Kawasan Kotagede

1630 views

Kotagede merupakan ibukota Mataram dulunya. Saat Dolaners berkunjung ke kawasan Kotagede akan banyak dijumpai jalan dengan gang-gang sempit yang mana bangunan-bangunan di sana juga merupakan peninggalan masa pemerintahan Mataram dahulu. Semua masih tertata dan tidak ada perubahan pada bangunan lama tersebut dan tetap mempertahankan tata kota jaman dahulu.

Kawasan Kotagede Cover

Photo by indonesia-tourism.com

Kawasan Kotagede merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Yogyakarta. Destinasi wisata ini merupakan sebuah pemukiman penduduk, namun pemukiman tersebut memiliki nilai sejarah kejayaan Kerajaan Mataram. Selain itu di Kawasan Kotagede akan banyak Dolaners jumpai beberapa peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Islam seperti kompleks makam pendiri kerajaan Mataram. Meskipun termasuk kompleks makam kerajaan Islam namun bangunannya memiliki corak Hindu yang mana kompleks makam dikelilingi tembok yang tinggi dan kokoh, serta dilengkapi gapura. Dalam kompleks makam tersebut terdapat makam Sultan Hadiwijaya, Ki Gede Panembahan, dan Panembahan Senopati beserta keluarganya.

Masih satu kompleks dengan makam tersebut, Dolaners juga akan menjumpai masjid tertua di Yogyakarta yaitu Masjid Kotagede. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Islam, bahkan masih digunakan sebagai tempat ibadah. Tak hanya itu, ada lokasi bersejarah lain di kawasan Kotagede yaitu Pasar Kotagede. Pasar ini merupakan pasar yang sudah ada dan digunakan sebagai pusat perdagangan pada jaman Kerajaan Mataram. Lokasi Pasar Kotagede tidak mengalami perubahan dan tetap difungsikan sebagai pasar, hanya saja pasar tersebut mengalami renovasi.

Bila Dolaners berkunjung ke kawasan Kotagede jangan lupa untuk membeli cinderamata. Kotagede sangat terkenal sebagai kawasan pengrajin perak. Saat Dolaners meyusuri Kawasan Kotagede tak hanya dimanjakan dengan pemandangan bangunan-bangunan tua dengan arsitektur kuno jaman Kerajaan Mataram. Sebab di sepanjang jalan, Dolaners akan banyak menjumpai deretan toko yang hanya menjual kerajinan perak. Kerajinan perak merupakan kerajinan yang telah ada sejak jaman Kerajaan Mataram dan lestari hingga sekarang.

Jika berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke Kawasan Kotagede Yogyakarta ini. Sebab lokasi ini merupakan destinasi wisata yang sangat populer, terkenal dengan kerajinan peraknya dan juga menyimpan banyak bangunan bersejarah. Maka tak ada ruginya berkunjung ke sana karena lokasinya tak jauh dari pusat kota Yogyakarta.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin mengunjungi Kawasan Kotagede yang berada di sebelah tenggara kota Jogjakarta ini tidak perlu khawatir untuk kelaparan karena di kawasan ini juga banyak sekali terdapat aneka tempat kuliner yang menarik dan selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Mulai dari angkringan hingga restaurant semua ada disini. Seperti Sekar Kedhaton Restaurant dan Omah Dhuwur Restaurant yang menjadi salah satu tempat makan favorit.
Kegiatan

Kotagede saat ini menjadi kota yang semakin ramai, meskipun sudah tidak sebagai ibukota kerajaan Mataram. Saat menyusuri Kotagede, Dolaners akan banyak menemukan bagunan tua yang dibangun sekitar tahun 1930 dengan berbagai macam bentuk dan arsitek yang berbeda dan unik. Sepanjang jalan Dolaners akan menemukan deretan toko yang hanya menjual kerajinan perak yang sebelumnya merupakan kerajinan yang turun menurun yang sudah ada pada zaman Mataram dahulu.

Selain mengekplorasi dan melihat peninggalan pada zaman dahulu yang berupa bangunan tua, ada juga tempat lain yang tepat untuk anda kunjungi karena masih dalam wilayah Kotagede. Tempat-tempat ini juga banyak menyimpan sejarah yang luar biasa bila dibuka.

Tampat-tempat tersebut meliputi Masjid Agung Kotagede, Makam Raja-Raja Mataram, Pasar Kotagede dan sejumlah peninggalan sejarah Mataram yaitu Situs Watu Gilang. Di tempat ini juga dapat bekas reruntuhan benteng yang dapat ditemukan di kawasan tertua di daerah ini. Dolaners juga dapat melihat toponim perkampungan yang masih mempertahankan tata kotanya seperti jaman dahulu.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses utama untuk menuju pusat Kotagede adalah jalan yang melintang dari sebelah barat sungai Gadjah Wong yaitu Jalan Tegal Gendu hingga ke arah timur. Untuk menuju kesana cukup mudah, karena banyak angkutan umum seperti bus kota atau Transjogja yang melewati Kotagede. Selain itu bisa juga menggunakan kendaraan pribadi agar perjalanan Dolaners lebih nyaman.
Akses menuju Kawasan Kotagede sangat mudah dilakukan baik dengan kendaraan pribadi maupun dengan kendaraan umum. Dari Teminal Giwangan menggunakan bus Transjogja trayek 3A yang akan mengantarkan Dolaners ke Kotagede.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link