Gunung Kawi

5054 views

Hawa sejuk dan udara bersih yang melingkupi alam sekitar gunung Kawi semakin terasa dengan banyaknya pohon-pohonbesar nan rindang hingga menambah asrinya tempat bersejarah nan unik ini dan layak dikunjungi.

Gunung Kawi

Photo by tourismkabupatenmalang.com

Gunung Kawi adalah salah satu gunung berapi yang berada di kecamatan Wonosari kabupaten Malang. Ketika mendengar ungkapan Gunung Kawi maka yang terlintas di benak Dolaners pasti adalah mitos pesugihan di gunung tersebut. Entah kepercayaan tersebut benar adanya atau tidak hal itu tergantung Dolaners sendiri bagaimana menyikapinya. Namun masyarakat bahkan hingga hampir diseluruh lapisan tanah air mempercayain bahwa gunung ini bisa memberikan berkah tersendiri bagi banyak usaha.

Ketika Dolaners datang ke gunung ini untuk berwisata, maka Dolaners akan merasakan suasana magis yang sangat kental. Ini dikarenakan ada wisata pesarean di Gunung Kawi Jawa Timur. Di sini juga ada ada sejumlah pentilasan atau tempat untuk berdoa dan memohon berkat atas kesuksesan jodoh, usaha dan hal-hal lainnya. Selain itu, ada pula tempat pemujaan untuk dikunjungi di kawasan ini yaitu pohon beringin berakar lia yang sudah tua dan makam Raden Ayu Tunggal Wati dan Eyang Jayadi yang merupakan keturunan raja Keddiri 1221 M.

Gunung Kawi ini juga dikenal sebagai sebuah kota di daerah pegunungan, Dolaners akan menyaksikan pemandangan dengan ragam arsitektur Tiongkok yang sangat khas dalam sepanjang perjalanannya. Ada pula Klenteng atau Kil tempat ibadah para pengikut Kong Hu Cu. Namun masyarakat lokal lebih cenderung datang ke gunung yang terletak di kabupaten Malang ini dalam rangka wisata pesarean.

Wisata pesarean di Gunung Kawi Malang ini terletak dilereng gunung yang ketinggiannya berada pada 800 mdpl. Pesarean ini tidaklah nampak angker layaknya makam pada umumnya. Daerah sekitar pemakaman bahkan dikelilingi oleh rumah penduduk yang tak takut akan misterinya. Suasana ini layaknya sebuah kota kecil diatas gunung, fasilitas pun memadai sehingga segala kebutuhan masyarakat dan pengunjung tercukupi mulai dari akomodasi hingga makanan.

Wisata pendukung lain yang melengkapi wisata pesarean di gunung Kawi, bisa Dolaners dapatkan dengan mengunjungi pemandian sumber maggis dan sumber urip. Pastikan Dolaners segera membuat planning kesana.

Daya pikat luar biasa dalam wisata religi gunung Kawi didukung dengan wisata lain yang membat pengunjung semakin nyaman menikmatinya.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata Gunung Kawi Malang tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Wisata Gunung Kawi ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan, tanaman hias, hingga yang menjadi ciri khas oleh oleh adalah ubi ubi dijajakan disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 3.000,-
Biaya Sewa Kamar di Pengianapan : mulai dari Rp. 50.000,-
Kegiatan
Obyek wisata Gunung Kawi ini banyak dikunjungi wisatawan yang khususnya memiliki kepercayaan bahwa Gunung Kawi bisa memberikan banyak berkah pada berbagai usaha. Saat berkunjung ke gunung ini, suasana magis akan terasa sangat kental. Terdapat beberapa tempat atau petilasan untuk orang-orang yang berdoa dan memohon berkat untuk kesuksesan usaha, jodoh atau banyak hal lainnya. Di lokasi ini juga terdapat beberapa tempat pemujaan, seperti pohon beringin tua berakar lima, makam Eyang Jayadi dan Raden Ayu Tunggul Wati yang merupakan keturunan Raja Kediri bertarikh 1221 Masehi.

Gunung Kawi juga dikenal sebagai ‘kota’ di pegunungan. Di sepanjang jalan menuju gunung Kawi Malang, Dolaners akan disuguhi dengan pemandangan berupa arsitektur khas Tiongkok. Ada pula kuil atau kelenteng tempat para pengikut Kong Hu Chu menjalankan ibadah. Di tempat ini juga terdapat banyak losmen atau motel sebagai sarana menginap para peziarah atau pengunjung Gunung Kawi.

Selain pesarean yang menjadi tujuan utama peziarah, ada beberapa tempat lain yang bisa Dolaners kunjungi di sekitar lokasi pesarean, diantaranya:

  • Rumah Padepokan Raden Mas Imam Soedjono
  • Tempat dua buah guci peninggalan mbah Djoego
  • Pemandian Sumber Manggis
  • Pemandian sumber Urip

Sedangkan untuk tempat ibadah diantaranya terdapat :

  • Masjid Al Mukharommah, Masjid ini terletak di sebelah kiri makam.
  • Masjid Agung Imam Soedjono, Masjid ini terletak 500 meter sebelum pesarean.
  • Tempat Peribadatan Dewi Kwan Im dan Ciamsi, yang berada di depan gapura pesarean.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Gunung Kawi dapat ditempuh dari Kota Malang selama hampir 2 jam perjalanan, melewati Kota Kepanjen Kabupaten Malang. Dari sini, banyak petunjuk jalan menuju arah Gunung Kawi dan dari kejauhan sudah kelihatan puncak gunung. Semakin mendekati arah gunung, jalan semakin naik. Beberapa kali tanjakan dan tikungan tajam. Sesampainya disana, ada tulisan “Lokasi Wisata Ritual Pesarehan Gunung Kawi”. Untuk mencapai lokasi tujuan, Dolaners harus jalan kaki kira-kira 150-200 meter.
Mengunjungi Pesarehan Gunung Kawi menggunakan angkutan umum bisa menjadi solusi murah. Dolaners bisa mencapai terminal Arjosari di kota Malang dan mencari bus jurusan Malang – Blitar dengan tarif Rp. 5.000,- selanjutnya turun di Talang Agung atau Kepanjen, silahkan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan desa berwarna biru laut ke Gunung Kawi dengan update tarif yang ditetapkan Dishub Kab. Malang sebesar Rp. 10.000,-

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link