Kebun Buah Mangunan

1265 views

Dari Jogja hingga Imogiri wisatawan akan dimanja dengan hamparan sawah menghijau luas dan gugusan Pegunungan Sewu di sebelah timur. Hamparan hutan pinus juga akan menjadi spot yang sayang dilewatkan untuk mengambil gambar. Kebun Buah Mangunan dibangun di atas lahan seluas 23,3 hektar dengan berada pada ketinggian 150 – 200 mdpl.

Kebun Buah Mangunan

Photo by eibidiei.wordpress.com

Jika Dolaners sedang ingin mencari liburan yang berbeda dengan kebanyakaan pada umumnya, maka yang satu ini perlu diccoba. Kebun Buah Mangunan merupakan sebuah objek wisata yang berada di daerah Bantul atau tepatnya di kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Perjalanan dari Kota Jogja menuju Kebun Buah Mangunan menjanjikan pemandangan yang indah dan petualangan yang menarik. Dari Imogiri menuju Dlingo jalan mulai menanjak dan berkelok.

Di kebun buah ini Dolaners bisa melihat berbagai macam pohon buah seperti rambutan, belimbing, durian, jeruk, dan masih banyak lagi. Sebenarnya objek utama dari Kebun Buah Mangunan adalah puncaknya yang memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan perkebunana hijau yang menyejukan mata. Bagaimana tidak, di puncak Kebun Buah Mangunan Dolaners akan disuguhi oleh pemandangan Pegunungan Sewu yang sudah tidak diragukan lagi keelokannya. Pemandangan itu semakin indah dipadu dengan pemandangan keelokan Sungai Oyo yang mengular membelah bukit. Sepintas lihat pemandangan tersebut seperti Sungai Amazon di Brazil. Jika Dolaners datang di pagi hari, Ngarai Sungai Oyo biasanya tertutup kabut putih. Hamparan hutan yang hijau dengan kabut putih yang meliuk-liuk memenuhi permukaan sungai tentu saja menjadi pemandangan eksotik. Saat senja menjelang, pengunjung bisa menyaksikan sunset keemasan yang sangat indah. Kebun Buah Mangunan juga dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang lainnya, seperti camping ground, homestay, gardu pandang, gazebo, play ground yang dilengkapi kandang rusa, dan tempat pembibitan tanaman. Jadi tunggu apalagi? Yuk ajak semua sahabat kamu piknik dan liburan ke Kebun Buah Mangunan. Harga tiketnya Cuma Rp. 5.000,- lho!


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Kebun Buah Mangunan tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung makan dan kios kios yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-
Kegiatan

Di Kebun Buah Mangunan ini selain menikmati pemandangan taman buah yang indah dan bermacam macam, Dolaners juga bisa melihat berkunjung ke sebuah spot menarik di puncak bukit Mangunan. Di puncak bukit yang dikelilingi pagar kayu ini Dolanersbisa menyaksikan keelokan Sungai Oyo yang mengular membelah bukit. Sepintas lihat pemandangan tersebut seperti Sungai Amazon di Brazil. Jika Dolaners datang di pagi hari, Ngarai Sungai Oyo biasanya tertutup kabut putih.

Hamparan hutan yang hijau dengan kabut putih yang meliuk-liuk memenuhi permukaan sungai tentu saja menjadi pemandangan eksotik. Saat senja menjelang, Dolaners bisa menyaksikan sunset keemasan yang sangat indah.

Selain itu banyak fasilitas lain yang bisa Dolaners nikmati di Kebun Buah Mangunan ini, yakni seperti camping ground, homestay, gardu pandang, gazebo, play ground yang dilengkapi kandang rusa, dan tempat pembibitan tanaman.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Jarak dari pusat Kota Jogja sekitar 35 km. Untuk mencapai tempat ini Dolaners dapat menuju Terminal Giwangan. Dari terminal ambil jalan lurus ke Selatan (Jalan Imogiri Timur). Sesampainya di Imogiri ambil Jalur Imogiri – Dlingo. Dari situ silakan ikuti petunjuk arah yang telah tersedia.

Perjalanan dari Kota Jogja menuju Kebun Buah Mangunan menjanjikan pemandangan yang indah dan petualangan yang menarik. Dari Jogja hingga Imogiri wisatawan akan dimanja dengan hamparan sawah menghijau luas dan gugusan Pegunungan Sewu di sebelah timur. Dari Imogiri menuju Dlingo jalan mulai menanjak dan berkelok. Hamparan hutan pinus akan menjadi spot yang sayang dilewatkan untuk mengambil gambar.

Untuk dapat sampai ke wisata Kebun Buah Mangunan Dolaners harus menggunakan kendaraan pribdai baik roda 2 maupun roda 4. Hal ini karena hingga saat ini belum ada transportasi umum yang menuju ke Kebun Buah Mangunan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link