House of Sampoerna Surabaya

949 views

Jalan-jalan ke area kota tua Surabaya takkan lengkap tanpa mampir ke House of Sampoerna Surabaya. Museum rokok yang berdiri bersebelahan dengan kediaman pribadi pendiri rokok ternama di Indonesia ini menawarkan suasana museum yang sangat modern. Jauh dari kesan kusam dan tidak menarik. Cocok banget untuk dikunjungi semua rentang usia, House of Sampoerna ini bisa jadi salah satu tujuan wajib saat Dolaners ada di Surabaya.

House of Sampoerna Surabaya, Jawa Timur

Photo by wira

House of Sampoerna Surabaya ini sebenarnya lebih berupa kompleks bangunan dengan museum. Tapi jangan harap museum ini bakal ngebosenin habis ya, Dolaners. Sebaliknya, meseum yang satu ini kece banget. Mulai dari style kolinial arsitektur bagian luarnya, yang memang dibangun tahun 1800an, sampai bagian dalam museum yang tak habisnya mengundang decak kagum. Seperti apa? Yuk sama-sama tengok House of Sampoerna Surabaya ini.

Eksterior bangunan museum ini bergaya lama, pas dengan lingkungannya yang penuh dengan suasana tempo dulu. Memang, kawasan Jembatan Merah Surabaya ini terkenal sebagai area kota tua. House of Sampoerna ini berdiri di antara bangunan-bangunan peninggalan jaman Belanda yang kesemuanya masih berfungsi baik, kecuali Penjara Kalisosok. Awalnya, gedung ini adalah panti asuhan Belanda yang kemudian dibeli pendiri PT Sampoerna bahkan sebelum Indonesia merdeka. Museum House of Sampoerna Surabaya terletak di sebuah gedung dengan empat pilar besar berbentuk rokok. Sebagaimana halnya sebuah museum, House of Sampoerna Surabaya membagi interiornya menjadi kelompok-kelompok terpisah dengan temanya masing-masing. Tapi yang paling khas dari semua ruangan ini adalah aroma tembakau dan cengkeh yang memenuhi udara. Barangkali karena sedari semula gedung ini digunakan sebagai tempat untuk memproduksi rokok Sampoerna, dan berlangsung selama berpuluh-puluh tahun, aroma tembakau dan cengkeh tak bisa benar-benar pudar walaupun telah menjadi museum.

Lantai satu terdiri dari tiga ruangan. Dolaners bisa melihat replika warung pendiri PT Sampoerna serta barang-barang pribadinya yang memiliki nilai sejarah bagi perusahaan. Ada juga onggokan tembakau dari berbagai daerah, replika perlengkapan pengolahan tembakau, replika wadah penyimpanan tembakau, bahkan replika ruang kerja dan ruang pribadi serta foto keluarga pendiri PT Sampoerna. Masih di lantai satu, museum House of Sampoerna Surabaya ini juga memajang koleksi berbagai bentuk pemantik rokok. Kemudian, Dolaners bisa berbelanja segala macam cinderamata di lantai dua. Di lantai inilah terdapat pabrik rokok museum House of Sampoerna Surabaya. Seolah menjadi bagian live dari museum, pabrik rokok dalam ukuran kecil ini menunjukkan pada Dolaners bagaimana rokok diproses oleh pekerja-pekerja pabrik secara manual. Dolaners bisa menyaksikan secara langsung bagaimana para pekerja, yang nyaris semuanya wanita, dengan cekatan sekali melinting tembakau. Kembali ke luar kompleks gedung House of Sampoerna Surabaya, Dolaners bisa menuju kafe di sebelah kiri museum. Jangan salah menuju ke kanan gedung ya, Dolaners. karena bangunan di sisi ini adalah kediaman pribadi keluarga Sampoerna.


AKTIVITAS

Kuliner
Saat lapar melanda, Dolaners cuma perlu keluar museum House of Sampoerna Surabaya lantas menuju kafe yang berdiri tepat di sebelah gedung.
Akomodasi
Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi House of Sampoerna. Dolaners cuma perlu keluar ongkos untuk transportasi, beli oleh-oleh, atau makan di kafenya.
Kegiatan
Dolaners tinggal menikmati dan melihat-lihat semua item yang dipajang di dalam museum House of Sampoerna Surabaya. Foto-foto di lantai satu juga bisa. Bahkan, lantai satu mesum ini bisa jadi background foto pre-wedding yang sangat eksotis. Atau, foto-foto dengan latar belakang gedung meseum di luar ruangan juga bukan ide buruk. Mau borong oleh-oleh? Tinggal cus ke lantai dua, dan pilih apa yang disuka.
Tips BerwisataAkses Transportasi
House of Sampoerna Surabaya menyediakan angkutan bis berwarna merah, gratis untuk tour keliling Surabaya. Bila berminat, datanglah diawal hari supaya Dolaners masih mendapat tempat duduk.
Kalau Dolaners menggunakan bus dari Terminal Purabaya, turunlah di Jembatan Merah Plaza. Dari sini, Dolaners bisa menyewa becak atau jalan kaki saja menuju House of Sampoerna Surabaya.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link