Gunung Tangkuban Perahu

916 views

Wisata alam yang memiliki suasana sejuk nan segar ini menawarkan nilai sejarah juga bagi keluarga dan buah hati dolaners. Tempat wisata yang terkenal dengan cerita rakyatnya ini akan membuat para buah hati mendapatkan nilai edukasi yang bermanfaat.

Tangkuban Perahu

Photo by desibanjara.com

Salah satu tempat wisata di Lembang Bandung yang terkenal adalah Tangkuban Perahu. Merupakan sebuah wisata pegunungan yang memberikan keindahan alam yang sangat asri, dengan udara khas pegunungan yang sejuk. Gunung Tangkuban Perahu ini berada di ketinggian 2084 meter dari atas permukaan laut, dan terkenal sebagai gunung yang memiliki cerita rakyat yang sudah melegenda. Karena kawasan pegunungan, jadi udaranya juga sangat dingin. Pada malam hari mencapai suhu sekitar 2 derajat celcius dan 1 derajat celcius pada siang hari.

Di Gunung Tangkuban Perahu terdapat cerita rakyat yang tentu Dolaners sudah kenal. Legenda itu adalah Sangkuriang. Di kisahkan Sangkuriang ini merupakan anak dari Dayang Sumbi, yang kemudian jatuh cinta pada ibunya sendiri. Untuk menggagalkan niat anaknya agar tidak menikahinya, Dayang Sumbi mengajukan syarat kepada Sangkuriang untuk membuatkanya sebuah telaga beserta perahu dalam waktu semalam. Karena usahanya untuk memenuhi permintan Dayang Sumbi tidak berhasil, maka Sangkuriang marah dan menendang perahu yang di buatnya tersebut hingga tergeletak dalam keadaan terbalik. Dan kemudian perahu itulah yang di anggap sebagai Tangkuban Perahu.

Di sekitar area Gunung Tangkuban Perahu Bandung, terdapat tumbuhan pohon pinus dan kebun teh yang tentunya menambah hawa segar dan dingin. Namun, pemandangan inilah yang sebenarnya di nantikan oleh para Dolaners, khususnya yang berasal dari kota-kota besar. Kepenatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari serasa sirna ketika Dolaners berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu. Nah, bagi Dolaners yang mengajak buah hati singgah di kawasan wisata ini juga bisa memperkenalkan cerita rakyat yang sudah terkenal tersebut, sebagai sarana edukasi bagi si buah hati. Pasti sangat jarang berwisata sambil mengajarkan nilai moral dan sejarah bagi si anak, tetapi disini Dolaners bisa melakukannya dengan baik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kompleks wisata kawah Gunung Tangkuban perahu berada di kota Lembang dan berbatasan langsung dengan Ciater Subang. Daerah wisata ini mudah sekali untuk di akses. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa menggunakan rute Bandung – Lembang – Ciater . Anda tinggal mengikuti jalan Setia Budhi menuju ke Lembang, dan belok kanan ke arah Subang dari bunderan Lembang. Dolaners tidak perlu khawatir tersesat karena banyak rambu informasi disepanjang jalan. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa naik angkutan kota Stasiun Hall – Lembang, berhenti di terminal Lembang, dan di sambung dengan angkot lembang – cikole. Alternatif lainnya adalah dengan naik elf atau angkutan sejenis ke arah subang dari terminal ledeng di jalan setiabudhi bandung atau dari terminal lembang. Dari arah Bandung, nanti Dolaners akan menemukan jalan masuk ke Tangkuban Perahu di sebelah kiri jalan tepat setelah hutan pinus Cikole. Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan angkutan khusus yang akan membawa Dolaners ke lokasi dari gerbang masuk.
Untuk sampai ke kawasan wisata alam Tangkuban Perahu Bandung, Dolaners bisa menggunakna kendaraan pribadi maupun kendaraan umu. Jika Dolaners ingin menggunakna kendaraan umum penjelasannya yakni, dari Bandung Kota naik angkot atau Damri ke Terminal Ledeng. Di Ledeng, jika ada naik angkutan yang langsung ke Tangkuban Perahu (trayek tidak resmi) ongkos Rp. 6.000 – Rp. 10.000. Jika tidak ada, naik ELF jurusan Subang dan turun di tepi jalan masuk ke Tangkuban Perahu (Rp. 8.000 – Rp. 10.000). Kemudian Dolaners membeli tiket masuk Tangkuban Perahu dulu kemudian baru cari angkutan untuk ke atas. Jangan mau jika ditawari angkutan omprengan dengan ongkos lebih dari Rp. 20.000. Dolaners harusa pandai menawar semurah mungkin. Jika mau lebih murah jangan malu untuk nebeng. Terkadang cukup banyak angkutan bak terbuka yang menuju ke kawah. Mereka sangat welcome memberikan tumpangan kepada Dolaners secara Gratis.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link