Hutan Pinus Asri

362 views

Sudah ke Hutan Pinus Mangunan yang hits? Bagaimana dengan Hutan Pinus Pengger? Kalau emang suka dengan suasana hutan pinus, tapi mau yang beda, Dolaners bisa coba lihat Hutan Pinus Asri. Lokasinya tak terlalu jauh dari hutan pinus yang hits tadi, tapi suasananya lebih alami, asri, sesuai namanya. Masih ada gardu pandang juga, tapi Hutan Pinus Asri hadir sebagai pilihan wisata alam yang lebih layak dinikmati sembari melangkah pelan di antara pohon-pohon pinus.

Hutan Pinus Asri via harki_nanda

photo via harki_nanda

Persis seperti namanya, hutan pinus di Bantul Yogyakarta ini benar-benar terasa asri. Pohon-pohon pinusnya tertata rapi, areanya bersih, dengan track yang terawat. Berlokasi di wilayah Karangasem yang sudah terkenal akan panggung alamnya, Hutan Pinus Asri menjadi pilihan wisata alam selain Hutan Pinus Mangunan dan Hutan Pinus Pengger.

Berbeda dari hutan-hutan pinus di sekitarnya yang menawarkan gardu pandang instagenik, Hutan Pinus Asri terasa anggun dengan kesederhanaannya. Gardu pandangnya hanya beruba deck sederhana, tapi terasa kokoh karena dibangun dari materi kayu solid. Trus, apa ya masih bisa instagramable? Dolaners, gak ada yang bilang pemandangan lembah Imogiri kurang instagramable. Cakrawala hijau yang terhampar dari perbukitan Hutan Pinus Asri bener-bener instagenik, bahkan bila tanpa gardu pandang sekalipun.

Dengan udara yang sejuk dan bersih, kawasan Hutan Pinus Asri ini sudah menjadi destinasi wisata alam yang menyenangkan. Kalau cuma perlu sedikit melemaskan kaki, jalan-jalan di kawasan Hutan Pinus Asri sudah dapat bonus udara segar dan pemandangan cantik. Bahkan sudah tersedia tempat-tempat duduk yang nyaman di kawasan hutan pinus ini, jadi duduk bengong gak ngapa-ngapain di sinipun sudah cukup menyenangkan. Tapi kalau Dolaners emang lagi ngumpulin foto-foto landscape atau emang doyan selfie, Hutan Pinus Asri juga punya tawaran yang sulit ditolak. Apalagi saat pagi hari, saat kesegaran sekitar masih maksimal, atau saat sore dan senja menghadirkan warna-warna lembayung cahaya matahari. Hasil fotografi Dolaners bakal keren abis.

Bisa dibilang, destinasi wisata alam ini cocok buat jalan-jalan syantik, atau bahkan pilihan keluarga untuk liburan. Semua serba mudah dan menyenangkan di sini, dan pemandangannyapun tak mengecewakan.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Sebaiknya menggunakan kendaraan yang cukup tangguh supaya perjalanan ke Hutan Pinus Asri bisa lancar. Banyak akses jalan yang naik turun cukup curam, dan hal terakhir yang diharapkan saat jalan-jalan adalah kendaraan yang tidak siap medan. Serta, perhatikan musim. Kalau Dolaners main ke Hutan Pinus Asri saat musim hujan, bisa dipastikan area wisata ini becek maksimal.
Hutan Pinus Asri berada di kawasan Karangasem Bantul, jadi sebaiknya Dolaners menggunakan kendaraan pribadi atau sewa saja supaya bisa sampai lokasi dengan mudah. Dari arah Kota Yohyakarta, Dolaners ambil rute keluar kota ke arah Terminal Giwangan, hingga memasuki Jalan Imogiri Timur. Sampai di pertigaan pasar Imogiri, belok kiri menuju Makam Imogiri. Sebelum sampai di Makam Imogiri, Dolaners akan mendapati petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan, ke arah kanan. Ikuti jalur ini, terus saja sampai tiba di Mangunan Cultural Project, belok kiri ke Jalan Hutan Pinus Nganjir. Nah, destinasi wisata Hutan Pinus Asri ada di ruas jalan ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link