Kawah Putih Ciwidey

1721 views

Destinasi wisata yang satu ini merupakan sebuah tempat yang sangat unik untuk di kunjungi. Memberikan kesan yang memikat serta menyajikan nuansa alami yang sulit di temukan di tempat wisata lain.

Kawah Putih Ciwidey

Photo by jayanjayan.com

Kawah Putih Ciwidey, merupakan salah satu ikon pariwisata di kota Bandung yang banyak di minati oleh pengunjung, baik dari dalam kota maupun luar kota. Keindahan yang ditawarkan sangat menarik, berupa sebuah danau yang mempunyai air yang bewarna putih kehijauan, terlihat sangat serasi jika di kombinasi dengan batuan kapur putih yang mengelilingi area danau tersebut. Panorama Kawah Putih Ciwidey yang dapat Dolaners jumpai juga adalah sebuah tebing batu kapur yang terletak di bagian utara danau, tebing itu berdiri kokoh dan memiliki warna kelabu yang dihiasi oleh tumbuhan lumut serta tumbuhan liar lainnya. Kawah Putih Ciwidey berada di Rancabali, memiliki jarak sekitar 44 km dari Bandung.

Konon katanya, Kawah Putih Ciwidey tersebut merupakan sebuah tempat berkumpul bagi para roh leluhur. Di katakan, bahwa dalam kawah putih tersebut terdapat makam leluhur, antara lain, Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom serta Eyang Jambrong. Masyarakat sekitar juga percaya, bahwa salah satu puncak Gunung Patuha, yaitu Puncak Kapuk merupakan sebuah tempat rapat atau diskusi para leluhur mereka yang di ketuai oleh Eyang Jaga Satru. Dan disinlah, masyarakat pernah menyaksikan segerombolan domba berbulu putih atau yang biasa disebut domba lukutan yang mereka percaya sebagai jelmaan dari para leluhurnya.

Jika Dolaners telah tiba di kawasan Kawah Putih Ciwidey, Dolaners akan di suguhi pemandangan unik nan menarik, berupa hamparan luas kawah putih yang indah. Disana Dolaners akan membutuhkan masker karena ketika melakukan perjalanan kesana Dolaners akan mencium bau belerang. Jika terlalu banyak mencium bau belerang ini dapat berakibat buruk pada system pernafasan Dolaners. Keunggulan lain yang ditawarkan di wisata kawah ini adalah Dolaners bisa menyentuh air kawahnya langsung, karena Gunung Patuha sudah tidak aktif. Berbeda dengan wisata kawah lain yang gunungnya masih aktif. Nah, jika Dolaners tertarik, silakan berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey yang terletak di Bandung, Jawa Barat.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Taman Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area ini sudah tersedia beragam warung makan yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Jika kuliner di dalama kawasan Wisata Kawah Putih Ciwidey belum memuaskan hasrat, Dolaners masih bisa menemukan kuliner lain yang bertebaran di sekitar kawasan rekreasi ini, antara lain D’ Cafe, Rumah Makan Kampung Pa’Go, Rumah Makan Ampera Dua Ciwidey dan masih banyak yang lainnya sehingga Dolaners bebas memilih rumah makan dengan masakan yang sesuai dengan selera.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Lokal : Rp. 18.000,-
Biaya Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara : Rp. 50.000,-
Biaya Untuk Pemotretan PreWedding : Rp. 500.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 3.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 6.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 6 : Rp. 25.000,-
Biaya Naik Ontang Anting PP : Rp. 15.000,-
Kegiatan
Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi tempat kegiatan lain, misalnya tempat shooting film, melukis, pengambilan foto prewedding, sampai dengan kegiatan hiking pun bisa dilakukan di kawasan wisata bandung selatan ini.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Akses jalan untuk menuju Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey ini cukup mudah ditemukan, apalagi perjalanan liburan menuju kawah putih Bandung yang terkenal ini, memang paling menyenangkan jika menggunakan mobil pribadi. Selain waktu tempuh yang lama jika naik transportasi umum (sering berhenti di jalan), kenyamanan perjalanan yang berliku dan mendaki juga dapat dinikmati. Tetapi, pastikan kondisi mobil Dolaners karena medannya cukup berat. Berikut rute yang dapat dipilih untuk menuju ke Kawah Putih Ciwidey, dengan asumsi Dolaners datang dari Jakarta.

  • Rute 1: lewat jalan Kopo (sering macet). Dari Jakarta – Tol Purbaleunyi – Keluar Tol Kopo – Bihbul – Sayati – Katapang – Soreang – Pasirjambu – Ciwidey – Gerbang Kawah Putih Ciwidey.
  • Rute 2: lewat jalan Mohamad Toha. Dari Jakarta – Tol Purbaleunyi – Keluar Tol Mohamad Toha – Dayeuhkolot – Pameungpeuk – Banjaran – Soreang – Pasirjambu – Ciwidey – Kawah Putih Ciwidey.
  • Rute 3: lewat Buah Batu Bandung. Tol Purbaleunyi – Keluar Tol Buah Batu – Bojongsoang – Bale Endah – Pameungpeuk dan seterusnya seperti rute kedua.
  • Rute 4: lewat Cimahi (paling direkomendasikan). Tol Purbaleunyi – arah Pasteur – Keluar Baros Cimahi – Jalan Leuwigajah – Marga Asih – Patrol – Stadion Si Jalak Harupat – Soreang – Pasirjambu – Ciwidey.
Jika Dolaners menggunakan transportasi umum untuk sampai ke Kawah Putih Ciwidey, maka Dolaners harus menggunkan kendaraan umum / Bus. Banyak Bus antar kota ataupun bis antar Provinsi yang menuju Bandung. Dari manapun Dolaners berasal rute pertama yang harus Dolaners lalui ialah menuju terminal Leuwi Panjang Bandung. kemudian dari terminal leuwi panjang dilanjutkan ke lokasi Kawah Putih dengan menggunakan kendaraan umum, yakni Dari Terminal lewi Panjang naik Bus atau Mini Bus (L300) jurusan Bandung – Ciwidey, dan akan berhenti di terminal Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey Naik Angkutan Umum (angkot) jurusan Ciwidey – Situ Patengang, Ciri mencolok dari angkot tersebut berwarna kuning, dan minta turun di pintu Gerbang Kawah Putih Ciwidey. Dari Pintu Gerbang Menuju Lokasi Kawah menggunakan angkutan yang disediakan pengelola Obyek Wisata yaitu mobil shuttle (Ontang Anting).

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link