Kampoeng Ilmu Surabaya

1822 views

Adakah lokasi jalan-jalan di Kota Surabaya yang bisa dikunjungi saat duit cekak? Jawabannya, ada! Yuk datang ke Kampoeng Ilmu Surabaya. Semua di sini murah habis, mulai bukunya sampai makanannya. Gak perlu beli buku? Ya udah, jalan-jalan aja. Gak ada tiket masuk, kok. Jadi Dolaners bisa datang, lihat-lihat saja, trus pulang. Tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Dompet tetap selamat, dan hatipun riang. Ya, hanya bisa didapat di Kampoeng Ilmu Surabaya.

kampoeng ilmu, kampung ilmu, kampoeng ilmu surabaya, kampung ilmu surabaya, dolaners, dolan dolen

photo by dita k raharjo

Kampoeng Ilmu Surabaya ini terwujud berkat pedagang-pedagang buku bekas di Jl. Semarang, yang pada akhirnya mendirikan paguyupan dan melahirkan area jual beli buku bekas seluas 6.000 meter persegi di alamat yang sama. Eits, jangan salah ya, Dolaners. Meskipun buku bekas, masih banyak yang kondisinya bagus banget. Lagipula, buku baru alias yang bukan bekas juga ada, kok. Memang kelengkapan koleksi buku yang dijual di Kampoeng Ilmu Surabaya ini sudah terkenal, baik di kota pahlawan ini sendiri maupun kota-kota lain.

Saat Dolaners memasuki area Kampoeng Ilmu Surabaya, aroma kertas akan langsung menyeruak mengisi udara. Banyak banget kios buku di sini, jadi telusuri saja pelan-pelan sambil lihat-lihat. Tak cuma textbook buat sekolah dan kuliah, kios-kios di Kampoeng Ilmu juga punya majalah, novel, komik, buku anak, dan masih banyak lagi yang lain. Bahkan Dolaners bisa dapat novel Harry Potter di Kampoeng Ilmu Surabaya ini. Dolaners suka manga Jepang? Ada komiknya One Piece, Naruto, bahkan Doraemon. Apapun buku yang dicari, tanyakan langsung sama penjual atau penjaga kiosnya. Entah bagaimana, Dolaners pasti akan mendapat jawaban pasti, bukannya balik nanya buku apa, terbitan tahun berapa, penerbitnya apa, atau penulisnya siapa. Para penjual di Kampoeng Ilmu Surabaya ini sepertinya punya memori otak yang berisi indeks atau katalog buku semacam komputer di perpustakaan modern. Oh, ya. Jangan lupa menawar ya, Dolaners! Kalau Dolaners gak begitu tertarik sama buku, langsung naik aja ke lantai dua. Ada area bekas perpustakaan di lantai dua Kampoeng Ilmu Surabaya. Pepohonan yang rindang dan suasana yang sepi adem bikin spot ini oke banget buat nyantai, baca-baca buku ringan, ngelamun, foto-foto, apa aja deh, Dolaners! Mau menggelar bekal dan piknik di sini juga boleh. Gak ada yang ngelarang, dan gak ada biaya. Yang terakhir ini nih yang penting. Bukan begitu, Dolaners?

Memang Kampoeng Ilmu Surabaya ini membuktikan bahwa uang bukan segalanya. Buktinya, bangunan-bangun di area Kampoeng Ilmu Surabaya ini semuanya hasil swadaya dan donasi. Dolaners bisa menikmati taman, gazebo, mushala, toilet, bahkan kolam renang anak yang semuanya merupakan hasil gotong royong. Gotong royongnya juga tampak saat ada acara-acara khusus, seperti peringatan hari pendidikan, hari anak, bakti sosial, advokasi kesehatan, bedah buku, seminar gratis, dan lain sebagainya. Kampoeng Ilmu Surabaya ini memang terletak di kawasan niaga yang sibuk, yaitu kawasan Turi. Sebenarnya, tanpa serius belanja buku, Dolaners bisa mampir ke Kampoeng Ilmu buat sekedar istirahat sejenak dari keramaian. Suasana yang cukup nyaman dan tenang di Kampoeng Ilmu bisa memulihkan Dolaners dari rasa penat. Tinggal pilih satu dari sekian gazebo yang ada di Kampoeng Ilmu Surabaya, dan nikmati sepoi-sepoi angin yang menenangkan.


AKTIVITAS

Kuliner
Ada kantin kecil di Kampoeng Ilmu Surabaya yang menjual makanan dan minuman, tapi Dolaners bisa juga membawa bekal sendiri.
Akomodasi
Harga buku: mulai dari Rp. 10.000
Harga komik: mulai dari Rp. 2.000,-
Kegiatan
Selain hunting buku tertentu di Kampoeng Ilmu Surabaya ini, Dolaners bisa juga sekedar jalan-jalan santai, melihat-lihat, dan menikmati suasana.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Kalau Dolaners datang ke Kampoeng Ilmu Surabaya untuk hunting buku, jangan cepat patah arang kalau buku yang dicari tidak ada di satu kios. Coba tanyakan di kios-kios berikutnya.
Kalau Dolaners ke Surabaya menggunakan kereta, turun saja di Stasiun Pasar Turi. Jalan kaki saja, dan Dolaners cuma perlu sekira 10 menit buat sampai di kawasan Kampoeng Ilmu Surabaya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link