Jalan Gubernur Suryo Surabaya

1071 views

Apa yang membuat sebuah kota indah? Tamannya? Pusat perbelanjaannya? Gedung-gedungnya? Atau Semuanya? Semua ini membuat Kota Surabaya menarik, dan semua terkumpul jadi satu di Jalan Gubernur Suryo. Belum lagi sejarah yang terbawa serta dalam nama jalan ini, sekaligus peninggalan fisik yang nyata-nyata ada di ruas Jalan Gubernur Suryo hingga hari ini. Dolaners mau tahu lebih jauh tentang jalan ini?

Jalan Gubernur Suryo, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via M. Ikhsan Husein

Warga Surabaya tentu sudah mengenal sosok gubernurnya yang menjabat pada tahun 1945, Raden Mas Tumenggung Suryo. Tak ada kata-kata yang cukup untuk melukiskan pengabdian dan perjuangan sang gubernur di Surabaya. Seakan, selamanya Surabaya berhutang pada Gubernur Suryo, seorang Raden Mas asli Magetan, atas setiap tetes keringat yang dicurahkannya untuk kota ini. Bahkan makam sang gubernur berada di kota kelahirannya, hingga Surabaya hanya bisa mengabadikannya dalam monumen dan nama jalan.

Maka untuk menghargai, menghormati, dan mengenang seorang Raden Mas Tumenggung Suryo, sebuah ruas jalan di pusat kota Surabaya bernama Jalan Gubernur Suryo. Jalan Gubernur Suryo ini terhubung dengan Jalan Tunjungan di salah satu ujungnya, sementara pada ujung lainnya terhubung dengan Jalan Panglima Sudirman dan Jalan Yos Sudarso. Dolaners juga bisa masuk ke ruas Jalan Tumenggung Suryo dari arah Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Jalan Simpang Pojok, Jalan Simpang Dukuh, atau Jalan Taman Apsari.

Berada di pusat kota dan punya akses ke beberapa cabang jalan lain, Jalan Gubernur Suryo sering menjadi pusat perhatian media massa. Ruas jalan yang cukup lega menjadikan Jalan Gubernur Suryo sebagai pusat berkumpulnya massa yang menyuarakan aspirasinya. Titik kumpul massa ini biasanya tepat berada di depan Gedung Grahadi. Bila massa sudah terkumpul, seringkali arus lalu lintas di jalan Gubernur Suryo menjadi terganggu. Jalan ini tak perlu sampai ditutup sepenuhnya saking lebarnya, tapi biasanya meninggalkan hanya satu jalur yang cukup untuk lewat pengguna jalan yang lain. Arus lalu lintas biasanya sudah mulai pelan dan rapat sejak Jalan Basuki Rahmat. Saat seperti inilah Jalan Gubernur Suryo sering turut menjadi headline berita media.

Dihari-hari biasa, ruas jalan ini masih berfungsi normal sebagaimana layaknya jalan-jalan biasa di kota-kota lain. Akan menyenangkan bila Dolaners jalan-jalan disaat suasana normal seperti ini. Akan tetapi, bila Dolaners tak sempat mengikuti berita di media massa, perhatikan saja arus lalu lintas menuju Jalan Gubernur Suryo sebelum ikut terjebak dalam kerumunan massa.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jalan Gubernur Suryo ini setiap harinya padat oleh lalu lintas kendaraan. Bila Dolaners hanya bermaksud melihat-lihat kawasan ini, sebaiknya turun dari kendaraan. Selain memungkinkan eksplorasi yang lebih detail, Dolaners juga tidak akan mengganggu jalannya ritme kehidupan di kawasan Gubernur Suryo.
Dolaners bisa mencapai Jalan Gubernur Suryo dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kalau menggunakan angkutan umum, Dolaners bisa naik bus kota yang melewati ruas Jalan Gubernur Suryo, yaitu bus DA, bus E, bus RT, bus V, bus W, bus P1, dan bus PAC 1.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link