Gunung Putri Lembang

3603 views

Jika para dolaners sedang mencari tempat yang berada di ketinggian dengan udara sejuk yang sangat khas sambil menikmati indahnya pemandangan alam Lembang dan sekitarnya, maka Gunung Putri Lembang adalah jawabannya. Dengan letak yang tak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, maka Gunung Putri Bandung ini merupakan salah satu primadona wisata gunung yang lokasinya mudah dijangkau dari Pusat Kota Bandung.

Putri Mountain Bandung

Photo via Wanto Hendra

Gunung Putri Lembang ini memiliki ketinggian yang mencapai 1587 Mdpl, dan tidaklah terlalu sulit bagi para dolaners untuk bisa sampai ke sini. Gunung Putri Lembang merupakan sebuah pegunungan indah yang ada di Bandung yang letak lokasinya berada di wilayah Bandung Barat dan secara geografis terletak tidak jauh dari Gunung Tangkuban Perahu. Tempat ini tentunya akan menjadi sangat mengasyikan bagi para dolaners yang memiliki keinginan untuk merefresh pikiran dari hiruk pikuk pekerjaan karena pemandangan alamnya yang sangat indah dan tentunya cukup mudah untuk dijangkau dari arah kota Bandung.

Salah satu hal yang menarik lainnya yang terdapat di puncak Gunung Putri Lembang ini adalah dengan adanya sebuah benteng yang merupakan saksi sejarah peninggalan zaman kolonial Belanda dulu. Meskipun demikian, keadaanya saat ini sangat memprihatinkan, terbengkalai dan terlihat tidak terurus dimana bangunannya sudah tertutupi ilalang dan gundukan tanah. Tidak banyak yang tahu mengenai sejarah Benteng Belanda yang ada di Gunung Putri ini. Sebagian masyarakat sekitar lokasi biasa menyebutnya dengan Benteng Gunung Putri atau Benteng Jayagiri. Ukuran bentengnya lumayan besar. Konstruksi bangunan benteng ini terlihat masih kuat, dimana pada bagian atas benteng tersebut tertutupi oleh timbunan tanah dansudah banyak ditumbuhi oleh ilalang serta liarnya semak belukar. Benteng ini dibangun oleh colonial Belanda antara tahun 1913-1917, pada masa Perang Dunia pertama.

Hal unik lainnya yang terdapat di Gunung Putri Lembang Bandung. Gunung ini juga sangat erat kaitannya dengan legenda Sangkuriang dimana tempat yang indah ini diyakini sebagai tempat pelarian serta tempat persembunyian Dayang Sumbi saat dikejar oleh sang anak, yakni Sangkuriang. Hal ini terjadi karena Dayang Sumbi tidak mau untuk dinikahi oleh anaknya sendiri. Selain itu, lokasinya sangat dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu. Tentunya, dengan adanya perpaduan antara sejarah, keindahan, serta misteri yang terdapat di Gunung Putri Lembang ini, sangat saying rasanya bagi para dolaners untuk tidak memasukkan tempat ini sebagai salah satu daerah tujuan wisata dolaners yang ada di sekitar kota Bandung saat musim liburan tiba.


AKTIFITAS

Kuliner
Seperti mendaki gunung lainnya, tentunya tpara dolaners harus menyiapkan bekal terlebih dahulu sebelum dolaners mendaki Gunung Putri Lembang ini. Apalagi bagi para dolaners yang ingin bermalam dan berkemah di tempat ini, sangat disarankan untuk membawa bekal makanan yang cukup.
Akomodasi
Biaya Parkir : Rp. 5.000,-
Tiket Masuk Kawasan wisata Gunung Putri Lembang : Rp. 5.000,-/orang
Kegiatan
Di Gunung Putri Lembang ini para dolaners bisa untuk menikmati pemandangan alam berupa sunset dan sunrise yang sangat indah dengan suhu yang sangat sejuk. Selain itu, para dolaners juga disajikan dengan wisata sejarah berupa Benteng Jayagiri yang terdapat di puncak Gunung Putri Lembang ini dan tentunya para dolaners bisa untuk mengambil foto dengan view yang sangat indah dari tempat ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bagi para dolaners yang mengunjungi Gunung Putri Lembang ini diharapkan menjaga kebersihan Gunung Putri Lembang ini dengan memungut kembali sampah-sampah yang dolaners hasilkan selama berada di Gunung Putri Lembang, Bandung. Selain itu, diharapkan kepada para dolaners untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar norma di tempat wisata yang indah ini.
Para dolaners bisa untuk mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Bagi para dolaners yang menggunakan kendaraan pribadi bisa memarkir kendaraan di kaki Gunung Putri Lembang sebelum memasuki gerbang dan membayar karcis.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link