai wilayah Kulon Progo di mana Goa Kiskendo ini berada. Sebabnya, Dolaners akan melalui medan yang tak mudah, naik turun dengan tanjakan yang lumayan curam meskipun jalannya sudah teraspal baik. Lokasi Goa Kiskendo tak jauh dari Polsek Girimulyo, dekat pula dengan destinasi wisata alam lain, yaitu Curug Grojogan Sewu dan Goa Kidang Kencana.
Goa Kiskendo berjarak sekitar 30-an kilometer dari Kota Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta, Dolaners bisa langsung mengarahkan kendaraan menuju Jalan Godean, terus saja hingga tiba di Jalan Goa Kiskendo. Atau, Dolaners bisa juga menempuh rute melalui Wisata Alam Kalibiru.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link