Hutan Pinus Pengger

1154 views

Sudah paham hitsnya Hutan Pinus Mangunan? Sudah ikutan dolan ke destinasi wisata yang hits ini? Bagaimana dengan hutan pinus lain di wilayah Bantul? Yuk, lihat Hutan Pinus Pengger. Lokasinya masih sama-sama di Bantul, sama-sama hutan pinus juga. Tapi jelas beda dari Hutan Pinus Mangunan. Selain pemandangannya, Hutan Pinus Pengger punya spot-spot foto yang instagenik. Lebih kece dari Hutan Pinus Mangunan? Mmm... Lihat sendiri, deh!

Hutan Pinus Pengger, Hutan Pinus Pengger Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by yadin_26

Wisata ke hutan pinus emang lagi hits, sih. Bahkan, bisa dibilang cukup mainstream. Tapi Hutan Pinus Pengger gak cuma bikin Dolaners hits. Dan biarpun mainstream, rasanya emang beneran bisa refreshing kalau jalan-jalan ke destinasi-destinasi wisata alam, seperti hutan pinus. Udaranya sejuk, pemandangannya bikin mata melek, dan instagramable! Lengkap, bukan?

Berkat kreativitas pengelola, Dolaners punya pilihan spot selfie yang keren-keren di tengah kawasan hutan pinus ini. Bahkan sejak memasuki kawasan Hutan Pinus Pengger, Dolaners sudah disambut oleh tangga batu yang instagenik. Melangkah semakin jauh ke dalam kawasan hutan pinus, Dolaners akan mendapati ayunan, bangku kayu, jembatan kayu, rumah piramid, dan spot-spot instagenik yang lain. Gak ngeri sama ketinggian? Yuk ke area tebingnya. Di sini Dolaners bisa melihat bentangan alam yang hijau dari Bukit Pengger. Spot selfie favorit yang menghadirkan latar belakang panorama alam ini adalah gardu pandang yang berbentuk telapak tangan raksasa dan sebongkah batu yang dinamai watu ngadeg dalam Bahasa Jawa. Artinya, batu yang berdiri. Penasaran seperti apa bentuk batu yang berdiri ini? Sebenarnya, yang lebih keren dari watu ngadeg adalah pemandangan yang terhampar saat Dolaners berdiri di atas batu ini.

Pemandangan di kawasan Hutan Pinus Pengger memang hijau menyegarkan mata. Terang saja, karena destinasi wisata ini berada di kawasan Resor Pemangku Hutan (RPH) Mangunan. Yup, lokasi Hutan Pinus Pengger memang berdekatan dengan Hutan Pinus Mangunan yang sudah lebih dulu hits. Lokasinya yang masih alami menjadikan Hutan Pinus Pengger pilihan yang menarik buat outbound dan camping. Bisa jadi Dolaners menemui rombongan outbound atau camping saat dolan ke destinasi wisata alam ini. Atau, malah Dolaners yang pingin bikin acara outbound di sini? Atau camping bersama orang-orang terdekat?


AKTIVITAS

Kuliner
Lapar sehabis berjalan kaki menjelajah hitan pinus? Tenang, ada warung makan di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger. Tempatnya juga artistik, dengan dominasi materi kayu, dan lesehan, pula. Passs banget dengan suasana sekitar.
Akomodasi
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-
Parkir Bus: Rp 20.000,-
Tarif Pre-Wedding/ Foto Komersial: Rp 50.000,-
Kegiatan
Selain melihat-lihat pemandangan hijaunya hutan pinus, Dolaners juga bisa selfie sampai puas di Hutan Pinus Pengger. Spot-spot foto yang disediakan di kawasan hutan pinus ini semuanya instagenik, didukung oleh tata lampu yang keren. Karena destinasi wisata alam inipun buka sampai larut malam, Dolaners bisa dapat foto keren dengan memanfaatkan tata lampu yang telah disediakan. Tapi pemandangan alam yang bisa buat mata seger disiang hari, apalagi sunset-nya, sayang kalau sampai ditinggalkan.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Hutan Pinus Pengger berada di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Destinasi wisata ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Yogyakarta. Meskipun lokasinya tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, Hutan Pinus Pengger lebih mudah diakses dari arah Wonogiri ketimbang dari Imogiri. Memang hutan pinus ini berada di ujung utara, paling utara dibanding destinasi-destinasi wisata lain di Kabupaten Bantul, tepatnya di wilayah perbatasan dengan Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.
Dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa, pertama-tama Dolaners mengambil rute ke arah Bukit Bintang melalui Jalan Wonosari. Setibanya di Simpang Empat Patuk, ambil arah ke Dlingo. Dari simpang empat ini, Hutan Pinus Pengger berjarak kurang lebih 4,5 km. Dolaners akan melihat papan penunjuk arah menuju Hutan Pinus Pengger di tepi Jalan Patuk – Dlingo.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link