Kebun Teh Rancabali

1142 views

Berbekal dengan suhu sejuk, pemandangan asli pegunungan yang masih segar memberikan daya tarik tersendiri bagi para Dolaners yang berkunjung ke Wisata Kebun Teh Rancabali. Atmosfir khas pegunungan yang permai mendasari terbentuknya area wisata kebun teh yang indah dan berparas cantik.

Kebun Teh Rancabali

Photo by panoramio.com

Wisata Kebun Teh Rancabali merupakan tempat pariwisata perkebunan teh yang berada di kawasan Ciwidey, Bandung. Terletak pada ketinggian 1.628 di atas permukaan laut, menjadikan suhu di sekitar area ini mencapai sekitar 20o C. Bagi Dolaners yang memang hobi mengunjungi tempat-tempat wisata pegunungan akan sangat cocok jika singgah ke area Wisata Kebuh teh Rancabali ini.

Menariknya, ketika Dolaners mulai melangkahkan kaki ke kawasan Wisata Kebun Teh Rancabali Bandung ini, mata Dolaners akan di manjakkan oleh hamparan tanaman teh yang tersusun menjadi suatu perkebunan hijau. Ini akan menjadi pesona tersendiri bagi Dolaners yang sedang penat dengan suasana kota yang penuh polusi, tekanan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari yang membosankan. Dolaners bisa memasuki area kebun teh dan mengitari kebun, yang mana tanaman teh ini memiliki tinggi rata-rata seukuran dengan pinggang orang dewasa. Akses untuk menuju wisata Kebun Teh Rancabali pun cukup mudah, selain itu lokasinya juga strategis dan dekat dengan alternatif tempat wisata lain seperti: kebun strawberry, situ patenggang, pemandian air panas Wadini, serta kawah putih.

Dolaners bisa bebas bergaya mengekspresikan diri ketika berada di kawasan Kebun Teh Rancabali, berfoto ria serta melakukan piknik bersama keluarga kecil Dolaners semua. Pasti si kecil juga akan sangat menyukai area wisata ini. Anak kecil cenderung akan antusias sekali apabila di ajak pergi mengunjungi kawasan-kawasan pegunungan yang memiliki hawa segar seperti Kebun Teh Rancabali Ciwidey ini. Dolaners juga bisa mengajak rekan, pasangan maupun kerabat.

Dengan panorama yang masih asli daerah pegunungan, Dolaners seolah tak akan ingin beranjak pergi dari sini. Langit biru yang membentang akan beradu dengan hamparan padang kebun yang menghijau. Menyulut rasa ingin selalu kembali seusai berkunjung.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Wisata Kebun Teh Rancabali tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area ini sudah tersedia warung makan yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Salah satu Rumah Makan yang menjadi favorite adalah Sentra Ciwidey. Rumah Makan ini menyajikan aneka menu makanan dengan cita rasa lezat yang menggoyang lidah.
Akomodasi
Biaya Menginap di Rumah Kayu mulai dari : Rp. 750.000,- hingga Rp. 1.000.000,-
Kegiatan
Di lokasi perkebunan teh Rancabali ini, udaranya sangat sejuk dan segar karena berada pada ketinggian 1.628 meter dari permukaan laut. Suhu rata-rata berkisar antara 20-22 derajat celcius. Kebun teh rancabali ini sedikit berbeda dengan kebun teh pada umumnya. Posisi Kebun Teh Rancabali ini berada lebih rendah dari jalan. Pohon-pohon teh nya berderet tepat di tepi jalan. Banyak wisatawan yang betah berlama-lama di lokasi tersebut untuk menikmati segarnya udara dan berfoto bersama. Wisata Kebun Teh Rancabali ini dapat Dolaners manfaatkan untuk sekedar beristirahat sejenak melepas lelah perjalanan, ataupun bisa Dolaners gunakan untuk berfoto bersama orang-orang tersayang. Pemandangan di lokasi tersebut sangat indah untuk hunting foto.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju ke Wisata Kebun Teh Rancabali ini jika Dolaners berangkat dari Jakarta dapat melewati toll cipularang dan keluar gerbang toll Kopo Bandung. Perjalanan dilanjutkan dengan menuju Ciwidey melaui Jl. Raya Soreang, yang dapat ditempuh sekitar 50 menit. Sampai di Ciwidey, ikuti saja jalan yang berkelok-kelok menuju danau situ patenggang. Dalam perjalanan, Dolaners akan melihat di kanan dan kiri jalan terdapat deretan kebun teh. Di situlah lokasi perkebunan teh rancabali.
Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke Wisata Kebun Teh Rancabali ini, maka jika Dolaners dari Jakarta naik bus yang menuju ke Terminal Leuwipanjang, Bandung. Setelah turun di Leuwipanjang, carilah angkutan umum (angkot) jurusan bandung – ciwidey. Sampai di Ciwidey, turunlah dan ganti angkot jalur ciwidey – situ patenggang. Namun turunlah sebelum sampai di situ patenggang, karena lokasi perkebunan teh nya berada di jalan sebelum situ patenggang.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link