Jawa Timur Park 1

2609 views

Berbagai wahana permainan menarik, unik, dan bersih akan menyambut kedatangan para wisatawan saat menginjakkan kaki di Jawa Timur Park 1. Kolam renang terbesar dengan background tokoh bersejarah dan waterboom yang berkelok dan tinggi tidak ketinggalan wahana Tornado yang menguji adrenalin mampu membuat suasana berwisata semakin memikat.

Jawa Timur Park 1

Photo by shining-batu.com

Jawa Timur Park 1 atau biasa juga dipanggil Jatim Park 1 terdapat 36 wahana yang mampu memanjakan dolaners saat menyambanginya, adalah drop zone, spinning coaster, kolam renang berukuran raksasa dengan background patung Ken Arok, Ken Dedes, dan Mpu Gandring, dimana kolam renang tersebut juga dilengkapi dengan water boom yang berliku dan tinggi. Selain itu pada wahana Volcano dengan galeri yang memuat diorama atau miniature tiga dimensi binatang langka, tanaman argo dan miniature candi sangat patut dolaners kunjugi sebagai media eduksi untuk sang buah hati. Yang tidak kalah mengasyikkan di Jawa Timur Park 1 adalah bioskop yang berfasilitas 4 dimensi dengan panorama baru berupa hiburan dan perindustrian pariwisata yang terdapat di Jawa Timur.

Saat dolaners tiba di obyek wisata Jawa Timur Park 1, maka suasana parkir yang leluasa dengan luas tidak kurang dari 1 hektar dan nyaman pasti akan menyambut kedatangan dolaners semua. Selain itu fasilitas spektakuler berupa peminjaman kereta bayi dan kursi roda yang “free” serta fasilitas Nursery room atau sebuah ruangan berupa untuk bayi dolaners beristirahat. Tidak ketinggalan bagi dolaners yang sedang menyusui atau memiliki bayi, Jawa Timur Park 1 menyediakan fasilitas berupa tempat singgah yang nyaman komplit dengan dispenser, microwave, dan tempat untuk mengganti popok.

Tempat berfoto yang seru di Jawa Timur Park 1 bisa dolaners ambil dari spot pad taman dengan pemandangan pohon hijau yang dibentuk menjadi kartun lucu dan unik lengkap dengan bagian wajah yakni mata, hidung dan kacamata. Adapun wahana yang bisa doleners nikmati untuk memacu adrenalin diantaranya adalah Tornado berupa permainan yang mampu membawa penumpangnya berputar di ketinggian tertentu. Bagi dolaners yang mengaku jiwa pemberani tidak lengkap rasanya jika belum memasuki rumah berhantu, disana pastinya dolaners akan disambut para hantu “imitasi”. Ada banyak jenis hantu di Jawa Timur Park 1 semisal; tengkorak, pocong dll, namun wahana ini tidak disarankan bagia nda yang penakut atau memiliki kelainan kesehatan yang berhubungan dengan jantung.


AKTIFITAS

Kuliner

Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Taman Wisata Jawa Timur Park 1 tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia fasilitas food court yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 15.000 an saja.

Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Jawa Timur Park 1 ini juga tersedia beragam kios resmi yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Kios kios buah tangan ini berada di rute terakhir sebelum Dolaners menuju pintu keluar kawasan wisata Jawa Timur Park 1. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan hingga beragam tanaman hias dijajakan disini.

Jika kuliner di dalama kawasan Jawa Timur Park 1 belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini, antara lain Cafe Gokart, Cafe Colombus, Cafe Pool Side, Food Center Ken Arok, Restaurant Ken Dedes, Kawasan Masakan Tradisional, American Fast Food dan masih banyak yang lainnya sehingga Dolaners bebas memilih rumah makan dengan masakan yang sesuai dengan selera. Salah satu kuliner yang melegenda dan wajib untuk Dolaners kunjungi ketika sedang berada di Kawasan Kota Wisata Batu adalah Pos Ketan Legenda Kota Batu yang berada tepat di sebelah barat Alun alun Kota Batu atau sekitar 10 menit dari Jawa Timur Park.

Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 60.000,- (weekday) dan Rp. 80.000,- (weekend)
Sewa Go Kart 1x Putaran : Rp. 14.000,-
Naik Flying Fox : Rp. 15.000,-
Naik Trampolin per 6 menit : Rp. 5.000,-
Makan di Food Court : Rp. 15.000,- an.
Kegiatan
Di Objek Wisata Jawa Timur Park 1 ini Dolaners bisa bermain air layaknya di kawasan wisata Waterpark karena terdapat kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, dan drop zone.

Yang tak kalah pentingnya, di Jawa Timur Park 1 ini tersedia Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah Galeri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, rumah aquarium, dan miniatur candi-candi. Juga ada Midi Skater, Airborne Shot, Robin Hood 3D, dan Pendulum. Jawa Timur Park 1 dilengkapi dengan wahana Galeri Belajar bernama Science Stadium yang mampu menampung 300 wisatawan. Kelengkapan alat peraga ilmu terapan ada yang indoor maupun outdoor. Keberadaan alat-alat peraga ini didukung oleh PLN, Telkom, Rimba Raya, dan sejumlah Universitas di Jawa Timur. Dengan perpaduan ini diharapkan bisa menjadi sarana penyebaran informasi tentang khazanah ilmu pengetahuan alam meliputi Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Jawa Timur Park 1 menyediakan miniatur peristiwa sejarah dan kebudayaan Indonesia. Salah satu miniatur bersejarah adalah rumah Sunan Giri dan Sumpah Pemuda. Berbagai khazanah kebudayaan Indonesia ditempatkan di Galeri Budaya yang disebut Galeri Etnik Nusantara (GEN). Galeri ini menampilkan kebudayaan seperti wayang, patung, rumah tradisional papua, dan gong.

Sedangkan sebagai gol nya yakni beragam wahana bermain Jawa Timur Park 1 yang dapat Dolaners mainkan seperti:

Galeri Etnik Nusantara Rumah Musik Mini Train
Anjungan JAWA TIMUR Fun House Columbus
Anjungan Irian Jaya Sky Copter ( new ) Flying Tornado
Science Center Kimia & Biologi Ulat Coaster ( new ) Boom –Boom Car
Amazing Human Body Mary Go Round Spinning Coaster
Outdoor Science Center Convoi Car Drop Zone
Galeri Belanja & Science Stadium Mini Jet Rumah Misteri 3 Dimensi
Taman Argo Boom2 Laser Cars Jet Coaster
Taman Bertaman Walking Animal Star Chase ( new )
Perahu Dayung Remote Car Water Boom
Taman Sejarah Battery Car Kolam Renang Anak
Adegan Prasejarah Samba Balloon Kolam Renang Arus
Diorama Momentum Sejarah Bangsa Wall Climbing Taman Reptil
Fosil Binatang Purba Taman Sesat Taman Burung
Insectarium Mocil Taman Ikan
Baby Zoo Rumah Hantu Rumah Pipa
Mobil Mini Taman Bermain Pasir Rumah Buaya
Play Ground & Bouncy Castle Bumper Boat
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke objek wisata Jawa Timur Park 1 sangat mudah untuk dilalui baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Dolaners dari pusat kota Malang, Dolaners bisa sampai di kota wisata Batu dalam waktu sekitar 30 menit saja. Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka Dolaners bisa menggunakan salah satu dari 2 jalur alternatif yaitu melalui jalan Ahmad Yani lalu berbelok di Karang Lo atau lurus saja melalui Jalan Tlogomas. Namun jika Dolaners datang dari luar kota dan turun dari kereta (di stasiun) maupun bus (di terminal Arjosari Malang) naiklah angkutan umum berkode AL, ADL, atau GL untuk menuju ke terminal Landungsari Malang. Setelah sampai di terminal Landungsari, perjalanan akan dilanjutkan menuju terminal Batu dengan naik angkutan berkode BL atau BTL, kemudian setelah itu Dolaners bisa langung turun di pintu gerbang Jawa Timur Park 1. Waktu tempuh dari Malang ke Kota Batu sekitar 1 jam jika lancar tanpa banyak berhenti, sedangkan tarif angkutan di Malang sebesar Rp. 4.000,- baik jarak jauh maupun dekat.
Untuk dapat sampai ke wisata Jatim Park 1 Dolaners tidak perlu khawatir karena selain kendaraan pribadi, kedaraan umum juga bisa menjangkau lokasi ini. Dolaners hanya perlu naik Angkutan umum berkode BL atau BTL maka akan diantarkan sampai ke depan pintu gerbang Jawa Timur Park 1.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link