Goa Pawon

831 views

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Bandung juga terkenal dengan wisata sejarahnya. Salah satunya adalah Goa Pawon. Lokasi wisata sejarah yang satu ini memiliki letak lokasi di wilayah Bandung Barat. Goa Pawon ini merupakan sebuah situs sejarah purbakala dan bahkan pada bulan Maret 2017 silam disini ditemukan fosil manusia yang diperkirakan sudah berusia 9.500 tahun.

Goa Pawon Bandung

Photo via Anisya Yurmaniar

Goa Pawon merupakan sebuah goa alami dan menjadi salah satu situs purbakala yang tepatnya berlokasi di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Goa Pawon ini sendiri terletak sekitar 25 km dari arah barat kota Bandung. Tempa wisata sejarah yang satu ini merupakan sebuah tempat yang terbilang sangat penting bagi orang Sunda karena menurut penelitian disanalah tempat awal mula berkumpulnya nenek moyang orang Sunda yang sekarang sebagian besar menduduki wilayah Jawa Barat. Di tempat ini sering ditemukan fosil manusia dan fosil tersebut masih diteliti oleh para arkeologi.

Bagi dolaners yang merupakan pecinta wisata sejarah, Goa Pawon bisa menjadi pilihan yang tepat. Di tempat ini banyak ditemukan berbagai jenis peralatan zaman purba yang bahannya terbuat dari bahan obsidian, kalsidon, rijang, kwarsit, dan andesit yang bentuknya menyerupai gelang batu, penyerut, anak panah, pisau, dan juga batu asah yang diperkirakan berasal dari zaman Preneolitik. Di Goa Pawon juga banyak ditemukan berbagai artefak yang dibuat pada zaman purbakala seperti perhiasan, spatula, gerabak, dan sebagainya.

Lokasi Goa Pawon berada pada ketinggian 601 mdpl dengan panjang 38 meter dan memiliki lebar sekitar 16 meter. Untuk tingginya sendiri tidak diketahui karena pada bagian atas Goa Pawon sudah ada yang roboh. Di goa ini juga terdapat kamar-kamar dan juga jendela yang tampak alami. Di lokasi wisata Goa Pawon Bandung, dolaners tak hanya akan disuguhi oleh wisata sejarah, dolaners tentunya juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar Pawon Cave Bandung karena letaknya berada di ketinggian. Tentunya tempat ini juga sangat photogenic dan bisa dolaners gunakan sebagai tempat berfoto-foto ria.


AKTIFITAS

Kuliner
Di lokasi wisata Goa Pawon hanya ada beberapa warung penyedia makanan, itupun lokasinya berada di gerbang masuk Goa Pawon, Bandung. Sebaiknya, dolaners mempersiapkan makanan dan juga minuman yang cukup saat berkunjung di Goa Pawon karena perjalanan dolaners akan sedikit menguras tenaga.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk : Rp. 6.000,-/orang
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 2.000,-
Kegiatan
Di lokasi wisata sejarah Goa Pawon, para dolaners bisa mengenal lebih jauh tentang kehidupan manusia pada zaman purbakala dengan mengeksplor lebih jauh keadaan dan benda-benda yang terdapat di sekitar Pawon Cave. Selain itu, dolaners juga bisa untuk menikmati keindahan alam sambil berfoto-foto ria di sekitar lokasi wisata Goa Pawon karena memang pemandangan di sekitarnya sangat indah.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk dolaners yang memiliki rencana untuk mengunjungi Goa Pawon ini dengan nyaman, sebaiknya dolaners mengikuti beberapa tips di bawah ini :
  1. Usahakan berkunjung ke kawasan wisata Goa Pawon ini pada saat cuaca cerah.
  2. Persiapkan masker jika dolaners tidak kuat dengan bau kotoran kelelawar yang dipastikan akan menemani perjalanan dolaners di Goa Pawon Bandung.
  3. Perhatikan berbagai tanda-tanda larangan yang sudah dibuat di sisi ataupun ruang goa.
  4. Selalu menjaga ucapan dan jangan takabur.
  5. Selalu jaga kebersihan.
  6. Jangan mencoret-coret dinding goa
Dolaners bisa menuju ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Jika dolaners memulai perjalanan dari arah Kota Bandung, maka silahkan langsung saja menuju Kota Baru Parahyangan yang bisa ditempuh melalui tol ataupun akses jalan biasa. Setelah dolaners sampai di Kota Baru Parahyangan, maka silahkan ikuti jalan untuk menuju ke daerah Cianjur. Jarak antara Kota Baru Parahyangan ke Goa Pawon sekitar kurang lebih 10 km. Berhati-hatilah karena jalan menuju Cianjur ini banyak tikungan dan ada beberapa ruas jalan yang kondisinya kurang baik ataupun bergelombang.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link