Jembatan Sawah Sukorame

1906 views

Sawah padi memang biasa saja bagi para petani. Apalagi negara ini sudah terkenal akan kekayaan agrarianya. Tapi bila Dolaners tinggal di perkotaan yang ke manapun mata memandang, yang tampak adalah bangunan dan beton, sawah yang terhampar bisa jadi pemandangan yang mahal. Apalagi hamparan sawah di Sukorame, sebuah dusun di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Maka, inilah destinasi wisata paling hits saat ini, Jembatan Sawah Sukorame.

Jembatan Sawah Sukorame, Jembatan Sawah Sukorame Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by dhian_hardjodisastro

Mau nambah feed akun instagram Dolaners? Nah, destinasi wisata yang satu ini menjadi wajib bila Dolaners ngaku sebagai generasi millennial. Yuk, ke Jembatan Sawah Sukorame!

Jembatan Sawah Sukorame menawarkan pemandangan wisata yang persis sesuai dengan namanya. Di sini, Dolaners bisa meniti jembatan bambu yang mengular di atas persawahan warga Sukorame. Uniknya, tema wisata ini tercetus dari mahasiswa KKN yang pernah singgah di Desa Mangunan, kemudian dilanjutkan oleh warga setempat hingga seperti sekarang.

Perlahan dan terus menerus, jembatan yang terbuat dari bambu dibangun di atas lahan sawah yang terhampar luas. Pada satu titik di jembatan yang mengular ini, terdapat semacam pos atau gardu. Hingga akhirnya, ujung jembatan bambu ini terhubung kembali pada titik awalnya. Keseluruhan jembatan ini tidak berbentuk melingkar sempurna, tapi memberi cukup ruang bagi pengunjung untuk melihat hingga ke bagian tengah persawahan.

Waktu paling pas untuk dolan ke Jembatan Sawah Sukorame adalah pada masa pertengahan tanam, saat padi masih hijau. Saat mendekati panen juga bisa, sehingga Dolaners akan mendapati hamparan persawahan yang menguning keemasan. Bila memungkinkan, sebaiknya Dolaners tiba di lokasi sepagi mungkin. Paling bagus ketika bisa mendapat bias keemasan matahari pagi. Tak hanya foto, Dolaners akan bersyukur karena sempat melihat pemandangan sawah pagi seperti ini. Lagipula, pengunjung belum terlalu banyak dipagi hari, jadi Dolaners bisa selfie dengan pose apapun di spot manapun sesuka hati. Nah, penasaran gak tuh, seperti apa sawah yang sekarang paling instagramable ini? Yuk, segera diagendakan ke Mangunan!


AKTIVITAS

Kuliner
Belum ada tawaran kuliner khas di Jembatan Sawah Sukorame, mengingat pembangunannya juga belum rampung sempurna. Dolaners bisa membawa perbekalan makan dan minum sendiri saja.
Akomodasi
Karena pembangunan fasilitas jembatan bambu di lahan persawahan ini belum sepenuhnya selesai, hingga saat ini masih belum diberlakukan tarif tiket masuk.
Kegiatan
Antusiasme pengunjung pada Jembatan Sawah Sukorame saat ini benar-benar gila-gilaan. Pemandangan Jembatan Sawah Sukorame viral dan hits di berbagai media online. Tujuan utama wisata ke Jembatan Sawah Sukorame ini memang tak lain dan tak bukan adalah swafoto. Hijaunya sawah yang terhampar begitu luas bisa tampil kontras sebagai latar belakang foto yang cukup kuat. Cocok dengan eksotisme bahan bambu yang dijadikan tempat berpijak pengunjung. Tapi tentunya Dolaners tak cuma sibuk foto-foto, kan? Sempatkan menghirup aroma sawah yang basah, menikmati hijaunya hamparan padi yang suatu saat menguning dan menjamin kesejahteraan perut banyak orang. Dan jangan lupa bersyukur pada Tuhan atas pemandangan dan kemakmuran di depan mata ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jembatan Sawah Sukorame berada di Mangunan, tak jauh dari destinasi-destinasi wisata hits yang lain, misalnya Seribu Batu Songgo Langit. Dolaners bisa lanjutkan jalan-jalan ke Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Bukit Mojo Gumelem, Bukit Panguk Kediwung, Bukit Pinus Pengger, dan masih banyak lagi destinasi wisata lain yang menggoda di Bantul.
Jembatan Sawah Sukorame berada di sebelah timur destinasi Kebun Buah Mangunan, persis di sisi selatan Jalan Raya Sukorame. Kalau dari Kota Yogyakarta, posisi Desa Mangunan berada di sebelah selatan. Dolaners bisa meluncurkan kendaraan melewati Terminal Giwangan, lurus ke arah selatan menyusuri Jalan Imogiri Timur. Sesampainya di pertigaan Pasar Imogiri, belok kiri dan ikuti petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan. Lurus saja, dan bila perlu Dolaners bisa menanyakan arah pada warga yang melintas.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link