Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta

1004 views

Sudah bosan jalan-jalan di Jakarta karena ke tempat-tempat yang sama? Itu-itu saja? Pingin suasana berbeda atau baru di Jakarta? Pingin pemandangan alam yang hijau, asri, tenang, dan kawasan yang udaranya sejuk bersih? Adakah tempat seperti ini di Jakarta? Ada kok, Dolaners. Destinasi wisata alam yang seperti ini berada di kawasan Muara, Pantai Indah Kapuk. Dan tak hanya hijau-hijauan, Dolaners akan dilayani dengan fasilitas mumpuni. Mau tahu seperti apa?

Hutan Mangrove PIK, Hutan Mangrove PIK Jakarta, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Maria Merry

Hutan Mangrove Pondok Indah Kapuk di Jakarta dikenal juga dengan Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Luasnya nyaris 100 hektar, udah mirip hutan aja kalau dibandingkan dengan pemandangan Kota Jakarta.

Tak hanya view, hutan mangrove atau hutan bakau ini juga memberi aroma kesegaran dan udara bersih, sesuatu yang langka di Jakarta. Selain melihat-lihat dan menikmati hutan mangrove atau hutan bakau, Dolaners bisa pula memanfaatkan fasilitas yang sangat memadai di kawasan konservasi ini.

Mau menginap? Telah disediakan camping ground, rumah kayu, bahkan vila. Fasilitas tenda di camping ground termasuk kamar mandi luar, dengan ukuran luas tenda untuk dua orang. Kalau berminat menginap di kamar kayu yang didirikan di atas air, Dolaners bisa memilih tipe kamar yang menggunakan AC atau tidak. Fasilitas kamar kayu ini termasuk kamar mandi luar juga, dengan ukuran kamar untuk dua orang pula. Masih ada pula vila, bila Dolaners memerlukan fasilitas yang lebih lengkap dan pribadi.


AKTIVITAS

Kuliner
Destinasi wisata alam di Jakarta ini menyediakan fasilitas kantin bila Dolaners merasa lapar, tapi biasanya kantin ini selalu ramai. Sedikit agak jauh dari yayasan Budha Tzu Chi, Dolaners bisa mendapati beberapa tempat makan yang menyajikan makanan tak kalah enaknya dengan kantin.
Akomodasi
Harga Tiket Masuk Wisatawan Lokal: Rp. 25.000,-
Harga Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp. 250.000,-
Biaya Parkir Sepeda Motor: Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Mobil: Rp. 10.000,-
Biaya Parkir Bus: Rp. 50.000.-
Tarif Naik Perahu: Rp. 250.000, – (satu perahu untuk 6 orang)
Tarif Naik Perahu: Rp. 350.000, – (satu perahu untuk 8 orang)
Tarif Naik Perahu Dayung/ Kano: Rp. 100.000,- per 45 menit
Harga Sewa Rumah Tenda: Rp. 300.000,- per malam
Harga Sewa Rumah di Atas Air: Rp. 450.000,- per malam tanpa AC
Harga Sewa Rumah di Atas Air: Rp. 600.000,- per malam dengan AC
Harga Sewa Villa: Rp. 1.300.000,- hingga Rp. 6.000.000,- per malam
Biaya Perijinan Kamera Profesional: Rp. 1.000.000,- untuk 7 orang
Kegiatan
Kawasan konservasi mangrove atau bakau di Jakarta ini cocok untuk destinasi wisata keluarga. Banyak yang bisa dinikmati dan dipelajari di sini. Dolaners bisa juga mendayung naik kano, menyewa perahu, bahkan ikut serta menanam mangrove atau bakau. Dolaners yang suka foto-foto bisa selfie sampai bosan dengan kamera telepon genggam di destinasi wisata ini. Kalau hobi fotografi, Dolaners perlu mengurus perijinan dan membayar sebelum menggunakan kamera.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kawasan konservasi ini indah banget, dan bahkan pemandangan yang cukup langka di Jakarta. Karena ribetnya perijinan kamera profesional, Dolaners bisa mempersiapkan diri dengan telepon genggam berkamera bagus.
Hutan mangrove atau hutan bakau di Jakarta ini mudah banget ditemukan. Siapa sih, yang belum pernah denger nama Pantai Indah Kapuk? Bila Dolaners melalui Tol Pluit, keluarlah di Muara Karang. Kalau dari arah Tol Bandara Soeta, keluarlah dari tol menuju arah Muara Kapuk. Kalau dari arah Tol JORR Lingkar Barat, Dolaners keluar di Pantai Indah Kapuk. Temukan yayasan Budha Tzu Chi di komplek perumahan elit Jakarta ini, dan ikuti petunjuk arah menuju hutan mangrovenya. Kalau menggunakan angkutan atau transportasi umum, Dolaners bisa menggunakan bus Transjakarta koridor 12 atau arah Pluit, kemudian turun di halte Penjaringan. Lanjut dengan naik angkot jurusan Muara Karang (B01), turun lagi di Pizza Hut Muara Karang. Sambung dengan naik angkot jurusan Pondok Indah Kapuk (U11), turun di yayasan Budha Tzu Chi. Sama seperti dengan menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners tinggal mengikuti petunjuk arah dari sini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link