Hutan Kota Srengseng, Jakarta

1723 views

Sudah bosan dengan tempat main yang itu-itu saja? Pingin mencoba melakukan hal-hal baru yang menyenangkan, tapi masih di wilayah Jakarta? Ada pilihannya kok, Dolaners. Dan salah satunya adalah ke kawasan terbuka hijau. Memang tempat semacam ini tak banyak ditemukan di Jakarta, bahkan sering terlewati begitu saja meskipun nyaris setiap hari dilalui. Begitulah nasib Hutan Kota Srengseng. Letaknya tak terlalu jauh, masih di Jakarta bagian barat. Tapi suasananya? Wow, jangan ditanya lagi, deh. Hutan, beneran.

Hutan Kota Srengseng, Hutan Kota Srengseng Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Chendra H

Selain Kota Tua, Jakarta Barat juga punya destinasi wisata yang tak kalah menariknya, Hutan Kota Srengseng. Mulai dibudidayakan sejak tahun 1995, kawasan hutan kota ini rindang sekali, hingga Dolaners takkan merasa kepanasan atau kegerahan saat berada di Jakarta. Hawa sejuk di hutan kota ini disumbang oleh lebih dari 4.000 pohon yang terdiri dari 60-an varietas.

Tak banyak orang yang tertarik berwisata ke hutan kota di kawasan Jakarta Barat ini. Bisa jadi, sebagian penyebabnya adalah karena kurang sadar ada hutan kota di Kelurahan Srengseng ini. Memang dari pintu masuknya nyaris tak menunjukkan tanda-tanda hutan. Gapura dan tugu yang menyembul dari rerimbunan pohon-pohon tampak seperti milik sebuah sekolah atau kantor instansi yang sudah tidak digunakan lagi.

Siapa sangka pohon yang rimbun ini paling tua usianya baru dua dekade atau lebih. Apalagi bila ditilik kebelakang, lahan tempat tumbuhnya pohon-pohon rindang dan tinggi ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah. Kini, Hutan Kota Srengseng adalah kawasan resapan air yang juga berfungsi sebagai pengawetan plasma nutfah. Sebenarnya destinasi wisata juga menjadi tujuan dikembangkannya kawasan hutan kota ini, tapi sepertinya masih banyak orang yang kurang tertarik menghabiskan waktu di kawasan terbuka hijau. Padahal asik, dan menyehatkan, ya?


AKTIVITAS

Kuliner
Sayangnya, tak banyak tawaran kuliner di kawasan Hutan Kota Srengseng. Hanya ada beberapa tenda yang berjualan makanan dan minuman, masih berada di satu lokasi dengan lahan parkir. Lumayanlah, kalau diperlukan untuk mengganjal perut. Tapi bila Dolaners kurang suka dengan pilihan menu di sini, tahanlah lapar sampai selesai jalan-jalan di kawasan hutan kota, baru kemudian mampir ke resto favorit dalam perjalanan pulang.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk: Rp. 2.000,-
Tarif Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 2.000,-
Tarif Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 4.000,-
Kegiatan
Selain menikmati suasana dan melihat-lihat vegetasi hutan kota, Dolaners yang datang dengan keluarga bisa memanfaatkan playground di dekat lahan parkir. Mau coba sekalian, mengenang masa kecil? Boleh-boleh saja mencoba main perosotan, jungkat jungkit, main pasir, atau panjat-panjatan. Di bagian dalam hutan kota, ada danau yang menjadi rumah beberapa jenis ikan air tawar, seperti ikan lele, ikan mas, ataupun ikan mujair. Dolaners yang suka memancing ikan, bisa menyiapkan alat pancing sebelumnya, untuk kemudian menikmati saat me-time dalam ketenangan di Jakarta. Momen yang mahal kan, Dolaners?
Tips BerwisataAkses Transportasi
Menjejalah Hutan Kota Srengseng bisa bikin terengah-engah juga kalau Dolaners kurang terbiasa dengan kegiatan fisik di alam terbuka. Tapi dengan luas 15 hektar, dijamin Dolaners takkan gampang bosan.
Lokasi Hutan Kota Srengseng mudah sekali diakses, bahkan dengan angkutan umum. Dolaners tinggal naik Transjakarta yang melalui Jalan Panjang, kemudian turun di halte yang jaraknya sekitar 300 m saja dari hutan kota. Setelah selesai jalan-jalan menjelajah hutan ini, Dolaners bisa pulang dengan menggunakan bus Kopaja jurusan Blok M – Meruya atau angkutan kota no. 24. Kalau menggunakan kendaraan pribadi, melewati Jalan Raya Pos Pengumben menuju Jalan Joglo, Dolaners akan melihat sebuah plang tua berwarna coklat bertuliskan arah ke Hutan Kota Srengseng. Ikuti penunjuk arah ini, tak sampai 1,5 km Dolaners akan sampai di kawasan hutan kota. Tak perlu mencemaskan lahan parkir karena tersedia cukup lapang. Lahan parkir ini ada di sebelah pintu masuk hutan kota, jadi Dolaners takkan kesulitan juga menemukannya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link