Gunung Guntur

2272 views

Gunung Guntur, sebuah gunung yang tidak terlalu tinggi namun untuk menaklukkannya dibutuhkan perjuangan yang cukup keras. Gunung api stratovulcano dengan tinggi 2249 mdpl ini memang telah terbukti mampu menyihir mata para pendaki dengan pesona bentang alamnya. Pemandangan alam yang indah dan asri adalah daya tarik utama yang akan mampu membuat dolaners betah berlama-lama.

Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat - Indonesia

Photo via Khaerudin

Gunung Guntur merupakan sebuah gunung api stratovulcano yang memiliki lokasi di wilayah Kecamatan Tarogong Kaler di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tinggi Gunung Guntur ini hanya 2249 mdpl, namun dolaners perlu perjuangan ekstra untuk menaklukkannya karena jalur menuju puncak Gunung Guntur ini cukup terjal. Normalnya, gunung ini bisa didaki dalam waktu 4 jam perjalanan dari pos pendakian yang terdapat di Desa Tanjung. Pendaki pertama Gunung Guntur Garut adalah seorang pria berkebangsaan Jerman yang bernama Frans Junghun di tahun 1837.

Banyak objek menarik yang bisa dolaners nikmati di sekitar lokasi wisata Gunung Guntur ini. Objek wisata yang terdapat di sepanjang jalur pendakian Gunung Guntur tersebut antara lain pemandian air panas, sungai dan juga Air terjun Citiis. Panorama kawah dan juga pemandangan alam sekitarnya juga tak kalah indahnya. Jika dolaners betah untuk berlama-lama, maka dolaners bisa pula bermalam dengan mendirikan tenda. Pastinya, pada malam hari di saat cuaca cerah mata dolaners akan kembali dimanjakan dengan pemandangan langit malam Gunung Guntur dengan taburan jutaan bintang yang berpijar terang.

Ketika sunrise atau matahari terbit, dolaners akan melihat spektrum warna jingga yang berada di batas cakrawala dan tentunya pemandangannya akan sangat menawan. Dolaners akan bisa melihat kota Garut yang masih tampak tertidur dengan pijaran lampu kota yang masih menyala. Kemudian dari kejauhan kokohnya Gunung Galunggung juga membuat perpaduan cantik yang sangat menarik. Semakin tinggi posisi matahari, maka akan semakin kelihatan betapa megahnya alam raya ini. Selang beberapa jam kemudian, dari kejauhan juga akan tampak Gunung Cikuray dengan wujud segitiga sama sisi yang sempurna. Kemudian juga muncul Gunung Papandayan yang terlihat selalu berasap dan pada bagian utara dolaners akan tampak Gunung Ciremai yang merupakan Gunung paling tinggi di Provinsi Jawa Barat. Jika cuaca sangat cerah, maka dari kejauhan juga akan muncul Gunung Slamet yang terlihat masih terus murka.


AKTIFITAS

Kuliner
Seperti melakukan pendakian gunung lain pada umumnya, dolaners harus menyiapkan bekal makanan dan minuman terlebih dahulu sebelum mendaki Gunung Guntur ini. Terlebih lagi setelah dolaners melewati Air Terjun Citiis, maka dolaners akan sulit untuk menemukan sumber air.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk : Seikhlasnya
Kegiatan
Di lokasi wisata alam Gunung Guntur ini, dolaners akan disajikan pemandangan alam yang sangat indah. Dolaners bisa untuk bermalam disini sambil menikmati eksotisnya pesona yang ditawarkan oleh Gunung Guntur ini. Namun, jika dolaners hanya ingin menghabiskan satu hari saja tanpa bermalam, sebenarnya juga bisa dilakukan. Hanya saja hal ini akan membuat dolaners terlalu lelah. Tidak hanya pada bagian puncaknya, di sepanjang jalur pendakian Gunung Guntur ini, dolaners juga akan menemukan banyak lokasi wisata lain seperti pemandian air panas, sungai, dan yang paling diminati adalah Air Terjun Citiis.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bagi dolaners yang tertarik mendaki Gunung Guntur, sebaiknya menyimak beberapa tips berikut ini :
  1. Jalur menuju puncak Guntur merupakan areal terbuka dengan sinar matahari yang tentunya akan langsung menyengat kulit dolaners. Sebaiknya kegiatan pendakian dilakukan pada saat pagi atau sore hari karena kondisi cuaca akan terasa lebih sejuk.
  2. Persiapkanlah bekal minum dari Air Terjun Citiis karena di sepanjang rute perjalanan selanjutnya dolaners tidak akan menemukan lagi sumber air.
  3. Bawalah masker dan topi untuk melindungi dolaners dari panas dan debu pada saat dolaners melintasi jalur pendakian.
  4. Sebaiknya pendakian dilakukan di bulan Juni karena pemandangannya akan lebih cantik dengan panorama ilalang yang cantik dengan berwarna merah muda.
  5. Jika dolaners hendak mendirikan tenda di area puncak, sebaiknya dolaners mencari lokasi yang cukup terlindung. Kemudian, ikatlah tenda dengan kuat karena tiupan angin kencang sering datang terlebih lagi pada saat musim kemarau.
Untuk menuju ke pos pendakian Gunung Guntur, maka dolaners bisa menggunakan jasa angkutan umum tujuan Cipanas dari pusat Kota Garut. Kemudian, dari Cipanas, dolaners bisa menumpang truk pasir yang berlalu lalang untuk menuju pos pendakian yang berada di Citiis dan membayar seikhlasnya. Kemudian, dari sinilah pendakian dolaners akan dimulai. Dolaners akan menemui jalur menuju puncak Gunung Guntur yang sudah diberi penunjuk arah.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link