Jembatan Suroboyo

3855 views

Surabaya terus membangun. Berarti, semakin banyak lokasi-lokasi baru yang bisa dijunjungi dan dilihat-lihat. Nah, sudah pernah ke Jembatan Suroboyo? Jembatan ini baru hampir setahun terakhir diresmikan dan kemudian difungsikan. Jadi masih baru, pakai banget. Kalau Dolaners belum sempat main ke Jembatan Suroboyo, yuk baca-baca dulu ada apa di jembatan ini. Berikutnya, jadwalkan waktu yang pas untuk datang dan menikmati suasana Kenjeran di Jembatan Suroboyo.

Jembatan Suroboyo, Jawa Timur

Photo by Rohmat Darmawan

Mau tahu apa yang baru dan lagi ngehits di Surabaya? Coba datang ke Jembatan Suroboyo di kawasan Kenjeran. Jembatan Suroboyo ini lain dari jembatan-jembatan pada umumnya. Apa bedanya? Kalau jembatan biasanya ada sungai di bawahnya, bentuknya lurus menghubungkan satu sisi sungai dengan sisi lainnya. Sementara, Jembatan Suroboyo ini ada laut di bawahnya, dan bentuknya melengkung mirip-mirip busur melingkari pantai Kenjeran. Kemudian, Jembatan Suroboyo ini menghubungkan Jembatan Suramadu dengan Bandara Juanda, tepatnya Terminal 3 Juanda yang melalui Lingkar Luar Timur Surabaya.

Meskipun berbeda, jangan salah ya, Dolaners, Jembatan Suroboyo ini beneran jembatan, loh. Jembatan di Kota Surabaya ini berfungsi dengan baik persis seperti fungsi jembatan pada umumnya, bahkan jauh lebih keren. Saat melintasi Jembatan Suroboyo dimalam Minggu, Dolaners bisa nonton air mancur goyang yang menari warna-warni selama satu jam, mulai jam 8 malam. Ya… Mirip-mirip sama yang ada di Las Vegas itulah. Tapi lebih unik karena ada iringan lagu Jembatan Merah dan lagu-lagu khas Surabaya yang lain saat air mancur ini meliuk-liuk menari dengan warna-warni yang indah. Tapi jangan berhenti di atas jembatan, ya! Dimana-mana, yang namanya jembatan tidak dibangun dengan tujuan untuk jadi lahan parkir. Melintaslah dengan pelan sembari melihat air mancur disisi lepas jembatan. Atau, sekalian cari spot parkir, turun dari kendaraanmu, dan nongkrong melihat air mancur Jembatan Suroboyo sepuasnya.

Acara nongkrong di area Jembatan Suroboyo ini juga nyaman, kok. Fasilitas yang dibangun cukup lengkap. Misalnya, anjungan penyeberangan dan lift bagi penyandang disabilitas disisi kanan dan kiri jembatan. Dari anjungan penyeberangan ini, Dolaners bisa berhenti sejenak untuk foto-foto dan menikmati view Selat Madura.Jembatan Suroboyo, yang resmi dibuka pertangahan tahun 2016 kemarin, memiliki lebar 18m dan panjang 800m. Tiang penyangganya saja ada sampai 150. Tahukah Dolaners? Ibu Walikota, Tri Rismaharini, bahkan menyebutkan kalau Jembatan Suroboyo ini masuk dalam list 10 jembatan terbaik yang ada di dunia. Ada juga yang bilang Jembatan Suroboyo ini mirip banget sama jembatan fenomenal Australia yang ada di Sidney. Denger-denger sih, proses pembangunan di sekitar Jembatan Surabaya ini masih terus berlangsung. Katanya akan dibangun kereta gantung dari Jembatan Suroboyo ke Jembatan Suramadu. Juga, nantinya akan dibangun patung yang paling besar dan paling tinggi di Kota Surabaya. Selain itu, pemerintah kota masih merencanakan tambahan taman di sisi utara dari Jembatan Suroboyo. Wacananya, Jembatan Surabaya ini akan jadi spot konser musik lokal dan nasional secara berkala. Wah, gak sabar pengen segera lihat ya, Dolaners.


AKTIVITAS

Kuliner
Dolaners punya banyak pilihan kuliner dan oleh-oleh khas Kota Surabaya di sekitar Jembatan Suroboyo ini, tepatnya di sisi kiri jembatan, yaitu area Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran.
Akomodasi
Tiket masuk: Rp. 10.000,-
Kegiatan
Dolaners hanya perlu memarkir kendaraan, kemudian jalan-jalan di sekitar Jembatan Suroboyo sejak sebelum matahari terbenam sampai pertunjukan air mancur selesai.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Datanglah ke Jembatan Suroboyo saat matahari terbenam. Pemandangan sunsetnya benar-benar indah. Sebenarnya, malah lebih bagus suasana sunsetnya dibanding sunrisenya.
Selain menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat, Dolaners bisa datang ke Jembatan Suroboyo dengan menggunakan transportasi umum. Jembatan Sruboyo dekat dengan Stasiun Gubeng dan Terminal Kenjeran. Pilih saja moda transportasi yang nyaman buatmu. Atau barangkali Dolaners mau pakai pesawat? Gak papa. Ada Bandara Juanda deket-deket Jembatan Surabaya ini kok, Dolaners.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link