Gunung Arjuno

2822 views

Sebuah nama yang diambil dari tokoh pewayangan Mahabharata, Arjuna. Nama yang melekat erat bersama karakter maupun tradisi yang kemudian disajikan dalam wisata gunung Arjuno dan dinikmati oleh para generasi nusantara.

Gunung Arjuno

Photo by malangonline.com

Gunung Arjuno adalah salah satu gunung yang kaya dengan wisata indah di Jawa Timur, tepatnya berada tepat di perbatasan kota Batu, Malang, Pasuruan dan Mojokerjo. Gunung yang cukup akrab bagi Dolaners ini merupakan gunung tertinggi urutan ke-3 dari urutan gunung tertinggi sebelumnya yaitu gunung Semeru dan gunung Raung. Gunung Arjuno memiliki satu titik punggung yang sama dengan puncaknya yaitu gunung welirang. Oleh sebab itu gunung ini disebut dengan “Arjuno Welirang”.

Wisata gunung Arjuna yang paling populer adalah kegiatan pendakian terlebih bagi pemuda-pemudi yang hobi dalam kegiatan pendakian. Biasanya gunung Arjuna dicapai dalam 3 titik pendakian yait Tretes, Batu dan Lawang. Sedangkan kompleks Arjuno Welirang sendiri terletak pada dua gunung berapi yang tergolong lebih tua yaitu gunung Lincing di sebelah selatan dan gunung Ringgit di sebelah timur. Gunung ini emang sangat diminati dalam tujuan aktifitas pendakian karena selain memiliki ketinggian diatas 3000 m juga ada beberapa obyek wisata.

Obyek wisata yang melengkapi kegiatan pendakian ini adalah ari tejun dan salah satu air terjun yang paling sering dikunjungi adalah air terjun Kakek Bodo. Wisata ini juga merupakan salah satu jalur dalam kegiatan pendakian menuju puncak Gunung Arjuno. Keindahan kawasan ini juga ditambah dengan paduan mata air yaitu mata air sungai Brantas dari simpanan yang berasal dari air di Gunung Arjuno Malang.

Ketika Dolaners ingin mendaki Gunung Arjuno ini, Dolaners bisa melewati berbagai arah yaitu arah selatan dari karangploso, arah barat dari Batu Selecta, arah timur dari Lawang, arah utara dari Tretes dan bisa juga dari Sumberawan Singosari. Jika Dolaners adalah seseorang yang gemar dengan pendakian, maka pergi ke tempat wisata Gunung Arjuno adalah pilihan yang tepat bagi Dolaners.

Taklukkan tantangan pendakian ke Gunung Arjuno dalam jiwa pendaki yang kokoh pada diri Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata Gunung Arjuno disarankan untuk membawa perbekalan yang diperlukan dari rumah, karena meskipun disini terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan air minum, kebanyakan warung tersebut hanya buka di setiap weekend saja. Selain itu warung warung hanya ada di kawasan lereng gunung saja. Namun Dolaners harus tetap ingat, sampah bekas perbekalan harus dibawa turun kembali dan dilarang membuang di kawasan wisata Gunung Arjuno.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
Kegiatan
Gunung Arjuno merupakan salah satu tujuan pendakian di Jawa Timur. Di samping tingginya yang telah mencapai lebih dari 3000 meter, di gunung ini terdapat beberapa objek wisata. Salah satunya adalah objek wisata air terjun Kakek Bodoyang juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuno. Meskipun selain objek wisata air terjun Kakek Bodo terdapat pula air terjun lain, tetapi para wisatawan jarang yang mendatangi air terjun lainnya, mungkin karena letak dan sarana wisatanya kurang mendukung. Di kawasan lerengnya juga terdapat mata air Sungai Brantas yang berasal dari simpanan air Gunung Arjuno. Mata air Sungai Brantas terletak di Desa Sumber Brantas, Bumiaji, Kota Batu yang merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa setelah Sungai Bengawan Solo. Beberapa destinasi wisata yang terkenal hingga ke seluruh Indonesia maupun luar negeri juga terletak di lereng Gunung Arjuno, di antaranya adalah Tretes, Kota Wisata Batu, dan Taman Safari Indonesia 2.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Mendaki Gunung Arjuno dari kota Lawang merupakan awal pendakian yang praktis karena kota Lawang mudah sekali kita tempuh baik dan arah Surabaya maupun Malang, selain itu Puncak Gunung Arjuno dapat langsung Dolaners tuju dan arah ini. Bila Dolaners menginginkan mendaki dari kota Lawang, dari arah Surabaya Dolaners naik bus jurusan Malang dan turun di Lawang ( kira – kira 76 Km ) dan bila dari Malang, dari Terminal Arjosari kita naik bus menuju Lawang dengan jarak 18 Km. Dan Lawang, Dolaners naik kendaraan umum ( angkutan desa ) menuju desa Wonorejo sejauh 13 km. Pendakian ke puncak Gunung Arjuno dimulai dari desa ini menuju ke Perkebunan Teh desa Wonosari sejauh 3 km.
Jika Dolaners menggunakan angkutan umum untuk sampai ke lereng wisata Gunung Arjuno, Dolaners bisa naik bus jurusan malang – surabaya dari terminal arjosari dan minta berhenti di Lawang, dari Lawang Dolaners bisa naik angkutan desa berkode SLKW menuju kebun teh wonosari. Perjalanan Dolaners akan dimulai dari sini menuju puncak Gunung Arjuno.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link