Istana Ratu Boko

927 views

Sebuah situs peninggalan bersejarah daerah Yogjakarta semakin dilengkapi dengan hamparan istana Ratu Boko. Pemandangan yang mengagumkan serta suasana yang terang membuat istana Ratu Boko semakin memancarkan auranya.

Istana Ratu Boko

Photo by britadi.com

Istana Ratu Boko merupakan peninggalan situs arkeologi dari bekas kompleks istana dan terdiri dari beberapa bagian bangunan. Ketika berkunjung ke istana Ratu Boko Yogyakarta maka Dolaners sebaiknya kesana padaa sore hari karena pemandangan terbaik dan memukaunya adalah ketika menjelang moment sunset, lokasinya yang berada pada wilayah perbukitan semakin menambah indahnya suasana sunset.

Istana Ratu Boko merupakan kompleks yang luas, luas yang dimilikinya mencapai 250.000 m2 . Kompleks istana Ratu Boko terdiri dari empat bagian, ketika mengunjungi ketiga tempat tersebut Dolaners akan mendapatkan informasi dari papan informasi yang berada dekat di gerbang pintu masuk. Kompleks Ratu Boko ini memiliki sedikit bangunan candi dan di bagian tengah dari kopleks ini Dolaners akan menemukan gapura utama yang merupakan pintu masuk kompleks, kolam, lapangan, candi pembakaran dan paseban. Tepat di bagian tenggara ada bangunan pendopo, 3 candi, beberapa balai, serta kompleks keputren. Kompleks ini juga memiliki goa batu yang berada di bagian timur. Sedangkan di bagian baratnya hanyalah berupa perbukitan. Dari sini Dolaners akan melihat megahnya candi prambanan dengan sangat jelas.

Dolaners perlu mengetahui bahwa cuaca di Istana Ratu Boko ini sangatlah panas ketika menjelang siang hari. Jadi sebaiknya Dolaners memakai baju yang mudah menyerap keringat dan hindari pula memakai baju yang berwarna hitam. Karena panasnya cuaca di siang hari maka Dolaners jangan sampai meninggalkan kacamata hitam jika ingin menjelajah seluruh bagian kompleks yang berada di istana Ratu Boko, hal ini supaya Dolaners tidak merasa silau karena tatapan sinar matahari. Walaupun cuacanya sangat panas namun pemandangan disekitarnya terasa sangat asri, Dolaners juga dapat beristirahat di gazebo yang telah dibangun disana.

Hamparan istana yang akan membuat hati sangat bangga terhadap ciptaan yang Maha Kuasa semakin menambah semaraknya kunjungan mengesankan di istana Ratu Boko.


AKTIFITAS

Kuliner

Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke wisata Candi Ratu Boko tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Salah satu tempat makan yang menjadi favorite adalah Plaza Andrawina, selain dapat menikmati pemandangan indah, tempat ini juga berfungsi sebagai restoran. Di tempat ini, pengunjung yang telah usai menjelajahi tiap sudut kawasan Candi Boko, dapat beristirahat sekaligus mengisi perut yang lapar.

Di sekitar area kawasan Candi Ratu Boko ini juga terdapat beragam pedagang yang menjual oleh oleh khas Yogyakarta. Mulai dari makanan seperti bakpia, gethuk, beragam pakaian bernuansakan batik hingga beragam souvenir di jual disini. Jadi Bagi Dolaners yang ingin membawa oleh oleh untuk dibawa pulang ke rumah, tidak perlu khawatir binggung mencari dimana. Soal harga juga sangat ramah dikantong.

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal Dewasa : Rp. 25.000,- per orang
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal Anak anak : Rp. 10.000,- per orang
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara : USD 13
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Istana Ratu Boko memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh candi-candi lainnya di Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang pada umumnya dibuat hanya untuk tempat ibadah. Peninggalan di situs Candi Ratu Boko menunjukkan bahwa bangunan tersebut memiliki sifat profan yang ditunjukkan dengan keberadaan keputren dan paseban. Di samping itu, di dalam bangunan candi ini juga dapat terlihat adanya perpaduan antara unsur-unsur Hindu dan Buddha. Hal ini terlihat dari adanya patung Lingga dan Yoni, Arca Ganesha, serta lempengan emas yang bertuliskan Om Rudra ya namah swaha. Lempengan tersebut menyiratkan satu bentuk pemujaan terhadap Dewa Rudra, nama lain dari Dewa Siwa. Kenyataan ini menggambarkan bahwa Rakai Panangkaran, sang pemrakarsa candi, yang beragama Budha dapat menghargai warganya yang menganut agama Hindu .

Dari salah satu bagian di Ratu Boko ini, tepatnya di Plaza Andrawina, jika menghadap ke arah utara, pengunjung akan melihat pemadangan yang cantik berupa Kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Jika Dolaners berada di lokasi Ratu Boko ini hingga matahari terbenam, nuansa sekitar candi akan semakin cantik dengan kehadiran semburat jingga di waktu senja.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Ratu Boko terletak di atas bukit wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, atau tepatnya 3 km sebelah selatan Candi Prambanan. Akses menuju Ratu Boko sangat mudah, patokannya adalah pasar tradisional Prambanan yg letaknya di selatan komplek candi Prambanan. Jika berangkat dari Jogja kita bisa naik kendaraan pribadi melewati jalan Solo sampai pertigaan Pasar Prambanan. Dari Pasar Prambanan ke arah selatan, tidak jauh nanti akan ada papan petunjuk jalan menuju Ratu Boko. Pilihan kedua dari Jogja Dolaners bisa menaiki Trans Jogja jurusan Candi Prambanan turun di pasar, lalu dari pasar Prambanan Dolaners bisa menyewa jasa ojek, delman atau jalan kaki (jika mau) menuju Ratu Boko. Pilihan alternatifnya saat mengunjungi Candi Prambanan kita bisa membeli tiket terusan ke Ratu Boko. Nanti akan ada mobil yang mengantarkan kita ke Ratu Boko pada jam-jam tertentu saja.
Istana atau biasa disebut Candi Ratu Boko terletak sekitar 3 km di sebelah selatan Candi Prambanan, Atau sekitar 18km dari Stasiun Tugu Jogja. Alamat persisnya berada di jalan Prambanan – Piyungan Km 3, Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju Lokasi ini jika Dolaners berangkat dari Stasiun Tugu, bisa langsung jalan kaki menuju halte Trans Jogja Malioboro 1, kemudian naik rute 1A jurusan Prambanan. Karena dari Halte Prambanan menuju Ratu Boko belum tersedia Angkot atau Bis, solusinya Dolaners bisa sewa jasa Ojek tawar harga sekitar Rp. 20.000,-.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link