Kebun Binatang Surabaya

2486 views

Kebun binatang? Ah bosan! Eh, tunggu dulu. Kebun Binatang Surabaya ini udah terkenal diseantero jagad perkebun-binatangan loh, Dolaners. Belum lagi usianya yang cukup matang. Maksudnya, gak ada salahnya sesekali balik lagi jalan-jalan ke Kebun Binatang Surabaya seperti jaman kanak-kanak dulu. Siapa tahu, Dolaners sekarang bisa nemu atau lihat hal baru di Kebun Binatang Surabaya. Gak percaya? Baca dulu, deh.

Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur

Photo via Rendi Herdiansyah

Siapa bilang kebun binatang hanya untuk anak-anak? Jangan salah ya, Dolaners. Sebenarnya, berbagai fasilitas yang telah disiapkan di Kebun Binatang Surabaya ini tidak hanya untuk menyenangkan anak-anak. Dolaners bisa ajak pasangan ke tempat ini, menikmati udara segar tanpa perlu jauh-jauh ke luar atau pinggir kota Surabaya. Dolaners juga bisa boyong seluruh keluarga besar, rame-rame piknik, jalan-jalan, atau nonton konser di kebun binatang yang telah berusia seabad lebih ini. Dan yang pasti, sesuai namanya, Kebun Binatang Surabaya merawat satwa-satwa yang barangkali tidak ditemui di kebun binatang lain di seluruh dunia.

Konon, terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, ada banyak banget satwa yang dilindungi di Kebun Binatang Surabaya. Dolaners bisa lihat kera, zebra, gerapah, buaya, burung, gajah, harimau, atau hewan-hewan yang lain. Beberapa kali pemberitaan negatif tentang buruknya perawatan satwa di Kebun Binatang Surabaya memang sempat muncul, khususnya ditahun 2010 saat beberapa satwa langka ditemukan meninggal di kebun binatang ini. Bahkan Kementrian Kehutanan sempat mencabut perijinan Kebun Binatang Surabaya. Tapi pengelola kebun binatang yang ada di kota Surabaya ini telah meningkatkan pelayanannya. Dolaners bisa lihat sendiri seperti apa perbaikan pengelolaan kebun binatang ini dengan datang langsung ke lokasi.

Selain hewan, Dolaners juga bisa menikmati hijaunya pohon-pohon besar yang rindang di tengah kota dan yang juga berfungsi sebagai paru-paru kota. Dilihat dari kejauhan, Kebun Binatang Surabaya ini nyaris tampak seperti hutan kota yang lebat. Kontras yang dirasakan saat Dolaners masuk ke area Kebun Binatang Surabaya, dibandingkan dengan suasana metropolitan di luar, pasti lumayan mengagetkan. Kebun Binatang Surabaya juga cukup aktif menyelenggarakan event-event tertentu, terutama saat ulang tahunnya. Atau, mengadakan pelatihan bagi pekerja-pekerja dibidang perlindungan satwa, baik perawat-perawatnya maupun dokter-dokternya. Saat weekend, kadangkala Kebun Binatang Surabaya mengundang beberapa artis ibukota dan mengadakan konser atau temu kangen di luar ruangan yang cukup heboh. Kalau Dolaners kebetulan datang kemari bersamaan dengan event-event ini, suasananya pasti bakal lebih seru lagi.

Terbaru, Kebun Binatang Surabaya menambahkan fasilitas jogging track, sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanannya. Kalaupun Dolaners tidak berminat jogging di tempat ini, track tersebut jelas bisa jadi lintasan jalan yang sangat nyaman untuk dilewati. Menjelajah Kebun Binatang Surabaya, yang luasnya lebih kurang 15 hektar, tentu akan lebih mudah bila ada track yang nyaman. Dan yang pasti, Dolaners bisa sepuasnya mengambil gambar di Kebun Binatang Surabaya. Objek fotomu bisa satwa-satwa terpilih, pepohonan dan bunga-bunga yang tumbuh subur, atau bahkan pasanganmu. Dijamin kece deh, background foto di Kebun Binatang Surabaya ini.


AKTIVITAS

Kuliner
Pilihan menu dan resto atau warung makan di sekitar Kebun Binatang Surabaya ini tak terbatas. Atau mungkin Dolaners lebih suka bawa bekal dan berpiknik asik di rerindangan pohon? Boleh juga. Jangan lupa dibersihkan setelahnya, ya.
Akomodasi
Tiket masuk: Rp. 15.000,-
Kegiatan
Nyaris semua hal menyenangkan bisa dilakukan di Kebun Binatang Surabaya, seperti melihat-lihat satwa, pemandangan, hijau-hijaun, foto-fotoan, apa aja deh, Dolaners.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Dolaners bakal ke tempat yang ada satwa liarnya. Jadi jangan melakukan hal aneh-aneh, misalnya ngasih makan, memasukkan anggota badan ke area satwa, dll., tanpa ijin dari perawat satwanya. Juga, selalu buang sampah di tempatnya, ya. Kenyamanan Kebun Binatang Surabaya ini tanggung jawab bersama antara pengunjung dan pengelola.
Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi ke Kebun Binatang Surabaya. tempat parkirnya luas, jangan kuatir kehabisan spot. Kalau menggunakan kendaraan umum, gunakan bis kota yang lewat di depan pintu masuk kebun binatang.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link