Jakarta Design Center

1838 views

Suka produk-produk seni? Tertarik dengan design interior? Atau cuma pingin jalan-jalan ke mall yang berbeda? Nah, barangkali Dolaners perlu berkunjung ke Jakarta Design Center. Mall ini unik, karena tak menawarkan barang-barang fashion melainkan produk-produk seni dan design. Bisa jadi tempat untuk mencari referensi tentang design interior, atau mencari ide untuk karya design berikutnya. Yuk cari tahu lebih lanjut tentang Jakarta Design Center.

Jakarta Design Center, Jakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via Prayoga Terry

Diawal berdirinya pada awal tahun 1990, Jakarta Design Center berfungsi sebagai gedung pertemuan dan pameran. Kini, gedung ini semakin fungsional karena beragam acara dihelat di sini, termasuk seminar maupun konferensi. Dan sesuai namanya, Jakarta Design Center lebih difungsikan sebagai gedung di mana kegiatan dunia design berpusat. Meski tak membatasi pada design interior semata, tapi memang ketujuh lantai Jakarta Design Center penuh dengan gera-gerai yang menyediakan macam-macam produk design interior. Jadi mirip mall design interior, memang.

Gedung ini dimiliki oleh BTS Group (Bangun Tjipta Sarana Group), milik Bapak Siswono Yudhohusodo. Dolaners masih ingat siapa bapak ini? Yak, beliau adalah Menteri Perumahanan Rakyat dan kemudian Menteri Transmigrasi pada tahun 1993 hingga tahun 1998. Saat ini, pengelolaan gedung Jakarta Design Center ditangani oleh PT Cipta Paramula, dengan luas lantai komersial mencapai  26.000 m persegi pada lahan seluas 13.000 m persegi.

Selain mewadahi beragam aktivitas yang terkait dengan design, khususnya design interior, Jakarta Design Center menjadi alternatif yang cukup menggiurkan selain Balai Sidang Senayan, atau yang lebih sering dikenal dengan Jakarta Convention Center. Meskipun gedung Jakarta Convention Center cukup tenar, Jakarta Design Center berada di tepi ruas jalan raya utama Kota Jakarta dan lebih mudah diakses tanpa membuat pengunjungnya berputar-putar terlampau jauh. Flamboyan Room dan Lotus Room sering digunakan untuk bermacam-macam acara, seperti Design Week, Seminar Nasional Wirausaha, Ikatan Arsitek Indonesia, dan lain-lain.

Overall, Jakarta Design Center ini memang memudahkan siapa saja yang membutuhkan referensi tentang design interior rumah maupun produk arsitektur. Bisa dipertimbangkan juga kan, Dolaners?


AKTIVITAS

Kuliner
Memang tak banyak pilihan kuliner di sekitar Jakarta Design Center. Tapi di sepanjang ruas Jalan Gatot Subroto, Dolaners bisa makan di Dapur Sunda, Beka Resto, Pulau Dua Resto, Merica, Popular Mansion, atau Goodhood Coffee + Chicken.
Akomodasi
Mau window shopping di mall design ini? Tenang, Dolaners takkan perlu membayar.
Kegiatan
Jakarta Design Center ini cukup tenar dikalangan penyuka seni, design, bahkan arsitektur. Dolaners bisa mendapatkan informasi tentang design, mulai dari A sampai Z, tentang arsitektur dan produk-produk interior dalam bentuk tiga dimensi maupaun visual. Dan tak hanya dari dalam negeri, banyak pula produk dan informasi yang berasal dari luar negeri. Bahkan, kalau Dolaners memerlukan jasa konsultasi dengan ahli design interior, Jakarta Design Center ini bisa jadi pilihan yang bagus. Pilihannya banyak banget, jadi Dolaners takkan terpaku pada pendapat satu ahli saja.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jakarta Design Center terletak di perempatan Slipi, dengan seluruh badan bangunan tampak dari jalan raya. Tak aneh-aneh, bangunan mall design ini dari luar tampak kotak saja, simetris berwarna putih. Dolaners pasti bisa mengenali gedung ini sejak sebelum memasuki halaman. Tak hanya melihat pajangan produk, Dolaners juga bisa berinteraksi langsung dengan ahlinya di Jakarta Design Center.
Selain menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners bisa sampai di gedung Jakarta Design Center dengan menumpang bus Transjakarta. Dari arah koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti), Dolaners bisa turun di Halte Slipi Petamburan. Dari koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), di Halte Grogol 1 ke Grogol 2. Dari arah koridor 8 (Harmoni-Lebak Bulus), Dolaners turun di Halte Grogol 2. Kalau dari dari koridor 1 (Blok M-Kota), Halte Bendungan Hilir ke Halte Semanggi. Jika dari koridor 6 (Dukuh Atas-Ragunan), Halte Kuningan Timur ke Kuningan Barat. Dan bila dari koridor 7 (Kampung Melayu-Kampung Rambutan), turun di Halte BNN. Mudah bukan?

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link