Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

901 views

Indonesia adalah negara yang sangat elok. Dari ujung Sabang sampai Merauke selalu terdapat tempat yang indah dan itu adalah termasuk anugerah dari yang maha kuasa. Tentunya kita harus mensyukuri anugerah dari Tuhan tersebut. Allah selalu senantiasa memberikan keberkahan bagi negara kita yang memiliki banyak sekali keragaman.

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Photo by taniameliala.wordpress.com

Sebenarnya potensi wisata di negara ini sangatlah banyak sekali, namun sebagian besar juga belum mendapatkan perhatian khusus karena banyak hal. Seperti belum ada akses yang sangat memadai sehingga untuk ke arah tempat yang indah tersebut belum bisa dilalui dengan mudah.jadi sangat perlu campur tangan pemerintah dalam hal membangun insfrastruktur yang memadai demi berlangsungnya potensi wisata yang memadai. Indonesia tak hanya pulau Jawa, di luar Jawa bahkan sangat banyak lagi potensi wisata yang menjanjikan. Salah satunya adalah Kawah Putih Dolok Tinggi Raja. Di sana terdapat pemandangan yang juga amat indah dan menarik.

Jangan heran kalau ke Kawah Putih Dolok Tinggi Raja kita akan terpesona dengan keindahannya. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja adalah cagar alam yang terletak di Simalungun, Sumatera Utara. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja memiliki luas kurang lebih 167 hektar. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja juga kadang disebut kawah putih raja. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja adalah potensi wisata yang harus dijaga karena statusnya adalah cagar alam. Maka dari itu, pemerintah harus mengawal tempat tersebut agar bisa menjadi wisata namun tetap aman dari kerusakan. Akses untuk sampai ke Kawah Putih Dolok Tinggi Raja cukup sulit.

Maka dari itu butuh persiapan fisik dan juga mental untuk bisa sampai ke tempat tersebut. Pemerintah setempat harusnya memerhatikan kawasan tersebut agar bisa menambah pendapatan daerah. Apalagi kendaraan umum juga belum bisa akses ke Kawah Putih Dolok Tinggi Raja. Butuh perjuangan Dolaners lebih ekstra kalau ingin ke Kawah Putih Dolok Tinggi Raja.

Demikianlah artikel tentang wisata di Sumut Kawah Putih Dolok Tinggi Raja. Semoga dapat menambah wawasan Dolaners semua. Jaga Alam Selalu Ya Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Disarankan untuk Dolaners supaya membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Pasalnya, di kawasan Wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja ini masih jarang sekali ditemukan warung penjual makanan.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
Kegiatan

Ada dua tempat yang bisa Dolaners kunjungi di area obyek wisata Kawah Putih Dolok Tinggi Raja ini. Yang pertama adalah bukit kapur yang dilalui oleh aliran air panas yang membuat bebatuan ini menjadi indah dipandang mata, ada juga keindahan karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut yang dilewati air panas menjadikan bebatuan tersebut seperti sebuah karpet yang berwarna hijau keputihan. Diatas juga terdapat sebuah kolam alam yang berluas tidak cukup besar yang mengeluarkan sumber air panas yang nampak bergelembung dari dasar kolam, yang tentunya Dolaners dilarang mandi di area itu. Aliran air panas yang melalui semak-semak pepohonan yang mengering dan berkumpul menjadi satu membentuk sebuah danau yang berwarna biru kehijauan yang amat cantik.

Tempat kedua berada di bawah tebing. Disini Dolaners bisa menikmati atau bermandi air. Terdapat sebuah aliran sungai yang sejuk dan air terjun yang mengalir dari bukit di atas menjadikan tempat ini tujuan berendam setelah Dolanersmenikmati keindahan air panas diatas. Sumber air panas ini dipercaya mengandung belerang yang baik bagi kesehatan kulit bila dipakai untuk mandi atau sekedar untuk membasuh anggota badan.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Ada tiga rute yang bisa dilaui Dolaners untuk samapi ke kawasan Kawah Putih Dolok Tinggi Raja, yakni :

  • Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Raja Tinggi
  • Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja
  • Medan-Lubuk Pakam-Galang-Bangun Purba-Dolok Tinggi Raja

Semua mempunyai jarak tempuh yang sama yaitu 80 – 90 km denga waktu 3-4 jam dari Kota Medan.

Untuk dapat sampai ke Kawah Putih Dolok Tinggi Raja ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa naik angkot nomor 04 berwarna kuning dari Terminal Amplas, Medan tetapi hanya bisa mengantar sampai ke Desa Silinda, sampai di sini Dolaners harus naik ojek untuk sampai ke wisata alam ini.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link