Gumuk Pasir Barchan

206 views

Gumuk Pasir Barchan? Di Yogyakarta? Yup! Gumuk pasir ini berada di wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tapi kan, gumuk pasir di Yogyakarta itu namanya Gumuk Pasir Parangkusumo? Yup! Tepat sekali. Gumuk Pasir Parangkusumo dan Gumuk Pasir Barchan sebenarnya ya satu lokasi. Nama Barchan hanya menunjukkan jenis gumuk pasir yang ada di kawasan Parangkusumo. Nah, gak bingung lagi kan, Dolaners?

Gumuk Pasir Barchan by ratihsukmaresi

Gumuk Pasir Barchan by ratihsukmaresi

Gumuk pasir adalah salah satu bukti kekayaan alam Yogyakarta. Bagaimana tidak, Gumuk Pasir Barchan atau Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah yang satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Berbeda dari gurun atau padang pasir, gumuk pasir merupakan bentang alam yang terbentuk oleh penumpukan pasir dalam jumlah besar. Faktor alam yang sangat mempengaruhi proses penumpukan pasir ini adalah angin. Trus pasirnya berasal dari mana, nih?

Seperti Dolaners ketahui, Yogyakarta memiliki sebuah gunung berapi aktif, yaitu Gunung Merapi. Setelah terjadi erupsi, pasir vulkanik Gunung Merapi mengendap di sungai-sungai yang bermuara di pesisir pantai wilayah selatan Yogyakarta, antara lain Sungai Progo dan Sungai Opak. Pasir vulkanik yang mengendap di kawasan pesisir ini kemudian terbawa angin dari Samudra Hindia, hingga lama kelamaan terkumpul di satu lokasi, di Parangkusumo ini.  Berada di kawasan pesisir hingga dikategorikan sebagai coastal dunes, tipe gumuk pasir atau sand dune barchan ini berbentuk bulan sabit atau konkaf dengan ketinggian antara 5 hingga 15 meter, struktur yang sempurna untuk berseluncur di atas papan – sandboarding.

Keunikan Gumuk Pasir Barchan tak selesai sampai pada bentuk fisiknya saja. Teorinya, tipe barchan berada di wilayah iklim kering dan setengah kering, seperti di Turkistan ataupun wilayah-wilayah pedalaman padang pasir yang lain. Kenyatannya, pesisir Yogyakarta yang beriklim tropis basah memiliki tipe Gumuk Pasir Barchan. Karenanya, gumuk pasir ini termasuk fenomena alam yang langka.

Karena kawasan ini berupa hamparan pasir, suasananya tak beda jauh dari padang pasir. Disebabkan oleh karakteristik pasir yang mudah menyerap dan melepas panas, suhu siang hari di kawasan ini sangat panas dan suhu malamnya sangat dingin. Jadi, waktu terbaik untuk menikmati suasana Gumuk Pasir Barchan dan seru-seruan sandboarding adalah saat pagi atau sore hari, ketika matahari tak bersinar terik.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berada di wilayah Kabupaten Bantul, Gumuk Pasir Barchan masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Parangtritis, destinasi wisata yang sudah sangat populer di Yogyakarta. Jadi, untuk menuju Gumuk Pasir Barchan, Dolaners juga bisa berpatokan pada rute menuju Pantai Parangtritis.
Gumuk Pasir Barchan berada di antara Pantai Depok dan Pantai Parangtritis, bahkan ketiga destinasi wisata ini bisa ditempuh dengan jalan kaki santai saja. Bila menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Yogyakarta, Dolaners laju saja ke arah selatan, ke Jalan Parangtritis. Sebelum pintu masuk Pantai Parangtritis, Dolaners belok kanan menuju pintu masuk Pantai Depok. Sebelum tiba di pintu masuk Pantai Depok, Dolaners sudah sampai di Gumuk Pasir Barchan atau Gumuk Pasir Parangkusumo.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link