Hutan Kota Babakan Siliwangi

1093 views

Saat ini, kota Bandung tak hanya dikenal para wisatawan dengan keanekaragaman kuliner dan berbagai hasil produk fashionnya yang sangat menarik. Akan tetapi, pesona keindahan alam yang terhampar mengelilinginya juga menjadi salah satu alasan yang membuat Kota Bandung selalu menjadi pilihan yang tepat di waktu libur. Terletak tak jauh dari pusat kota, Hutan Kota Babakan Siliwangi yang masih sangat asri dan sejuk juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Kota Bandung saat ini. Semenjak akhir Februari 2017 silam, sebuah Forest Walk telah berdiri dengan gagah di tengah belantara hutan dan bisa diakses bagi para dolaners yang ingin menyusuri Hutan Kota Babakan Siliwangi dengan tenang dan nyaman.

Babakan Siliwangi Bandung

Photo via Ari Andrian

Hutan Kota Babakan Siliwangi memiliki luas area sekitar tidak kurang dari 3.8 hektar, dimana didalamnya juga menjadi habitat berbagai satwa yang juga melengkapi ekosistem yang telah ada di dalamnya. Tercatat, 48 jenis pohon dan sekitar 24 jenis burung, yang enam di antaranya dilindungi Undang-Undang terdapat di dalam HutanKota Babakan Siliwangi ini. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hadir disini. Kehadiran Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung juga telah diakui PBB sebagai salah satu hutan kota terbaik yang pernah ada karena keberhasilannya memasok oksigen dan juga menjadi salah satu sumber resapan bagi masyarakat kota Bandung.

Hal yang paling menarik disini adalah dengan terdapatnya fasilitas Forest Walk Baksil yang cukup panjang dan dijamin bisa membuat dolaners untuk mengeluarkan keringat saat melewatinya. Biasanya, setiap akhir pecan para dolaners juga bisa menyaksikan sendiri tempat ini akan banyak dikunjungi oleh para pengunjung yang melakukan Jogging ataupun sekedar berjalan, dan tentunya mereka sangat menikmati dan bersemangat melakukannya dan dijamin tempat ini akan membuat para dolaners akan betah untuk berlama-lama.

Kegiatan wisata yang menarik lainnya di kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi yang para dolaners nikmati adalah lomba membuat sarang atau kandang bagi burung yang banyak beterbangan di sini, yang dikenal dengan nama Bird House. Tidak hanya itu saja, di tempat ini juga telah disiapkan berbagai fasilitas berupa tempat khusus yang bisa digunakan untuk keperluan menggelar berbagai kegiatan lomba kesenian, yang biasanya rutin diadakan setiap bulannya, seperti halnya yang biasa anda temukan. Bagi para dolaners yang merupakan pecinta fotografi, di sini tentunya juga banyak terdapat spot menarik yang indah dan sedap dijadikan sebagai sebuah karya seni yang eksotis dan artistik.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Tetaplah menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di dalam Hutan Kota Babakan Siliwangi yang masih sangat asri ini. Berhati-hatilah saat menggunakan berbagai fasilitas yang terdapat di sini dan jangan sampai merusaknya.
Untuk mengunjungi Hutan Kota Babakan Siliwangi, maka para dolaners bisa mengaksesnya dengan menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, maka bisa diparkir di luar gerbang Hutan Babakan Siliwangi ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link