Jembatan Suramadu

654 views

Dolaners pernah nonton drama Korea yang sedang banyak penggemarnya itu? Barangkali Dolaners sempat memperhatikan beberapa adegan yang berlatarbelakang jembatan dimalam hari dengan lampu warna warni berderet sepanjang struktur jembatan. Pasti keren ya, kalau bisa selfie dengan latar belakang serupa. Dan tahukah Dolaners? Itu bisa dilakukan tanpa perlu jauh-jauh ke Korea Selatan atau San Fransisco dengan jembatannya yang sama terkenalnya. Dolaners ke Surabaya saja. Yap! Ke Surabaya.

Jembatan Suramadu, Jembatan Suramadu Surabaya, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via ciput

Jembatan ini adalah jembatan yang sangat fenomenal saat ini, tentu Dolaners tahu. Sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, Jembatan Suramadu menghubungkan antara Surabaya di Pulau Jawa dan Bangkalan di Pulau Madura. Dengan panjang yang mencapai hampir 5,5 km, struktur Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian, yakni jalan layang dan jembatan utama yang disambungkan oleh jembatan penghubung.

Bila berkesempatan melintasi Jembatan Suramadu, Dolaners akan mendapati bahwa jembatan ini berupa sebuah jalan tol yang terdiri dari empat lajur, masing-masing satu lajur ke arah dan dari Surabaya dengan lajur daruratnya. Lajur khusus pengendara sepeda motor disediakan di sisi terluar ruas jalan ini. Bila Dolaners menggunakan sepeda motor untuk melintasi jembatan, sebaiknya tetap gunakan lajur khusus untuk kendaraan roda dua. Hempasan angin laut bisa terlampau kuat untuk berkendara roda dua di lintasan atau lajur roda empat.

Selain fungsinya, Jembatan Suramadu dinikmati pula sebagai destinasi wisata semua kalangan. Bahkan, jembatan ini adalah destinasi wisata Surabaya yang hits, dan masih menduduki posisi paling hits saat ini, didunia maya. Selain view yang menakjubkan, Jembatan Suramadu juga menyajikan cerita-cerita horor yang gemar dikonsumsi masyarakat Indonesia, sehingga menciptakan segmen pasar wisatanya tersendiri. Dolaners tentu paham cerita-cerita seperti ini, kan. Ya ada cerita tentang korban-korban yang konon dianggap sebagai tumbal pembangunan jembatan atau tentang penampakan hantu sundel bolong sesaat sebelum terjadi kecelakaan di jembatan. Ada-ada saja ya, Dolaners. Dan entah bagaimana, memang bertambahnya pengunjung wisata ke Jembatan Suramadu sebagian juga disebabkan oleh cerita-cerita seperti ini.

Yang jelas, setelah dibangun selama 7 tahun, akhirnya kini Dolaners bisa turut menikmati keberadaan Jembatan Suramadu. Bilapun tak menggunakannya sebagai sarana transportasi, Dolaners masih bisa menikmati keindahannya dari kejauhan. Serius, cantik banget kalau dari jauh, apalagi saat senja hingga malam.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berada di area pantai dan laut, suasana di sekitar Jembatan Suramadu ini panas sekali. Tentu Dolaners juga sudah tahu bagaimana cuaca Surabaya. Karenanya, akan lebih baik bila Dolaners jalan-jalan melihat-lihat jembatan ini dimalam hari. Hawanya akan lebih hangat dan nyaman untuk bersantai.
Bila membawa kendaraan pribadi, Dolaners bisa langsung menjajal jembatan ini. Luncurkan kendaraanmu melintasi jalan tol jembatan, menyeberang ke Bangkalan, Madura. Nikmati saja sensasinya bolak balik Surabaya-Bangkalan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link