Kaliwatu Rafting

1366 views

Wisata Kaliwatu Rafting atau biasa disebut dengan arum jeram merupakan sebuah wisata olahraga dan petualangan yang sangat menguji adrenalin Dolaners. Di batu Rafting ini banyak wisata lain yaitu wisata petik apel Malang, wisata air terjun coban rondo dan masih banyak lagi tempat wisata yang bisa Dolaners kunjungi di kota Malang.

Kaliwatu Rafting

Photo by zulfikaralex.com

Kaliwatu rafting di Malang adalah sebuah objek wisata di batu Malang yang menarik dan menyenangkan pada saat liburan. Berbagai tempat wisata di Kota Malang menjadi pusat perhatian untuk para Dolaners. Salah satu tempat wisata di Kota malang yang bisa Dolaners kunjungi adalah Kaliwatu Rafting Batu. Di Kota Malang banyak sekali tempat untuk bisa menikmati wisata arum jeram ini, contohnya di rafting tumpang, rafting kasembon, sahabat air rafting, rafting ngantang dan rafting pujon. Nama yang lebih familiar di Kota Batu Malang yaitu Kaliwatu Rafting.

Untuk lokasi Kaliwatu rafting Batu ini adalah berlokasi di Kota Batu jaln Raya Pandan Rejo, untuk tepatnya ke arah utara dari kota batu sekitarr 45 menit dari Kota Malang. Seperti pada umumnya, wisata olahraga di kaliwatu rafting ini Dolaners akan dilatih untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana kemampuan Dolaners pada saat didalam air yang berupa kekompakan, kemandirian dan keberanian. Pada waktu Dolaners ber Kaliwaru rafting, Dolaners jangan khawatir akan terjadinya sesuatu hal yang tidak Dolaners inginkan, karena semua tim dari kaliwatu rafting ini sudah terlatih dan sudah professional termasuk dalam mengatasi hal yang berbahaya dan rescue. Wisata lain yang ditawarkan oleh kaliwatu rafting Batu yaitu kaliwatu outbond. Ini merupakan sebuah aktivisat berwisata yang sangat bermanfaat untuk pembelajaran dan pendidikan didalam diri dan dalam sebuah tim.

Biasanya kaliwatu rafting akan ramai pengunjung pada saat akhir pekan ataupun pada saat sehabis wisata Gunung Bromo. Banyak sekali para Dolaners yang ingin menikamati wisata olahraga kaliwatu rafting di Batu ini. Dan khususnya di kaliwatu rafting di Kota Batu Malang ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata adrenalin Kaliwatu Rafting tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena pihak wisata biasanya telah mengyertakan fasilitas makan siang dalam setiap paket rafting yang dijual. Selain di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau.
Akomodasi
Rafting Reguler
Harga : Rp 160.000/orang
Peserta : Minimal 10 orang
Fasilitas :
  • Peralatan arung jeram
  • Guide
  • Rescue
  • Welcome drink
  • Snack
  • Lunch (Makan Siang)
  • Asuransi

Keterangan : Melintasi 7 km aliran sungai

Donat Boat
Harga : Rp. 110.000/orang
Peserta : Minimal 20 orang
Fasilitas :

  • Donat Boat
  • Jaket Pelampung
  • Guide
  • Rescue
  • Welcome drink
  • Snack
  • Lunch (Makan Siang)
  • Asuransi

Kids Rafting
Harga : Rp 110.000/orang
Peserta : Minimal 10 peserta
Fasilitas :

  • Peralatan arung jeram
  • Guide
  • Rescue
  • Welcome drink
  • Snack
  • Lunch (Makan Siang)
  • Asuransi

Keterangan : Area Rafting Grade 2

Kegiatan
Ada beberapa konsep arung jeram yang ditawarkan di Kaliwatu Rafting ini, yaitu rafting untuk pendidikan, keluarga, perkantoran, serta sport bagi yang sudah ahli. Bahkan terdapat Kids Rafting yang diperuntukkan khusus bagi anak-anak mulai usia TK dan SD. Arung jeram untuk anak-anak tersebut mengutamakan prosedur keamanan yang tinggi. Arus sungai dan tinggi kejeraman juga tidak tajam. Selain itu, sisi edukasi kental terasa pada rute Kids Rafting ini. Pengelola menyiapkan jarak sungai sepanjang kurang lebih 7 km, dengan durasi pengarungan berkisar 1,5-2 jam. Kontur sungai untuk Kids Rafting ini menyusuri Sungai Brantas, yang melintasi beberapa desa meliputi Kelurahan Sisir, Desa Sidomulyo, Kelurahan Temas, dan Desa Pandanrejo. Selain itu, ada pula rute rafting untuk anak dengan tingkatan yang lebih ekstrim yakni area Sahabat Air. Di area ini, pengarungan kontur Sungai Brantas lebih deras dan lebih tajam dengan durasi sekitar 2-3 jam.

Di beberapa titik Kaliwatu Rafting, Dolaners bisa melakukan pemberhentian untuk beristirahat. Menariknya, di rest area ini wisatawan tidak hanya dapat melepas lelah namun juga bisa melakukan wisata petik jambu. Dolaners hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk dapat menikmati lezatnya buah jambu segar hasil cocok tanam petani di sekitar Sungai Brantas. Tak hanya itu, di beberapa lokasi pemberhentian lainnya para rafter juga bisa melakukan aktifitas lain seperti terjun bebas dari balik bebatuan di pinggir sungai. Dolaners bisa melakukan terjun bebas ini setelah melewati jalur Aura Kasih yaitu sebuah aliran sungai yang berkelok-kelok. Kaliwatu Rafting Kota Batujuga menyediakan fasilitas Donut Boat dengan biaya Rp 110.000 per orang untuk kegiatan rafting di lokasi ini. Penggunaan perahu Donut Boat ini cukup berbeda dan terasa jauh lebih menantang dibandingkan perahu karet yang digunakan untuk arung jeram.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk mencapai lokasi Kaliwatu Rafting ini tidaklah sulit. Terletak sekitar 2 km dari alun-alun Kota Wisata Batu, obyek wisata ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika naik kendaraan pribadi, dari alun-alun Kota Batu arahkan kendaraan Dolaners menuju Jalan Raya Pandanrejo. Lokasi Kaliwatu Rafting hanya berjarak sekitar 500 meter dari jalan tersebut.
Bila Dolaners menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke kawasan Kaliwatu Rafting ini, makan Dolaners bisa transit di Terminal Arjosari Malang. Dari situ, Dolaners bisa naik mikrolet jurusan Terminal Landungsari. Dari terminal Landungsari naiklah angkutan jurusan Batu – Songgoriti dan turun di alun – alun. Dari alun-alun, wisatawan bisa berjalan kaki atau naik ojek menuju lokasi.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link